Berita Smartphone

TrendForce: 18,5 Juta Handphone Foldable Diprediksi Akan Banjiri Dunia di Tahun 2023

Samsung Galaxy Z Fold 3

Gadgetren – Dalam laporan terbarunya untuk pasar layar OLED, TrendForce melaporkan bahwa pengiriman global tahunan handphone lipat diproyeksikan bakal meningkat dari sekitar 12,8 juta unit pada tahun 2022 menjadi sekitar 18,5 juta unit pada tahun 2023.

Lembaga riset dan konsultan independen yang berbasis di Senzhen dan Taipei ini juga memperkirakan nilai pasar global untuk engsel yang digunakan pada handphone panel OLED lipat akan meningkat sebesar 14,6 persen YoY  atau sekitar 500 USD juta pada tahun 2023.

Menurut TrendForce terdapat dua model engsel handphone lipat yang ada di pasaran yakni yang berdesain tetesan air dan berbentuk U. Desain tetesan air menjadi yang paling rumit dalam proses pembuatannya. Hal ini untuk memberikan hasil handphone lipat yang nyaman digunakan sehingga harganya pun ikut mahal dan memiliki masalah biaya yang tinggi.

Samsung sebagai produsen handphone lipat yang setiap tahun memasarkan produk tersebut diketahui mengandalkan engsel bentuk U. Produsen gadget asal Korea Selatan ini memiliki pangsa pasar terbesar untuk handphone lipat sekitar 82 persen pada tahun 2022.

TrendForce juga menyebutkan bahwa kualitas engsel yang mendukung handphone lipat menjadi pemeran utama bagi pengguna untuk memilih atau membeli produk tersebut. Engsel pada perangkat lipat harus memiliki ketahanan yang tangguh sehingga bisa enak digunakan baik dilipat berkali-kali hingga pemakaian pada layarnya saat terbuka tanpa mempengaruhi resolusi.

OPPO-Find-N-1.

Ada tiga aspek utama desain engsel yang ditemukan TrendForce mencakup perimeter layar yang diperbolehkan, keseimbangan tegangan, dan komposisi material. Pada perimeter layar yang diperbolehkan bisa mempengaruhi kedalaman lipatan.

Sementara pada keseimbangan tekanan mempengaruhi pembukaan dan penutupan perangkat. Kemudian pada komposisi material akan mempengaruhi bobot perangkat.

Sebagai contoh, handphone lipat Xiaomi Mix Fold 2 hanya memiliki ketebalan 11,2mm saat dilipat dan menggunakan material komposit serat karbon yang membuatnya memiliki kualitas engsel dan lipatan yang baik.

Selanjutnya handphone lipat HONOR Magic Vs dan OPPO Find N2 mempunyai desain yang berbeda dari handphone lipat lainnya dengan mengurangi komponen jumlah bagian engsel sehingga bobot perangkat bisa terasa ringan ketika digenggam.

Tinggalkan Komentar