Smartphone Tips dan Trik

Cara Merekam Layar di Samsung Galaxy A11 Buat Kamu yang Ingin Bikin Konten

Cara Merekam Layar Samsung Galaxy A11 Header

Gadgetren – Meskipun sudah mengusung antarmuka sistem One UI 2 berbasis Android 10, Samsung Galaxy A11 sayangnya belum membawa fitur perekam layar atau screen recorder yang tertanam secara mendasar.

Alhasil, kamu  yang ingin menggunakan fitur tersebut harus memasang sendiri aplikasi perekam layar dari Google Play Store atau Samsung Galaxy Store untuk mendapatkannya.

Ada banyak aplikasi yang mendukung opsi perekaman layar yang tersedia di toko aplikasi di atas. Namun berdasarkan penelusuran saya, cukup banyak pengguna Samsung yang merekomendasikan Screen Recorder buatan Kimcy929.

Aplikasi perekam layar ini tersedia secara gratis dengan pembelian item di dalamnya. Para pengguna Galaxy A11 dapat mengunduhnya dari halaman Play Store melalui tautan berikut ini.

Bagi kamu yang penasaran bagaimana cara menggunakan Screen Recorder buatan Kimcy929 untuk merekam aktivitas layar, yuk kita berkenalan secara lebih mendalam dengan aplikasi tersebut.

Kimcy929 Screen Recorder – Aplikasi Rekam Layar Untuk Samsung Galaxy A11

Merekam layar handphone tentu membutuhkan dukungan yang tepat supaya video yang dihasilkan berkualitas bagus. Sayangnya, kebanyakan aplikasi yang beredar di toko akan memberikan watermark khusus jika pengguna tidak membeli atau berlangganan fitur premium.

Munculnya aplikasi Screen Recorder yang dikembangkan oleh Kimcy929 tentu menjadi solusi membahagiakan bagi para pengguna Android untuk menggunakan fitur perekam layar tanpa perlu mengeluarkan dana sepeser pun.

Pasalnya, aplikasi ini menjanjikan dukungan perekaman layar berkualitas tinggi tanpa tambahan watermark meskipun tersedia secara cuma-cuma. Ditambah lagi, pengguna pun akan menjumpai beberapa fitur yang tak kalah berguna untuk digunakan.

Selain dapat merekam layar, aplikasi ini misalnya juga dilengkapi dengan dukungan untuk membuat screenshot, mengubah memori tempat penyimpanan, editor video sederhana, hingga shortcut untuk Quick Panel jika dipasang di sistem Android 7 Oreo ke atas.

Aplikasi ini pun mudah untuk dioperasikan. Namun buat kamu yang ingin menggunakannya di perangkat Galaxy A11, berikut langkah-langkah yang bisa ditempuh untuk melakukannya.

Cara Mudah Merekam Layar di Samsung Galaxy A11

  1. Pasang aplikasi dari Google Play Store
  2. Setelah berhasil, buka aplikasi
  3. Saat pertama kali memakainya, konfirmasi tempat untuk menyimpan hasil rekaman serta berikan izin akses ke penyimpanan jika dibutuhkan
  4. Klik tombol kamera perekam untuk memulai
  5. Jika meminta aplikasi meminta agar bisa muncul di atas, aktifkan tombol geser ke posisi hidup
  6. Ketuk ikon tombol perekam pada menu yang muncul
  7. Izinkan aplikasi mengambil gambar, merekam video, dan menyimpan suara dengan tombol yang sesuai
  8. Klik tombol Start Now (Mulai Sekarang)
  9. Untuk menghentikan perekam, tarik bar notifikasi lalu klik tombol Stop (ikon persegi)

Hasil rekaman layar akan muncul di notifikasi. Kamu dapat mengetuknya untuk melihat atau membagikannya. Jika sudah tertutup, kamu bisa mengakses kembali melalui aplikasi Screen Recorder atau Gallery.

Agar bisa menggunakan fitur perekam dari Screen Recorder dengan lebih mudah, kamu pun dapat mengatur pintasan aplikasi ke bagian Quick Panel. Kamu yang belum bisa melakukannya bisa mengikuti langkah-langkah berikut.

Cara Menyematkan Pintasan Kimcy929 Screen Recorder ke Quick Panel

  1. Buka Quick Panel dengan menarik bar notifikasi ke bawah hingga terbuka semua
  2. Klik More Options (ikon titik tiga) di sisi kanan layar
  3. Pilih Button order (Urutan tombol)
  4. Seret pintasan Screen Recorder yang muncul di bagian atas ke bawah
  5. Atur posisinya sesuai kebutuhan
  6. Klik Done (Selesai)

Selain dapat memberikan kemampuan perekam layar, aplikasi Screen Recorder milik Kimcy929 ini menariknya juga dapat menjadi alternatif bagi kamu yang merasa mengambil Screenshot di Galaxy A11 cukup rumit.

Dengan cara di atas, kamu pun dapat mengatur pintasan Screen capture ke Quick Panel Galaxy A11 sehingga dapat mengaksesnya secara lebih mudah saat membutuhkannya untuk membuat screenshot.

Tinggalkan Komentar