ASUS TUF Gaming FX507
Aplikasi Tips dan Trik

Apa Itu Family Link dan Bagaimana Cara Menggunakannya!

Cara Menggunakan Family Link Header

Gadgetren – Google tampaknya menyadari bahwa mengontrol pemakaian handphone untuk anak-anak cukup penting bagi sebagian orang.

Oleh karenanya Google pun mengembangkan layanan khusus yang disebut Family Link untuk membantu anak-anak dapat menggunakan perangkat dengan aman dan lebih terarah.

Memberi ruang bagi anak untuk memakai gadget seperti handphone, tablet, atau laptop menjadi sebuah hal yang wajar di masa sekarang. Apalagi setelah semua dialihkan ke bentuk daring, setiap kegiatan sekolah harus dikerjakan dengan menggunakan salah satu perangkat tersebut.

Namun sayangnya, saya sering menjumpai cukup banyak anak yang memanfaatkan kesempatan tersebut untuk melakukan hal-hal di luar kegiatan seharusnya. Bermain game sepanjang waktu, menonton video tanpa batas, hingga melakukan hal tak pantas dengan memanfaatkan gadget yang diberikan.

Family Link pun lahir dengan tujuan agar kita bisa mengontrol pemakaian gadget anak meski tak bisa menemani mereka sepanjang waktu. Dengan menggunakannya, setiap aktivitas mereka saat menggunakan perangkat dapat diawasi dan dibatasi sesuai dengan kebijakan yang diterapkan.

Apa Itu Family Link?

Sekilas bagi kamu yang belum tahu, Family Link adalah layanan pendamping dari Google yang dihadirkan dengan tujuan untuk membantu orang tua mengawasi dan menerapkan aturan penggunaan perangkat digital di keluarga.

Layanan ini memungkinkan orang tua mengatur berbagai macam hal ke perangkat sang anak. Termasuk di antaranya seperti menyetel waktu pemakaian, mengelola aplikasi yang bisa dipasang, membatasi konten-konten yang dapat ditonton, hingga melihat lokasinya.

Ada dua jenis aplikasi yang tersedia untuk memakai layanan ini di mana meliputi versi orang tua dan versi anak. Keduanya dapat diunduh dari layanan Google Play Store atau juga dari Apple Apps Store khusus untuk aplikasi orang tua.

Aplikasi anak-anak tersedia dan dapat digunakan dengan baik pada handphone berbasis sistem Android 7 ke atas, sementara untuk aplikasi orang tua hanya memerlukan minimal Android 5 atau iPhone dengan iOS 11 ke atas.

Cara Menggunakan Family Link

Memasang Aplikasi

  1. Install aplikasi Google Family Link for Parent ke dalam perangkat
  2. Ketuk anak panah ke bawah untuk membaca halaman informasi singkat
    Cara Menggunakan Family Link 1
  3. Klik tombol Get Started jika sudah selesai
    Cara Menggunakan Family Link 2
  4. Login dengan akun Google yang dimiliki
  5. Pilih Parent untuk mengatur perangkat untuk orang tua
    Cara Menggunakan Family Link 3
  6. Klik Next untuk memastikan pilihan
  7. Ketuk I’m ready untuk melanjutkan tindakan
    Cara Menggunakan Family Link 4
  8. Buat atau masukkan akun Google Anak
  9. Ikuti petunjuk yang muncul sesuai tindakan yang dipilih
  10. Setelah selesai, buka handphone Anak
  11. Install aplikasi Google Family Link for children & teenagers
  12. Setujui beberapa hal jika muncul
  13. Login dengan akun anak yang sudah dikaitkan ke aplikasi orang tua

Aplikasi Family Link for Parent (untuk orang tua) dapat diunduh melalui halaman produknya di Play Store atau Apps Store. Kamu dapat memasangnya sesuai dengan sistem operasi dari perangkat yang kamu gunakan.

Sementara untuk Family Link for children & teenagers hanya dapat ditemukan di Play Store. Aplikasi ini bisa kamu install pada handphone, tablet, atau Chromebook yang mendukung pemasangan aplikasi Android.

Mengelola Perangkat

  1. Buka aplikasi Family Link for Parent
  2. Ketuk View pada akun anak yang akan dikelola
  3. Klik tombol Manage Settings
    Cara Menggunakan Family Link 5
  4. Setel pengaturan di dalamnya sesuai dengan kebutuhan

Melalui halaman tersebut, kamu dapat mengubah ketentuan untuk pemakaian Google Play Store, Chrome, Search, YouTube, hingga beberapa aplikasi pihak ketiga. Kamu pun dapat mengelola sejumlah pengaturan seperti lokasi, informasi akun, setelan privasi, hingga login aplikasi.

Menambah Akun Anak

  1. Jalankan aplikasi Family Link for Parent
  2. Dari halaman utama klik tombol Add (ikon plus) di panel atas dekat foto profil
    Cara Menggunakan Family Link 6
  3. Buat atau gunakan akun Anak yang ingin ditambahkan
  4. Ikuti petunjuk yang tampil sesuai pilihan sebelumnya

Yang sangat menarik, Family Link tak hanya mendukung pengelolaan untuk satu perangkat. Kamu dapat menambahkan banyak akun sesuai dengan jumlah anak yang ingin diawasi dengan menggunakan beberapa langkah di atas.

Family Link bukan aplikasi yang buruk meskipun mempunyai rating sangat rendah di Google Play Store. Pasalnya berdasarkan penelusuran saya, penilaian tersebut justru berasal dari anak-anak yang ingin lebih bebas memakai perangkatnya.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar