ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

Xiaomi 13 Vs Xiaomi 12 – Kini Bawa Kamera Leica

Xiaomi 13 vs Xiaomi 12

Gadgetren – Sebagai penerus Xiaomi 12, tentunya Xiaomi 13 menghadirkan beberapa peningkatan dari sisi dapur pacu dan kemampuan kameranya.

Kedua perangkat Xiaomi ini sama-sama menggunakan layar dengan teknologi AMOLED, HDR10+, resolusi Full HD (2400 x 1080 piksel), dan Dolby Vision yang mampu menampilkan konten dengan terang serta jernih.

Berkat refresh rate 120Hz, layarnya mampu menampilkan gerakan transisi dan animasi secara halus. Semua perangkat ini sudah dibekali dengan teknologi Vapor Chamber, Liquid Cooling, dan multi-layar graphite sheet yang mampu menjaga suhu tetap stabil ketika digunakan dalam beraktivitas.

Kedua perangkat ini pun sama-sama memiliki baterai berkapasitas 4.500mAh yang diklaim Xiaomi mampu bertahan lama dalam pemakaian normal dan dilengkapi fitur 67W Turbo Charge yang mampu mengisi daya dengan sangat cepat dari kondisi 0% ke 100% dalam 39 menit.

Meskipun memiliki persamaan yang menarik, namun kamu perlu mengetahui perbedaan dari kedua perangkat ini ketika ingin membeli salah satunya untuk menunjang rutinitas harian.

Perbedaan Xiaomi 13 Vs Xiaomi 12

Xiaomi 13 memiliki layar 6,36 inci yang ukuran sedikit lebih besar dibandingkan dengan Xiaomi 12 yang mempunyai lebar 6,28 inci. Sementara tingkat kecerahan puncak Xiaomi 13 pun mencapai 1.900 nits yang mana jauh lebih tinggi dibandingkan Xiaomi 12 dengan 1.100 nits.

Xiaomi 13 hadir dengan sertifikasi IP68 yang membuktikan telah tahan terhadap debu dan air hingga kedalaman 1,5 meter dengan waktu maksimal 30 menit. Berbeda dengan itu, Xiaomi 12 belum dilengkapi fitur ini sama sekali.

Dapur pacu Xiaomi 13 dipercayakan pada Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 (4nm) yang tentunya memiliki peningkatan performa dibandingkan dengan Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1 (4nm) pada Xiaomi 12.

Xiaomi-12-2

Xiaomi 12

Hal yang paling menarik terlihat pada inti yang menangani kinerja tertinggi pada Snapdragon 8 Gen 2 karena sudah menggunakan CPU Cortex-X3 yang diklaim memiliki 25% punya performa lebih tinggi dibandingkan Snapdragon 8 Gen 1 dengan Cortex-X2.

Xiaomi pun bekerja sama dengan Leica untuk meningkatkan kemampuan dari kamera utama Xiaomi 13 agar dapat menghasilkan foto yang bagus, terutama dengan profil yang biasa dihadirkan oleh Leica.

Namun kedua perangkat ini sama-sama menggunakan tiga kamera di bagian belakang dengan kamera utama 50 MP. Namun kamera ultrawide Xiaomi 12 mempunyai resolusi 13 MP yang mana sedikit lebih tinggi dibandingkan milik Xiaomi 13 dengan 12 MP.

Sementara itu Xiaomi 13 lebih unggul lagi karena mempunyai kamera telephoto 10 MP yang mampu membidik obyek dari jarak jauh dengan 3x Optical Zoom atau 5x Hybrid Zoom sedangkan Xiaomi 12 hanya hadir dengan kamera makro 5 MP.

Meskipun Xiaomi 13 tidak memiliki kamera makro terdedikasi, namun akan memanfaatkan kamera ultrawide untuk menghasilkan foto makro dengan resolusi yang ditawarkan cukup tinggi mencapai 12 MP.

Terlihat memang terjadi peningkatan performa dan kemampuan kamera dari Xiaomi 13 dibandingkan dengan Xiaomi 12 yang mana suatu hal wajar sebagai peningkatan dari generasi ke generasi.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar