ASUS Zenbook DUO UX8406
Smartphone

Ini 9 Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi 13 Pro – Sangat Kompetitif!

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi 13 Pro - Header

Gadgetren – Xiaomi 13 Pro akhirnya resmi memperkenalkan diri secara global melalui ajang Mobile World Congress (MWC) 2023 yang berlangsung di Barcelona pada bulan Februari 2023 kemarin.

Perangkat yang kini menduduki kasta tertinggi lini flagship Xiaomi tersebut tentu bisa menjadi salah satu opsi yang tak boleh dilewatkan saat sedang mencari ponsel pintar berkinerja tinggi dengan dukungan menyeluruh.

Label harga memang akan terasa sangat mahal bagi sebagian besar orang. Namun jika melihat kelebihan dan kekurangan dari Xiaomi 13 Pro, sebenarnya cukup wajar melihat apa yang ditawarkannya sangat sebanding dengan hal itu.

Kelebihan Xiaomi 13 Pro

1. Kamera Mumpuni Untuk Segala Kebutuhan

Xiaomi 13 Pro meluncur dengan susunan kamera yang dikembangkan bersama Leica. Ponsel tersebut membawa mulai dari sistem lensa professional hingga sejumlah mode pengambilan gambar seperti Leica Authentic Look maupun Leica Vibrant Look.

Hasilnya, kamera Xiaomi 13 Pro bisa diandalkan untuk melakukan pengambilan gambar di berbagai macam kondisi. Kita pun bisa menggunakannya untuk menghasilkan berbagai macam foto sesuai gaya yang kita inginkan.

Terlebih lagi, kamera utama Xiaomi 13 Pro juga sudah menggunakan sensor 1” beresolusi 50MP yang mana mampu menangkap lebih banyak cahaya. Xiaomi bahkan mengklaim bisa meningkatkan penyerapan hingga sebesar 72% jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi 13 Pro - Kamera

Dengan begitu, kamera Xiaomi 13 Pro mampu menghasilkan foto yang terlihat jelas meskipun pengambilan gambar dilakukan pada kondisi kurang cahaya. Sensor 1” ini pun memungkinkan zoom tingkat optik 2x dengan hasil yang lebih jelas.

Menemani sensor kamera 1”, Xiaomi pun menyematkan kamera Leica 75mm floating telephoto yang pengembangannya terinspirasi dari Leica Noctilux-M 75 f/1.25. Lensa beresolusi 50MP ini uniknya tak hanya memungkinkan kita mengambil foto dari jarak jauh melainkan juga melakukan fotografi makro.

Ada juga Leica ultra-wide camera yang memungkinkan kita mengambil foto dengan sudut pandang lebih lebar. Sensor kamera yang dipakai beresolusi 50MP dan diklaim bisa menangkap pemandangan bidang hingga seluas 115°.

Untuk perekaman video, kamera Xiaomi 13 Pro pun tak akan kalah dari ponsel-ponsel flagship lain. Perangkat ini soalnya sudah didukung teknologi HyperOIS yang bisa membuat pengambilan gambar lebih stabil, 4K Ultra Night Video untuk cahaya redup, dan Dolby Vision.

2. Kinerja Tinggi dengan Sistem Pendingin Mumpuni

Tak hanya fokus di kamera saja, Xiaomi 13 Pro juga menawarkan kinerja yang sangat tinggi karena sudah mengusung Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 (4nm) berfrekuensi hingga 3,2GHz sebagai dapur pacu.

Dibandingkan dengan chipset generasi sebelumnya, pengujian Xiaomi menunjukkan bahwa Snapdragon 8 Gen 2 mempunyai CPU yang 37% lebih bertenaga dan 47% lebih hemat daya. GPU pun lebih unggul 42% dan 49% untuk urutan serupa. Begitu juga AI Engine yang 60% lebih efisien.

Kinerja Xiaomi 13 Pro pun bisa semakin mumpuni karena Xiaomi juga menggunakan dukungan memori lebih baik. Dalam hal ini sudah memakai LPDDR5X yang menawarkan kemampuan transfer data ultra cepat dan UFS 4.0 yang mempunyai kecepatan hingga 3,5GB/s.

Saat ingin memakainya untuk menjalankan aplikasi berat dengan durasi yang lama, kita pun tak perlu khawatir. Xiaomi 13 Pro sudah dilengkapi vapor chamber berukuran 3.400mm² yang bisa membuat komponen tetap dingin sehingga kinerjanya senantiasa stabil.

3. Layar Memukau yang Hemat Daya

Layar Xiaomi 13 Pro termasuk salah satu yang terbaik untuk sekarang. Dengan ukuran yang membentang hingga seluas 6,73” dan resolusi WQHD+ (3200 x 1440 piksel), Xiaomi 13 Pro sudah mengenakan panel AMOLED yang mana mendukung cakupan warna lebih kaya.

Tampilan gambar yang dihasilkan pun bisa terlihat lebih cerah karena panel AMOLED mendukung simulasi dengan tingkat kecerahan hingga 1.900 nit. Warnanya bisa terlihat lebih baik dengan hadirnya dukungan HDR10+ dan Dolby Vision.

Kita pun tak perlu khawatir konsumsi daya akan semakin boros meski layarnya mendukung refresh rate tinggi. Panel Xiaomi 13 Pro soalnya sudah memakai teknologi LPTO yang memungkinkan animasi berubah secara adaptif dari 1Hz hingga 120Hz sesuai konten.

