Advertorial Smartphone

Duel Smartphone Kelas Menengah Bertenaga: Honor 9i vs Xiaomi Redmi Note 5

Duel Honor 9i Header

Kini semakin banyak smartphone di kelas menengah yang memiliki spesifikasi hardware yang bertenaga, fitur yang melimpah, dan desain menarik. Hal ini pun terdapat pada smartphone Honor 9i yang memiliki desain menawan namun dengan harga yang pas di kantong.

Honor 9i sendiri dirilis belum lama ini yaitu pada bulan September 2018 yang bisa dibilang cukup diminati oleh pengguna gadget di Indonesia. Smartphone ini hadir di Indonesia dengan dua varian dan harga yang terjangkau.

Harga Honor 9i di Indonesia adalah Rp 2,6 juta untuk varian RAM 3 GB + kapasitas penyimpanan internal 32 GB dan Rp 3,1 juta untuk varian RAM 4 GB + kapasitas penyimpanan internal 64 GB. Kedua varian ini bisa ditambahkan kartu microSD untuk memperluas kapasitas penyimpanan.

Untuk menguji seberapa bagus kualitas dari Honor 9i dibandingkan smartphone kelas menengah lainnya, saya bandingkan Honor 9i dengan smartphone Xiaomi Redmi Note 5 yang memiliki kisaran harga dan fitur yang hampir sama.

Desain

Duel Honor 9i Back ok

Dari sisi desain, Honor 9i memiliki tampilan yang lebih menarik dibandingkan Redmi Note 5. Ini terlihat dari penggunaan bahan logam yang dilapisi kaca pada bodi belakang Honor 9i. Apalagi warna Sapphire Blue yang dihadirkan pada smartphone buatan Honor ini mengkilap sehingga memungkinkan penggunanya dapat bercermin melalui bodi belakangnya.

Sementara desain Redmi Note 5 cukup monoton dengan bodi belakang berbahan logam yang desainnya hampir mirip dengan smartphone Xioami lainnya atau generasi sebelumnya. Namun saya sedikit heran, justru bodi Redmi Note 5 yang menggunakan logam lebih licin dibandingkan dengan Honor 9i yang dilapisi kaca ketika digenggam dalam satu tangan.

Untuk dimensi dari Honor 9i lebih kecil dibandingkan dengan Redmi Note 5 sehingga membuatnya lebih mantap untuk digenggam dengan satu tangan. Saya juga merasa Honor 9i lebih ringan karena smartphone ini memiliki berat 152 gram dibandingkan Redmi Note 5 yang mempunyai berat 181 gram.

Keduanya sama-sama memiliki sensor sidik jari yang disematkan pada bagian belakang mengingat layarnya yang sudah memenuhi bagian depan. Lokasi sensor sidik jari di kedua smartphone ini masih mudah untuk dijangkau.

Layar

Duel Honor 9i Layar mati

Mengikuti tren saat ini, Honor 9i telah dilengkapi dengan layar penuh dengan aspek rasio 19:9 lengkap dengan poni atau notch di bagian atasnya. Sementara Redmi Note 5 dibekali dengan layar penuh tanpa poni yang mempunyai aspek rasio 18:9.

Bisa dibilang bezel yang dimiliki oleh Honor 9i lebih tipis dibandingkan dengan Redmi Note 5. Bahkan sebagian bezel layar atas dari Honor 9i lebih tipis dibandingkan dengan Redmi Note 5 yang bagian atasnya benar-benar rata.

Namun bagi Gadgeter yang tidak suka dengan poni yang hadir pada Honor 9i maka dapat menyembunyikannya dengan fitur Hide Notch yang terdapat di menu Settings. Nantinya sebagian layar atasnya akan menghitam sehingga membuat poninya seolah hilang.

Kedua layar smartphone ini sama-sama menggunakan teknologi IPS yang sudah menjadi standar untuk perangkat kelas menengah karena nyaman untuk dilihat. Selain itu, saya masih dapat melihat tampilan layar dengan jelas hingga sudut kemiringan 178 derajat.

