Review Handphone

Kamera iPhone 14 Pro vs Galaxy S22 Ultra, Bagusan Mana?

iPhone 14 Pro vs Galaxy S22 Ultra

Gadgetren – Samsung dan Apple di tahun 2022 ini sama-sama telah merilis handphone tercanggihnya yakni Galaxy S22 Ultra dan iPhone 14 Pro.

Jaman sekarang kamera dimana kamera sepertinya sudah menjadi kebutuhan wajib sehari-hari untuk merekam momen, otomatis kemampuan yang dihadirkan oleh kamera handphone menjadi faktor besar dalam menentukan handphone mana yang ingin dibeli.

iPhone 14 Pro sebagai handphone teranyar dari Apple mengusung tiga kamera belakang dan satu kamera depan. Kamera utamanya beresolusi 48MP yang mana menjadi resolusi kamera terbesar yang pernah digunakan oleh Apple.

Kamera tersebut dikombinasikan dengan lensa ultrawide 12MP dan lensa telephoto 12MP yang mampu melakukan pembesaran optik 3x. Sedangkan untuk kamera depannya mengusung lensa 12MP.

Di sisi lain, Galaxy S22 Ultra menyajikan empat kamera belakang yang terdiri dari lensa utama 108MP, ultrawide 12MP, serta lensa telephoto ganda 12MP dengan pembesaran optik 3x dan 10x. Untuk kamera depannya menggunakan lensa 40MP.

Dari sisi jumlah dan resolusi lensa kamera tampak Galaxy S22 Ultra sepertinya lebih unggul, namun benarkah begitu? Belum tentu juga, oleh karena itu saya tergelitik untuk membandingkan hasil jepretan foto dan video dari kedua handphone flagship ini.



iPhone 14 Pro

iPhone 14 Pro

Galaxy S22 Ultra

Galaxy S22 Ultra

iPhone 14 Pro

iPhone 14 Pro

Galaxy S22 Ultra

Galaxy S22 Ultra

Pengetesan pertama adalah kamera utamanya di mana iPhone 14 Pro menghasilkan foto yang terlihat natural walau di beberapa situasi tampaknya sedikit kurang terang. Di sisi lain Galaxy S22 Ultra menghasilkan foto yang lebih cerah dan warna yang lebih menonjol.

Perbedaan ini sangat kentara di warna hijau dedaunan dan dinding merah pada foto di atas. Suasana langit pada saat pemotretan pun sebetulnya sedang tidak begitu cerah namun kamera Galaxy S22 Ultra membuatnya seolah-olah sedang biru cerah.

Hasil jepretan iPhone 14 Pro juga tetap terjaga ketajamannya di berbagai sisi foto sedangkan pada Galaxy S22 Ultra sisi-sisi foto terlihat lebih buram. Menariknya di area tengah foto hasil dari Galaxy S22 Ultra tampak lebih tajam.

iPhone 14 Pro - Portrait

iPhone 14 Pro – Portrait

Galaxy S22 Ultra - Portrait

Galaxy S22 Ultra – Portrait

iPhone 14 Pro - Portrait

iPhone 14 Pro – Portrait

Galaxy S22 Ultra - Portrait

Galaxy S22 Ultra – Portrait

Di mode portrait, kamera iPhone 14 Pro memperlihatkan warna kulit yang natural namun warna baju subjek foto terlihat sedikit lebih pudar. Anehnya di Galaxy S22 Ultra, warna kulitnya terlihat lebih coklat kemerahan.

Namun begitu Galaxy S22 Ultra menurut saya memperlihatkan detail permukaan wajah dengan lebih baik dan juga pemisahan antara subjek foto dengan latar yang lebih halus di mode portrait.

iPhone 14 Pro

iPhone 14 Pro

Galaxy S22 Ultra

Galaxy S22 Ultra

iPhone 14 Pro - Night Mode

iPhone 14 Pro – Night Mode

Galaxy S22 Ultra - Night Mode

Galaxy S22 Ultra – Night Mode

Di malam hari kedua handphone ini sama-sama mampu menghasilkan foto yang jelas dan tajam. Namun kembali lagi hasil jepretan kamera iPhone 14 Pro terlihat lebih natural dan hasil fotonya lebih terang dan detail.

Galaxy S22 Ultra menampilkan gambar yang lebih akurat di beberapa bagian tertentu contohnya di tulisan lampu Hotel Grand Savero pada foto di atas namun secara keseluruhan fotonya terlihat agak lebih dingin.

Ada satu kelemahan iPhone 14 Pro ketika digunakan untuk jepret foto di malam hari yakni sering kali terlihat ada efek lens flare yang agak mengganggu. Kasus ini jarang saya temukan di Galaxy S22 Ultra.

iPhone 14 Pro - Ultrawide

iPhone 14 Pro – Ultrawide

Galaxy S22 Ultra - Ultrawide

Galaxy S22 Ultra – Ultrawide

Soal kamera ultrawide-nya, lagi-lagi iPhone 14 Pro terlihat lebih natural sedangkan Galaxy S22 Ultra terlihat lebih menonjol warnanya walau mungkin bagi sebagian orang ini terlihat lebih menarik.

