Tips dan Trik Handphone

Bingung? Ini Cara Mengatasi Merekam Layar Gak Ada Suaranya

Mengatasi Merekam Layar Gak Ada Suaranya - Header

Gadgetren – Membagikan gameplay sebuah permainan atau membuat tutorial cara menggunakan fitur dari suatu aplikasi memang paling mudah jika dilakukan dengan merekam tampilannya.

Handphone-handphone masa kini apalagi umumnya juga sudah dilengkapi dengan fitur screen recorder bawaan yang lumayan praktis untuk digunakan. Kalaupun belum punya, sekarang ada banyak aplikasi pihak ketiga yang juga mendukung hal itu.

Walaupun mudah untuk dilakukan, sayangnya aktivitas merekam layar handphone kadang-kadang memang tak semulus apa yang kita bayangkan. Ada beberapa masalah yang sering kali muncul saat kita melakukannya.

Dari sekian banyak masalah yang muncul, bahkan ada beberapa yang bisa terasa cukup mengganggu. Salah satu di antaranya termasuk tidak ikut terekamnya suara dari game, aplikasi, maupun diri kita sendiri.

Bagaimana cara mengatasinya? Buat kamu yang sedang mengalami masalah ini, berikut penjelasan mengenai beberapa langkah umum yang bisa ditempuh agar suara juga ikut terekam saat kita menggunakan screen recorder.

Cara Mengatasi Merekam Layar Gak Ada Suaranya

Cek Pengaturan Audio Screen Recorder

  • Buka halaman pengaturan untuk Screen Recorder yang digunakan
  • Cari bagian Sound
  • Pastikan pengaturannya tidak ke opsi No sound atau Mute
  • Jika tersetel ke opsi tersebut, ubah ke media, system, atau internal sound
  • Atau ubah ke opsi Mic jika ingin merekam suara dari mikrofon handphone
    Mengatasi Merekam Layar Gak Ada Suaranya - 1

Sepengetahuan saya, baik fitur bawaan handphone maupun aplikasi screen reorder pihak ketiga umumnya akan dilengkapi dengan pengaturan untuk audio. Suara bisa saja tidak muncul saat kita merekam jika salah mengatur hal ini.

Perlu sedikit diingat, masing-masing screen recorder mempunyai antarmuka tampilannya sendiri-sendiri. Penamaan dan peletakan pengaturan audionya pun bisa berbeda-beda sehingga kita perlu menyesuaikan beberapa langkah di atas.

Cek Izin Aplikasi

  • Masuk ke halaman Settings handphone
  • Buka menu Apps
  • Cari aplikasi screen reorder yang digunakan
  • Ketuk aplikasi tersebut untuk membuka app info
  • Ketuk bagian App permissions
  • Pastikan izin untuk Microphone diberikan
    Mengatasi Merekam Layar Gak Ada Suaranya - 2

Selain mengecek pengaturan audio, kita juga perlu memastikan izin akses yang diperlukan untuk merekam aktivitas layar diberikan. Jika masalah masih terjadi setelah mengubahnya maka kita bisa meresetnya dengan memanfaatkan fungsi hapus data aplikasi.

Cek Mikrofon

Kerusakan komponen peranti keras juga juga bisa menjadi salah satu penyebab audio tidak muncul dalam rekaman. Salah satu di antaranya adalah mikrofon yang memungkinkan aplikasi screen reorder menangkap suara dari luar.

Untuk mengecek mikrofon, cara paling mudah adalah kita bisa mencoba perekam suara yang umumnya sudah tersedia di berbagai macam handphone. Jika fitur tersebut pun tidak bisa bekerja dengan baik maka kemungkinan ada masalah dengan komponen perangkat kerasnya.

Pasang Aplikasi Lain

Langkah terakhir, coba gunakan screen reorder lain untuk merekam tampilan layar. Meskipun jarang, beberapa aplikasi atau fitur bawaan handphone mungkin memang tidak menyematkan dukungan untuk suara.

Salah satu yang bisa dicoba dalam hal ini adalah XRecorder buatan InShot. Aplikasi tersebut mempunyai banyak fitur yang dapat membantu kita merekam layar di mana termasuk dukungan untuk mengelola audio di dalamnya.

Tinggalkan Komentar