Namun dalam hal resolusi dan kerapatan, Honor 9i memiliki resolusi Full HD+ (2280 x 1080 piksel) dengan 432 ppi (pixel per inch) yang sedikit lebih unggul dari Redmi Note 5 dengan resolusi Full HD+ (2160 x 1080 piksel) dengan 403 ppi.

Performa

Duel Honor 9i SIM

Sekilas, Honor 9i dan Redmi Note 5 telah dilengkapi dengan chipset kelas menengah yang bertenaga. Apabila Honor 9i menggunakan chipset Kirin 659 Octa-core 2,3 GHz buatan Huawei, maka Redmi Note 5 memiliki chipset Snapdragon 636 Octa-core 1,8 GHz buatan Qualcomm.

Sepanjang saya menggunakannya dalam aktivitas sehari-hari, kedua smartphone ini dapat berjalan dengan lancar mulai dari menavigasikan smartphone, menjalankan aplikasi secara multitasking, hingga memainkan game dalam waktu yang lama.

Untuk membuktikan keperkasaannya, saya mencoba memainkan beberapa game populer di Honor 9i dan Redmi Note 5 mulai dari Mobile Legends: Bang Bang, Arena of Valor, hingga PUBG Mobile.

Kedua smartphone ini dapat menjalankan game Mobile Legends: Bang Bang dan Arena of Valor dengan lancar meskipun grafis dalam game tersebut diatur ke setelan High. Sementara itu, pengaturan grafis PUBG Mobile pada Honor 9i dan Redmi Note 5 hanya dapat mencapai setelan Balance namun dapat dijalankan dengan mulus game-nya.

Saya merasa kedua smartphone ini mampu bersaing dalam menjalankan game-game populer di Indonesia karena memang chipset yang ditawarkan memiliki performa yang bisa dibilang bertenaga.

Software

Honor 9i EMUIEMUI 8.1

Xiaomi Redmi Note 5 MIUIMIUI 10

Rata-rata vendor smartphone asal Tiongkok menyematkan sistem operasi Android yang telah dimodifikasi oleh mereka sendiri mulai dari tampilan antarmuka, hingga gambar ikon yang diinginkan. Hal ini pun terjadi pada Honor 9i maupun Redmi Note 5.

Honor 9i sendiri menggunakan EMUI 8.0 buatan Huawei yang berbasiskan sistem operasi Android 8.0 Oreo. Sedangkan Redmi Note 5 memakai MIUI 10 buatan Xiaomi berbasiskan Android 8.1 Oreo.

Penggunaan EMUI 8.0 ini cukup wajar mengingat Honor merupakan sub-brand dari Huawei. Menariknya, Honor 9i ini pun memiliki tampilan dengan opsi menggunakan App Drawer atau tidak yang dapat disetel dengan mengakses menu Home Screen Style.

Apabila fitur App Drawer dimatikan maka semua ikon aplikasi yang telah terinstal akan tampil di homescreen. Hal ini pun mirip dengan MIUI 10 yang tidak memiliki fitur App Drawer sama sekali.

Apabila tidak menggunakan fitur App Drawer sebetulnya akan memudahkan penggunanya dalam melakukan uninstall aplikasi karena hanya perlu menahan ikonnya dan langsung menyeretnya ke bagian atas pada ikon uninstall. Namun, ini kembali tergantung preferensi pengguna smartphone.

Baik EMUI 8.0 dan MIUI 10 ini sama-sama memiliki fitur tambahan standar seperti menggandakan aplikasi, dual-split multitasking, gesture, dan masih banyak lagi yang tentunya akan lebih memanjakan penggunanya dibandingkan menggunakan sistem operasi Android murni.

Kamera

Duel Honor 9i Back dual

Honor 9i telah dilengkapi dengan dua kamera belakang yang memiliki kombinasi kamera primer 13 MP + kamera sekunder 2 MP, PDAF, dan LED Flash. Sementara Redmi Note 5 telah dibekali dengan dua kamera belakang yang mempunyai kombinasi kamera primer 12 MP + kamera sekunder 5 MP, PDAF, dan LED Flash.