4. Baterai Tahan Lama dengan Pengisian Super Cepat

Perangkat Xiaomi 13 Pro memang hanya dilengkapi dengan baterai berkapasitas 4.820mAh. Hanya saja berdasarkan pengujian yang dilakukan oleh Xiaomi tetap bisa bertahan hingga sepanjang hari.

Bahkan jika hanya untuk memutar musik, baterai Xiaomi 13 Pro bisa bertahan hingga 104 jam lebih. Durasinya bisa menjadi semakin singkat untuk pemakaian lebih berat seperti 19 jam buat memutar video, 7 jam bermain game, atau 5 jam merekam video 1080p.

Kalaupun takut kehabisan daya saat sedang asyik beraktivitas, Xiaomi 13 Pro sudah mendukung teknologi 120W HyperCharge. Jadi pengisian baterainya bisa berjalan lebih singkat di mana secara teknis hanya memerlukan sekitar 19 menit agar penuh.

Selain pengisian kabel ini, Xiaomi 13 Pro apalagi juga mendukung teknologi 50W turbo charging secara nirkabel dan bisa dipakai sebagai power bank dengan adanya dukungan 10W reverse wireless charging.

5. Bodi Berkelas

Bodi Xiaomi 13 Pro mempunyai desain yang cukup menarik. Ditambah lagi, ponsel ini sudah menggunakan material berbahan keramik yang akan membuatnya benar-benar terlihat sebagaimana perangkat flagship seharusnya.

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi 13 Pro - Bodi

Pemakaian lapisan kaca Corning Gorilla Glass Victus di bagian depan juga tak boleh dilewatkan dari Xiaomi 13 Pro. Dengan begitu, layarnya bisa terlindungi dengan baik dari goresan atau saat dijatuhkan dari ketinggian tertentu.

Hadirnya dukungan IP68 membuat bodi Xiaomi 13 Pro semakin berkelas. Sebagaimana perangkat-perangkat flagship pada umumnya, kita pun bisa sedikit lebih tenang saat Xiaomi 13 Pro terkena cipratan air atau debu.

6. Fitur yang Lengkap

Xiaomi 13 Pro dikembangkan tanpa mengesampingkan berbagai macam dukungan tambahan yang notabene dapat meningkatkan pengalaman pemakaian pengguna. Dalam hal ini Xiaomi tetap menyematkan berbagai macam fitur pendukung mutakhir di dalamnya.

Pada Xiaomi 13 Pro, kita bisa menemukan dukungan konektivitas yang sangat lengkap karena di antaranya sudah mengemas WiFi 6E yang mempunyai kecepatan tinggi, jaringan 5G, Bluetooth 5.3 yang mendukung antarmuka A2DP dan LE (Low Energy), serta NFC.

Ponsel flagship terbaru Xiaomi ini juga membawa sistem keamanan yang lebih praktis dengan hadirnya pemindai sidik jari terintegrasi di layar. Walaupun dalam hal ini, sensor yang dipakai masih mengandalkan teknologi optikal.

Terdapat juga dukungan tambahan seperti IR Blaster yang bisa dipakai untuk mengontrol televisi maupun AC. Xiaomi 13 juga mempunyai dukungan Dolby Atmos, Hi-res Audio, serta Wireless Hi-res Audio untuk pengalaman mendengarkan yang lebih baik.

Kekurangan Xiaomi 13 Pro

1. Tidak Ada Jack Audio dan Slot Ekspansi Untuk Memori

Sama seperti flagship lainnya, Xiaomi 13 Pro pun ikut menghilangkan beberapa dukungan yang mungkin cukup penting bagi sebagian orang. Salah satunya tidak menyematkan lagi jack audio.

Hilangnya jack audio di Xiaomi 13 Pro tentu bisa sedikit menyulitkan pengguna yang gemar mendengarkan musik atau bermain game. Kita soalnya perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli konverter atau headset nirkabel.

Slot ekspansi untuk menambahkan memori eksternal juga sudah tidak tersedia di handphone flagship tersebut. Untungnya, Xiaomi menyematkan minimal media internal sebesar 128GB di Xiaomi 13 Pro dan kini sudah banyak layanan penyimpanan awan kalau dirasa masih kurang.

2. Masih Mengandalkan USB Type-C 2.0

Sebagai perangkat yang hadir di kelas flagship, sayangnya Xiaomi 13 Pro juga masih menggunakan USB Type-C 2.0. Antarmuka ini bisa dibilang sudah tidak terbaru lagi dan mempunyai kecepatan transfer yang lebih lambat jika dibandingkan dengan generasi anyar.

Bahkan jika dibandingkan dengan USB 3.0 yang sudah banyak diadopsi oleh sejumlah perangkat flagship, kecepatannya bisa 10 kali lebih lambat ata bahkan lebih dari 20 kali apabila disetarakan dengan USB 3.1.

3. Kamera Depan Belum Mendukung 4K

Kamera depan menjadi komponen penting di masa sekarang. Sebagian di antara kita soalnya memakai dukungan ini untuk membuat konten baik foto maupun video untuk diunggah ke layanan media sosial.

Meskipun membawa dukungan sensor beresolusi hingga 32MP, Xiaomi 13 Pro sayangnya belum mendukung perekaman video hingga 4K padahal perangkat sekelasnya sudah mengusung hal ini. Kamera depannya hanya bisa merekam sampai 1080p @30fps.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar