Tips dan Trik Aplikasi

Cara Mengatur Konten Sensitif di Twitter Agar Apa yang Bisa Dilihat Terjaga

Cara Mengatur Konten Sensitif di Twitter  - Header

Gadgetren – Sebagai media sosial yang sudah hadir sejak tahun 2006 Twitter semakin digandrungi penggunanya di seluruh dunia hingga sekarang.

Berbagai macam pembaruan pun telah dilalui layanan media sosial berbasis teks tersebut termasuk memperkenalkan layanan Twitter Blue.

Hingga saat ini pun pengguna Twitter semakin banyak dan siapa pun bebas mengunggah Tweet hingga utas sebuah berita, cerita, dan informasi. Konten-konten tersebut juga tak jarang berisi hal yang negatif atau menghadirkan informasi yang sensitif dan tidak pantas dilihat.

Namun begitu ada saja pengguna yang rajin membeberkan konten sensitif sehingga pihak Twitter pun memberikan fitur khusus agar pengguna sendiri bisa mengatur setelan akunnya sehingga tidak bisa menerima notifikasi atau melihat konten yang dilabeli sensitif.

Fitur untuk mengatur konten sensitif tersedia pada bilah navigasi sebelah kiri dengan mengetuk tombol foto profil akun Twitter. Dari sana kamu bisa masuk ke dalam menu Settings & Support untuk bisa menemukan opsi fitur konten sensitif.

Cara Mengatur Konten Sensitif di Twitter

  • Masuk ke akun Twitter di handphone kamu.
  • Ketuk tombol profil di pojok kiri atas layar. cara-mengatur-konten-sensitif-di-Twitter-1.
  • Gulir ke bawah dan ketuk tombol Settings & Support.
  • Lanjut ketuk tombol menu Settings and privacy. cara-mengatur-konten-sensitif-di-Twitter-2.
  • Ketuk tombol menu Privacy and safety.cara-mengatur-konten-sensitif-di-Twitter-3
  • Ketuk tombol menu Content you see.cara-mengatur-konten-sensitif-di-Twitter-4.
  • Geser tombol bulat ke kiri untuk mematikan fitur ‘Display media that may contain sensitive content’ atau sebaliknya.cara-mengatur-konten-sensitif-di-Twitter-5.
  • Kemudian ketuk tombol Search Settings.cara-mengatur-konten-sensitif-di-Twitter-6.
  • Geser tombol ke kanan untuk menyembunyikan konten sensitif dan geser tombol ke kanan untuk melakukan blokir. cara-mengatur-konten-sensitif-di-Twitter-7.
  • Di halaman Settings, kamu bisa mengetuk tombol menu Notification dan ketuk tombol Filters untuk menyaring konten yang dapati ditemukan. cara-mengatur-konten-sensitif-di-Twitter-8
  • Lalu centang Quality filter.  cara-mengatur-konten-sensitif-di-Twitter-9

Dengan menggeser tombol ke kiri pada fitur ‘Display media that may contain sensitive content’ maka kamu tidak akan menerima lagi peringatan pada sebuah cuitan yang mengandung konten sensitif. Sebaliknya jika kamu menggeser tombol tersebut ke kanan dan berwarna biru, maka kamu akan mendapatkan peringatan ketika membuka cuitan berisi konten sensitif.

Selain bisa mengatur konten sensitif di Twitter, kamu juga bisa mengelola konten sensitif untuk cuitan yang kamu buat jika memang ingin mengunggah konten sensitif. Caranya sama kamu harus masuk ke menu Settings & Support lalu ke menu Setting and privacy dan Privacy and safety untuk menemukan tombol Your Tweets.

Selanjutnya kamu geser tombol ke kanan sampai berwarna biru untuk mengaktifkan fitur ‘Mark media you Tweet as containing material that may be sensitive’. Dengan begitu pengikut atau pengguna lain yang melihat cuitan kamu akan menerima notifikasi berisi bahwa mungkin unggahan mengandung konten berpotensi sensitif.

Pengguna yang melihat juga harus mengonfirmasi apakah akan tetap terus melihat konten tersebut atau tidak. Kamu juga perlu berhati-hati membuka konten sensitif di Twitter termasuk yang terenkripsi.

Tinggalkan Komentar