Kamera belakang kedua smartphone ini sama-sama dapat menghasilkan foto berefek bokeh (background blur) secara instan dan rapi yang mengikuti tren kekinian sehingga terlihat lebih menarik.

Sementara itu, kamera depan Honor 9i memiliki resolusi 16 MP yang lebih besar dibandingkan milik Redmi Note 5 dengan resolusi 13 MP. Kedua smartphone ini pun juga dapat memungkinkan penggunanya menghasilkan foto selfie berefek bokeh dengan mudah.

Sekilas, mode fotografi yang hadir pada kamera bawaan dari Honor 9i lebih banyak dibandingkan dengan Redmi Note 5. Misalnya saja untuk menghasilkan foto bokeh dengan konfigurasi 2 kamera, Honor 9i memiliki dua mode yang bernama Wide-Aperture dan Portrait. Sementara itu, Redmi Note 5 hanya memiliki mode Portrait saja.

Menariknya lagi mode Wide-Aperture pada Honor 9i ini memungkinkan penggunanya masih dapat menentukan tingkat blur dengan aperture f/0.95 hingga f/16 sebelum maupun sesudah pengambilan foto bokeh. Sementara Redmi Note 5 tidak bisa melakukan pengaturan tingkat blur karena mode Portrait miliknya sederhana.

Bahkan Honor 9i pun memiliki mode Light Painting yang memungkinkan penggunanya dapat membuat foto lukisan cahaya dari lalu lintas atau mobil yang berjalan, gerakan bintang, maupun gerakan orang.

Nah, bagi Gadgeter yang penasaran dengan kualitas kamera dari kedua smartphone ini maka dapat melihat foto perbandingannya yang saya telah dokumentasikan sebagai berikut ini (klik pada masing-masing foto untuk melihat resolusi aslinya:

Kamera Belakang

Kamera Belakang dalam Ruangan dengan Cahaya Minim

Kamera Depan

Kamera Depan dengan Beauty Mode

Baterai

Duel Honor 9i Bawah

Honor 9i dilengkapi dengan baterai yang mempunyai kapasitas 3000 mAh. Sementara Redmi Note 5 memiliki kapasitas yang lebih besar mencapai 4000 mAh. Kedua baterai smartphone ini sama-sama menggunakan teknologi Lithium Polymer.

Untuk menguji daya tahan baterainya, saya pun melakukan aktivitas sehari-hari mulai dari telepon, chatting, bermedia sosial, SMS, memainkan game sesekali, mendengarkan musik, hingga bekerja dengan dokumen pada kedua smartphone ini.

Hasilnya Honor 9i mampu bertahan selama 11 jam 25 menit dari kondisi 100% hingga titik kritis 15%. Sedangkan Redmi Note 5 bisa bertahan selama 14 jam 30 menit dari kondisi 100% hingga titik kritis 15%.

Hal ini cukup wajar mengingat kapasitas baterai Honor 9i berbeda 1000 mAh dibandingkan dengan Redmi Note 5. Namun pengisian daya baterai Honor 9i ini membutuhkan waktu 2 jam saja. Sementara Redmi Note 5 mencapai 2 jam 15 menit.

Kesimpulan

Duel Honor 9i Power

Untuk smartphone kelas menengah bertenaga di harga Rp 2,5 juta hingga Rp 3,1 juta, Honor 9i mampu menunjukkan performa, desain, dan kamera yang bersaing dengan vendor terkenal lainnya. Bahkan desain Honor 9i sangat menarik smartphone pada umumnya yang berada di kisaran harga tersebut.

Redmi Note 5 juga merupakan pilihan yang menarik bagi Gadgeter yang menginginkan layar yang lebih lebar dengan bodi berbahan logam. Tentu saja, semua pilihan tergantung selera dan kebutuhan Gadgeter dalam membeli sebuah smartphone.

* Artikel ini adalah hasil kerja sama dengan Honor

Tinggalkan Komentar