Tips dan Trik Handphone

Cara Baru Mematikan dan Restart Handphone OPPO Buat Kamu yang Bingung

Cara Baru Mematikan dan Restart Handphone OPPO Header

Gadgetren – Kamu yang sudah lama menggunakan handphone OPPO tentunya mengetahui bahwa untuk menampilkan menu Restart dan Power Off dapat menggunakan tombol Power saja.

Pada saat kamu menekan tombol Power selama beberapa detik akan memunculkan menu pilihan Restart atau Power Off di layar untuk kemudian dipilih.

Lalu pada saat menekan tombol Power selama 10 detik, maka secara otomatis handphone OPPO akan mati secara paksa. Namun pada beberapa handphone OPPO baru telah terjadi perubahan sehingga pada saat kamu menekan tombol Power justru hanya menampilkan Google Assistant.

Untuk itu kamu jangan bingung karena memang pada handphone OPPO generasi terbaru sudah menggunakan kombinasi tombol fisik yang berbeda agar bisa menampilkan menu Restart dan Power Off.

Cara Baru Mematikan dan Restart Handphone OPPO

  • Buka kunci layar dari handphone OPPO
  • Setelah memasuki halaman Home Screen, tekan kombinasi tombol Power + Volume Atas
  • Kamu akan melihat menu Restart dan Power Off muncul
  • Geser tombol ke opsi Restart atau Power Off
  • Apabila memilih Restart, maka layar akan mati dan secara otomatis hidup kembali
  • Sementara Power Off akan membuat handphone mati
    OPPO - Restart and Power Off

Selain menu Restart dan Power Off, sebenarnya terdapat menu Emergency ketika kamu menggunakan kombinasi tombol tersebut. Dalam menu Emergency terdapat beberapa nomor penting yang dapat langsung kamu telepon apabila terjadi kondisi darurat seperti Polisi, Ambulans, Pemadam Kebakaran, dan lainnya.

Bisa dibilang metode baru ini dihadirkan untuk sebagai solusi supaya handphone tidak mati secara tiba-tiba saat tidak sengaja menekan tombol Power lama. Namun untuk menyalakan handphone OPPO masih tetap sama dengan menekan tombol Power selama beberapa detik hingga muncul logo OPPO.

Jika kamu merasa metode baru merepotkan, sebenarnya dapat mengatur kembali agar hanya menggunakan satu tombol Power ditahan saja untuk bisa menampilkan tombol Restart dan Power Off.

Mengembalikan Fungsi Tombol Lama

  • Buka aplikasi Settings di handphone OPPO
  • Pilih System settings
  • Pilih opsi Power Button
  • Pilih menu Press and hold the power button
    OPPO - Power Button - Restart Power Off - 1
  • Lalu pilih Power Button
    OPPO - Power Button - Restart Power Off - 2

Selanjutnya, kamu dapat coba menekan tombol Power beberapa detik untuk memunculkan menu Restart dan Power Off untuk melihat apakah berhasil atau tidak.

Fungsi menekan tombol Power selama 10 detik pun akan aktif untuk mematikan handphone. Dengan kata lain, kamu dapat memilih sesuai selera apakah menggunakan satu tombol atau kombinasi dua tombol untuk menampilkan menu Restart dan Power Off di handphone OPPO.

Tinggalkan Komentar