Smartphone

Perbedaan Xiaomi 13 dan Xiaomi 12 – Semakin Mumpuni untuk Semua Hal

Xiaomi 13 Vs Xiaomi 12 - Header

Gadgetren – Xiaomi resmi meluncurkan generasi baru untuk handphone flagship miliknya. Bernama Xiaomi 13, perangkat tersebut membawa sejumlah peningkatan jika dibandingkan generasi sebelumnya.

Termasuk juga jika dibandingkan dengan perangkat flagship Xiaomi 12. Handphone tersebut menawarkan sejumlah peningkatan mulai dari dapur pacu yang semakin kuat hingga kamera dengan teknologi semakin mumpuni.

Buat kamu yang penasaran dengan Xiaomi 13, berikut penjelasan mengenai kemampuannya jika dibandingkan dengan Xiaomi 12. Namun perlu diingat bahwa ini masih berdasarkan spesifikasi teknis yang diusungnya.

Perbandingan Xiaomi 13 Vs Xiaomi 12

Seperti apa yang sudah kami singgung di bagian atas, Xiaomi 13 membawa peningkatan yang mana salah satunya terletak pada aspek kinerja. Handphone tersebut kini soalnya mengandalkan chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 sebagai dapur pacunya.

Chipset ini merupakan suksesor dari Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1 yang dipakai oleh Xiaomi 12. Selain membawa frekuensi yang lebih tinggi, Snapdragon 8 Gen 2 juga mempunyai arsitektur inti lebih anyar, GPU generasi baru, sistem AI lebih cerdas, hingga konektivitas lebih mutakhir.

Xiaomi sendiri mengklaim bahwa Snapdragon 8 Gen 1 membawa peningkatan hingga 37 persen untuk CPU secara keseluruhan, 42 persen untuk GPU, dan 60 persen untuk sistem AI. Jadi Xiaomi 13 bakalan lebih mampu menangani berbagai macam tugas.

Terlebih lagi, model dengan varian media penyimpanan internal sebesar 256GB dan 512GB juga sudah menggunakan teknologi UFS 4.0. Jadi kemampuan transfer datanya bisa lebih cepat ketimbang Xiaomi 12 yang masih memakai UFS 3.1.

Di samping peningkatan pada aspek kinerja, Snapdragon 8 Gen 2 juga menawarkan dukungan koneksi yang lebih mutakhir. Xiaomi 13 dengannya bisa membawa teknologi Bluetooth 5.3 yang mana lebih baru ketimbang Bluetooth 5.2 milik Xiaomi 12.

Xiaomi juga menggandeng perusahaan Leica yang terkenal dengan teknologi fotografinya dalam mengembangkan Xiaomi 13. Jadi handphone tersebut secara teori akan mempunyai dukungan lensa kamera yang lebih bisa diandalkan ketimbang Xiaomi 12.

Ditambah lagi, konfigurasi sensor yang digunakan oleh Xiaomi juga cukup berbeda dalam hal ini. Xiaomi 13 mempunyai sensor telefoto 10MP dan sudut lebar 12MP sementara Xiaomi 12 mengandalkan telemakro 5MP dan sudut lebar 13MP meskipun resolusi lensa utamanya serupa.

Meskipun sebenarnya tak begitu berbeda, jenis layar yang dipakai juga sedikit berlainan. Xiaomi 13 memakai panel OLED sementara Xiaomi 12 mengandalkan AMOLED yang mengadopsi teknologi Active Matrix dari TFT LCD.

Tinggalkan Komentar