Selain itu kamera ultrawide iPhone 14 Pro terlihat lebih superior soal detail foto yang dihasilkan. Mulai dari riak air, tekstur pada patung, hingga beton pembatas terlihat lebih jelas sedangkan pada Galaxy S22 Ultra terlihat buram.

iPhone 14 Pro - Ultrawide, Night Mode

iPhone 14 Pro – Ultrawide, Night Mode

Galaxy S22 Ultra - Ultrawide, Night Mode

Galaxy S22 Ultra – Ultrawide, Night Mode

Mode malam sama-sama dapat digunakan di kamera ultrawide iPhone 14 Pro dan Galaxy S22 Ultra. Menariknya ketika mode ini diaktifkan dengan durasi maksimal, hasil foto Galaxy 22 Ultra terlihat lebih terang dan detail foto terekam lebih baik walau warnanya lebih dingin.

iPhone 14 Pro - Makro

iPhone 14 Pro – Makro

Galaxy S22 Ultra - Makro

Galaxy S22 Ultra – Makro

Walaupun sama-sama tidak memiliki lensa makro khusus, iPhone 14 Pro dan Galaxy S22 Ultra tetap dapat menjepret foto dengan jarak sangat dekat. Ini dilakukan melalui lensa ultrawide yang ada di masing-masing handphone. Hasil fotonya sama-sama tajam, jauh lebih bagus malah dibanding kamera makro yang biasa ditemukan di handphone kelas menengah.

Namun begitu kamera Galaxy S22 Ultra terlihat menghasilkan foto yang lebih tajam di keseluruhan area foto dan warnanya pun terlihat natural seperti aslinya. Di lain sisi iPhone 14 Pro warnanya malah menjadi terlihat lebih hangat dan area sisi foto terlihat agak buram.

iPhone 14 Pro - Zoom x2

iPhone 14 Pro – Zoom 2x

Galaxy S22 Ultra - Zoom x2

Galaxy S22 Ultra – Zoom 2x

iPhone 14 Pro - Zoom x3

iPhone 14 Pro – Zoom 3x

Galaxy S22 Ultra - Zoom x3

Galaxy S22 Ultra – Zoom 3x

iPhone 14 Pro - Zoom x15

iPhone 14 Pro – Zoom 15x

Galaxy S22 Ultra - Zoom x15

Galaxy S22 Ultra – Zoom 15x

Untuk fotografi jarak jauh, iPhone 14 Pro mendukung pembesaran optik 3x dan pembesaran digital hingga 15x. Sedangkan Galaxy S22 Ultra dapat melakukan perbesaran optik 3x dan 10x serta pembesaran digital hingga 100x yang mana ini berkat digunakannya dua lensa telephoto. Tentu di atas kertas Galaxy S22 Ultra terlihat lebih canggih.

Di pembesaran 2x, secara mengejutkan hasil foto iPhone 14 Pro terlihat lebih bagus, lebih tajam, serta terlihat natural. Begitu juga di pembesaran 3x yang mana sudah sama-sama beralih menggunakan lensa telephoto. Di level pembesaran 15x barulah terlihat superioritas Galaxy S22 Ultra berkat adanya lensa telephoto tambahan dengan pembesaran optik 10x.

iPhone 14 Pro - Selfie, Portrait

iPhone 14 Pro – Selfie, Portrait

Galaxy S22 Ultra - Selfie, Portrait

Galaxy S22 Ultra – Selfie, Portrait

iPhone 14 Pro - Selfie, Portrait

iPhone 14 Pro – Selfie, Portrait

Galaxy S22 Ultra - Selfie, Portrait

Galaxy S22 Ultra – Selfie, Portrait

Untuk kamera terakhir yakni kamera depannya, hasil foto selfie terlihat lebih bagus hasil jepretan Galaxy S22 Ultra. Namun warna baju yang digunakan oleh subjek foto terlihat agak lebih menonjol. Di lain sisi hasil foto selfie iPhone 14 Pro terlihat agak keterangan dan warna baju terlihat agak kusam.



Soal perekaman video, kamera iPhone 14 Pro terlihat lebih unggul di berbagai sisi mulai dari ketajaman, kecerahan, kestabilan rekaman, hingga detail video. Namun di situasi tertentu seperti malam hari, kamera iPhone 14 Pro kembali menimbulkan efek lens flare. Rekaman kamera depannya pun terlihat agak keterangan.

Secara keseluruhan saya merasa iPhone 14 Pro lebih unggul di sektor kamera. Namun jika berbicara kamera mana yang bisa menghasilkan foto yang lebih menarik tanpa perlu repot edit-edit, Galaxy S22 Ultra sepertinya lebih pas.

Tinggalkan Komentar