ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

Kelebihan dan Kekurangan POCO X5 5G – Layak Untuk Dipertimbangkan?

Kelebihan dan Kekurangan POCO X5 5G - Header

Gadgetren – Berbeda dengan beberapa model sebelumnya, perangkat POCO X5 5G yang telah meluncur di Tanah Air terlihat memperoleh tanggapan kurang mengenakkan dari sebagian kalangan penggemar.

Spesifikasi yang diusung oleh handphone tersebut dianggap biasa saja. Bahkan, ada yang berpendapat bahwa POCO X5 5G tidak lebih baik dari beberapa model ponsel pintar buatan Xiaomi sebelum-sebelumnya.

Menanggapi kesan miring ini, sebagian di antara kita mungkin akan ragu-ragu untuk meminang perangkat tersebut. Kami makanya ingin mencoba mengulas kelebihan dan kekurangan POCO X5 5G supaya bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan.

Kelebihan POCO X5 5G

POCO X5 5G sebenarnya cukup mirip dengan berbagai macam perangkat menengah lainnya. Dengan banderol mulai dari Rp3.399.000, perangkat tersebut sudah menggunakan Qualcomm Snapdragon 695 (6nm) berkecepatan hingga 2,2GHz.

Berbekal chipset tersebut, POCO X5 5G tentu cukup bisa diandalkan untuk menangani berbagai macam tugas. Hal ini bisa dilihat dari uji benchmark yang dilakukan oleh GSMArena di mana handphone tersebut berhasil memperoleh skor 400.895 di AnTuTu v9 dan 2.088 di Geekbench v5.1.

Ditambah lagi, POCO X5 5G juga mempunyai varian yang dilengkapi dengan dukungan RAM berkapasitas hingga 8GB dan media penyimpanan internal sebesar 256GB. Ada juga fitur ekspansi memori yang bisa memperluas RAM dengan total hingga 13GB.

Yang cukup menarik, perangkat tersebut pun meluncur dengan panel AMOLED yang mempunyai refresh rate hingga 120Hz. POCO memastikan kualitasnya dengan sertifikasi kinerja dari SGS baik untuk kualitas animasi yang dihasilkan maupun perlindungan terhadap sinar biru.

Kelebihan dan Kekurangan POCO X5 5G - 1

Layar POCO X5 5G

Keunggulan lain dari ponsel ini juga terletak pada dukungan dayanya. Dikombinasikan dengan chipset bermanufaktur 6nm, baterai POCO X5 5G yang mempunyai kapasitas sebesar 5.000mAh tentu sudah cukup untuk menemani pengguna saat beraktivitas sehari-hari.

Dalam klaimnya, POCO X5 5G bahkan bisa bertahan hingga lebih dari 20 jam untuk melakukan panggilan telepon, 13 jam bermain game daring, 21 jam menonton video, dan 192 jam mendengarkan musik.

Ponsel tersebut apalagi juga membawa pengisian cepat 33W jika kita memang terpaksa mengisi daya di tengah-tengah aktivitas. Teknologi ini memungkinkan baterai POCO X5 5G terisi dengan durasi waktu lebih singkat di mana bisa mencapai 50 persen kurang dari 30 menit.

Fitur-fitur POCO X5 5G juga bisa dibilang cukup lengkap. Kita masih bisa menemukan proteksi layar berbahan kaca Corning Gorilla Glass 3, headphone jack yang mendukung Hi-res Audio, IR Blaster, hingga bodi tahan percikan air dan debu dengan sertifikasi IP53.

Kekurangan POCO X5 5G

Untuk perangkat yang diluncurkan lebih dari Rp3 juta, POCO X5 5G sayangnya belum dilengkapi dengan OIS (Optical Image Stabilization). Pengambilan gambar dan video dari perangkat tersebut makanya masih kalah stabil dibanding model yang sudah membawanya.

Kelebihan dan Kekurangan POCO X5 5G - 2

Kamera POCO X5 5G

Meskipun membawa konfigurasi lensa dengan resolusi hingga 48MP, perekaman video di POCO X5 5G belum mendukung 4K. Hal ini senada dengan handphone dengan chipset menengah Qualcomm beberapa tahun belakangan yang dibatasi sampai 1080p saja.

Speaker tunggal yang turut mempersenjatainya juga menjadi salah satu kekurangan dari POCO X5 5G. Pengalaman mendengarkan musik, menonton video, hingga bermain game tentu akan kurang maksimal jika dibandingkan dengan perangkat yang dibekali speaker ganda.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar