ASUS ZenBook Pro 14 Duo OLED UX8402
Operator Seluler

Kuota Lokal Tri Untuk Apa Saja? Ini Penjelasannya

Kuota Lokal Tri - Header

Gadgetren – Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) mendistribusikan paket data di Layanan Prabayar Tri dengan beberapa jenis kuota sebagai benefit. Termasuk salah satunya adalah kuota lokal.

Sama seperti pada operator seluler yang lain, kuota lokal Tri juga mempunyai ketentuan pemakaian yang sangat berbeda dengan kuota reguler. Jadi kita harus memahami cara menggunakannya jika tidak mau memotong kuota lain saat mengakses internet.

Meskipun begitu, kuota lokal yang terdapat di berbagai macam paket data Tri sebenarnya sangat mudah untuk digunakan. Kita hanya perlu mengetahui syarat dan ketentuan pemakaiannya supaya bisa mengakses layanan internet dengan memakai kuota jenis tersebut.

Apa Itu Kuota Lokal Tri?

Kuota lokal adalah jenis kuota yang hanya dapat digunakan pada wilayah tertentu di Indonesia. Namun berbeda dari operator lain yang umumnya merujuk pada lokasi tempat mengaktifkan paket, Tri sendiri yang akan menetapkan area-areanya.

Secara khusus, pemakaian kuota lokal nantinya akan didahulukan daripada kuota reguler. Kita pun dapat menggunakannya untuk mengakses berbagai macam layanan internet selama perangkat tersambung pada jaringan IOH di lokasi yang sudah ditentukan.

Selaras dengan itu, kuota lokal pun tidak menerapkan sistem pembagian waktu seperti kuota reguler. Kita makanya dapat memakai kuota tersebut untuk mengakses layanan internet selama 24 jam penuh asalkan kebijakan lokasi pemakaiannya terpenuhi.

Sampai pada saat artikel ini diterbitkan, kuota lokal sayangnya hanya hadir sebagai bonus tambahan untuk sejumlah produk HAPPY dan AlwaysOn (AON) di mana masing-masing mempunyai kebijakannya sendiri. Kita pun tidak dapat membelinya secara terpisah.

Pembelian kedua produk tersebut dapat dilakukan melalui aplikasi bima+, menu penjualan di USSD *123#, layanan perbankan, minimarket, platform e-commerce yang bekerja sama dengan IOH, maupun retailer di sekitar tempat tinggal kita.

Perlu dicatat, masa berlaku kuota lokal umumnya memang akan mengikuti masa aktif paketnya. Hanya saja nantinya akan langsung di-reset dengan benefit baru apabila kita membeli paket data lagi alih-alih diakumulasikan seperti kuota reguler.

Jadi misalnya kita yang berlangganan paket AON, kuota regulernya akan diakumulasikan sebagaimana kebijakan yang berlaku. Sementara kuota lokalnya akan langsung hangus dan diganti dengan kuota lokal dari pembelian paket yang baru.

Cara Cek Wilayah Kuota Lokal Tri

  • Kunjungi halaman https://kuotalokal.tri.co.id/home dengan peramban.
  • Cari kolom Lokasi kamu.
    Kuota Lokal Tri - 1
  • Masukkan wilayah yang ingin dicek ketersediaannya.
  • Pilih wilayah dari pilihan yang muncul jika diperlukan.
    Kuota Lokal Tri - 2
  • Keterangan akan muncul di bawah kolom penelusuran.
    Kuota Lokal Tri - 3

Lewat halaman khusus ini, operator IOH nantinya akan menulis keterangan secara jelas mengenai apakah kuota lokal Tri dan beberapa jenis kuota lainnya dapat digunakan di wilayah yang dimaksud atau tidak.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar