Tips dan Trik Handphone

Cara Melihat Kapasitas RAM dan Media Penyimpanan Handphone Xiaomi Biar Tak Salah Beli

Cara Melihat RAM dan Penyimpanan di HP Xiaomi - Header

Gadgetren – RAM dan media penyimpanan memang tak bisa dipisahkan dari berbagai macam aktivitas saat kita sedang menggunakan sebuah perangkat komputasi di mana termasuk handphone di dalamnya.

Tanpa kedua jenis memori tersebut, sebuah handphone tak akan bisa bekerja sebagai mana mestinya. Baik RAM maupun media penyimpanan sama-sama sangat penting untuk menangani berbagai macam data di dalam perangkat.

Secara sekilas buat kamu yang belum tahu, RAM bertugas untuk menangani data-data yang diperlukan oleh CPU saat menjalankan aplikasi atau sistem. Sementara media penyimpanan untuk mengelola data yang tak akan hilang saat kehilangan daya.

Semakin besar kapasitas yang ditawarkan maka semakin baik dalam penanganan data. Meskipun sebenarnya juga dipengaruhi oleh komponen lain seperti chipset, RAM dan media penyimpanan yang lega dapat membuat handphone berjalan lebih lancar.

Mengecek kapasitas RAM dan media penyimpanan sebelum membeli suatu handphone untungnya sangat mudah untuk dilakukan. Untuk perangkat buatan Xiaomi, kamu dapat melakukannya dengan beberapa cara berikut.

Cara Melihat Kapasitas RAM Handphone Xiaomi

  • Buka menu Settings di handphone terkait
  • Masuk ke halaman About phone
  • Ketuk tombol All specs
  • Cari bagian RAM
    Cara Melihat RAM dan Penyimpanan di HP Xiaomi - 1

Jika mengaktifkan fitur Memory extension dari halaman Settings > Additional settings maka ekspansi RAM yang ditambahkan akan ikut ditampilkan. Namun biasanya akan dipisah memakai tanda plus (+) yang mana kapasitas asli di bagian depan dan tambahannya di belakang.

Cara Melihat Kapasitas Media Penyimpanan Handphone Xiaomi

  • Buka setelan About phone seperti cara di atas
  • Kapasitas media penyimpanan bisa langsung dilihat pada bagian Storage
  • Klik Storage untuk melihat informasi penyimpanan secara lebih detail
    Cara Melihat RAM dan Penyimpanan di HP Xiaomi - 2

Informasi yang ditampilkan kemungkinan akan berbeda-beda untuk setiap model handphone tergantung versi MIUI yang digunakan. Namun untuk media penyimpanan biasanya, kita bisa melihat mulai dari kapasitas yang terpakai dan total keseluruhannya.

Selain menggunakan cara di atas, kita sebenarnya juga bisa melihat kapasitas RAM dan media penyimpanan internal handphone Xiaomi lewat informasi yang dicetak di kotak kemasan. Ini bisa digunakan saat kita membeli perangkat baru sebelum membuka segel kardusnya.

Di samping itu, kita juga dapat memanfaatkan aplikasi pihak ketiga yang mempunyai dukungan untuk mengecek spesifikasi sebuah handphone. Salah satu di antaranya termasuk CPU-Z atau Device Info HW yang bisa diunduh gratis dari Google Play Store.

Tinggalkan Komentar