Smartphone

Kelebihan dan Kekurangan realme 10 Pro 5G – Handphone Menengah dengan Kamera 108MP

Kelebihan dan Kekurangan realme 10 Pro 5G Header

Gadgetren – realme Indonesia telah membawa handphone kelas menengah terbarunya yakni realme 10 Pro 5G dengan harga Rp4,5 jutaan.

Dengan harga tersebut, realme 10 Pro 5G menawarkan fitur-fitur yang tentunya bisa dikatakan sebagai kekurangan dan kelebihan. Hal ini bisa menjadi acuan buat kamu yang sedang bingung memilih di antara keduanya.

Jika kamu berencana mengganti handphone baru, realme 10 Pro 5G menjadi salah satu perangkat yang patut dipertimbangkan untuk dipinang di tahun 2023. Bingkai layarnya yang datar menjadikan realme 10 Pro 5G tampak seperti seri iPhone 14 atau 13 milik Apple.

Desain bingkai layar datar ini juga menjadi tren baru untuk perangkat handphone saat ini. Meskipun masih ada produsen yang mengeluarkan desain tampilan dalam layar penuh melengkung termasuk yang disajikan pada layar realme 10 Pro+ 5G.

Tak banyak panjang lebar agar tak salah memilih, langsung saja kita ketahui apa saja kelebihan dan kekurangan dari realme 10 Pro 5G sehingga handphone ini patut untuk dimiliki.

Kelebihan realme 10 Pro 5G

Kelebihan realme 10 Pro 5G secara sekilas dilihat memang terdapat pada bingkai layarnya yang datar. Selain itu warna yang ditawarkan menambah ketertarikan tersendiri dengan hadirnya warna Nebula Blue. Warna ini akan memancarkan warna yang biru tua seperti pasir jika terpantul dengan matahari sehingga menjadikannya tampak unik jika kita pegang dengan tangan.

Masih di bagian layarnya, kelebihan realme 10 Pro 5G sudah mengusung ukuran layar besar 6,72″ yang memiliki resolusi Full HD+ serta mendukung refresh rate 120Hz sehingga pengguna akan bisa berselancar dengan mudah dan mulus.

Performa pacu realme 10 Pro 5G sudah menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 695 5G Octa-Core (6 nm) 2,2GHz yang ditemani pilihan RAM 8GB + penyimpanan 128GB atau RAM 12GB + penyimpanan 256GB. Kapasitas penyimpanan tersebut juga didukung slot microSD hingga 1TB agar pengguna bisa menambah ruang lagi.

Kelebihan lainnya terletak pada sektor fotografi yang mana kamera utama realme 10 Pro mempunyai resolusi 108MP. Baterainya memiliki kapasitas yang besar 5.000mAh dilengkapi dengan pengisian cepat 33W. Fitur penting lainnya pun telah diberikan seperti NFC dan port 3,5 jack audio.

Kekurangan realme 10 Pro 5G

Dengan harga hampir Rp5 juta, handphone realme 10 Pro 5G sangat disayangkan masih menggunakan panel IPS LCD yang memiliki tingkat kecerahan hanya 600 nit. Dengan begitu konten yang akan ditampilkan di layar tidak sejernih dan secerah panel AMOLED. Selain itu juga belum didukung Dolby Atmos

Kemudian kamera utamanya hanya memiliki satu kamera pendukung berupa lensa depth beresolusi 2MP sehingga bagi pengguna yang senang memotret dalam mode ultra wide atau gambar dalam sudut yang luas belum bisa menikmatinya melalui handphone ini.

Sementara itu di bagian kamera depan, realme 10 Pro 5G juga hanya menggunakan resolusi 16MP yang terbilang kecil di antara handphone di kelasnya. Meskipun hasilnya sudah cukup baik, namun dengan harga tersebut ada kompetitor yang memiliki kamera depan lebih baik lagi.

Bahkan realme 9i dan kompetitor lainnya ada yang sudah menggunakan kamera depan 50MP dengan harga Rp2 jutaan. Beberapa kekurangan di atas baik dari layar dan kamera tentunya patutu untuk dipertimbangkan.

Layar handphone ini mungkin terasa kurang bagi pengguna yang senang berselancar di internet, media sosial, menonton film hingga bermain game. Begitu juga dari segi kamera, pengguna hanya ditawarkan kecanggihan kamera utama 108 MP dan tidak bisa memiliki pengalaman memotret dengan efek lainnya seperti makro, bokeh, atau B&W.

Tinggalkan Komentar