Aplikasi Berita

Layanan Berlangganan Twitter Blue Punya Harga dan Keuntungan Baru

Twitter-Blue-logo

Gadgetren – Setelah dihentikan sementara gara-gara akun palsu yang beredar, akhirnya Elon Musk selaku CEO dari Twitter memutuskan untuk kembali menghadirkan ulang Twitter Blue pada tanggal 12 September 2022.

Informasi ini juga disampaikan melalui cuitan akun Twitter resmi. Sebelumnya meskipun sempat telah dirilis bulan lalu dan sudah ada beberapa pengguna yang berlangganan, Twitter terpaksa harus menghentikan Twitter Blue karena banyak akun palsu yang memanfaatkan centang biru.

Oleh karena itu, pihak Twitter memberlakukan adanya verifikasi nomor handphone saat pengguna mengajukan langganan Twitter Blue untuk melawan peniruan agar akun-akun bercentang biru yang asli tidak dirugikan. Setelah nomor yang diajukan diverifikasi maka pengguna yang berlangganan Twitter Blue baru bisa mendapatkan centang biru.

Sebelum lebih jauh mengetahui harga langganannya, Twitter Blue merupakan penawaran premium yang dikeluarkan Elon Musk di mana memiliki berbagai macam keuntungan lebih yang bisa didapat oleh pengguna dibandingkan akun biasa.

Dalam utasnya, Twitter menyebutkan harga untuk berlanggan Twitter Blue menariknya sedikit berbeda untuk masing-masing sistem operasi yang mana perangkat iOS dibanderol dengan harga 11 USD per bulan atau setara Rp171 ribuan. Lebih mahal ketimbang pada perangkat Android yang dihargai 8 USD per bulan atau sekitar Rp125 ribuan.

Twitter-Blue-Subscribe.

Pihak Twitter sendiri belum menjelaskan secara langsung mengapa tarif berlangganan Twitter Blue antar sistem operasi berbeda dan tidak disamaratakan sehingga menimbulkan banyak pertanyaan di jagat maya. Namun harga iOS yang lebih mahal diperkirakan akibat kebijakan App Store yang mengenakan potongan 30 persen untuk setiap transaksi aplikasi yang ada di layanannya.

Dengan begitu pihak Twitter perlu menyiasati hal tersebut. Terlepas dari perbedaan harganya, Twitter Blue membawa beberapa keuntungan buat pengguna mulai akan mendapatkan fasilitas untuk edit Tweet, bisa mengunggah video 1080p, bisa menggunakan mode baca, dan mendapatkan verifikasi akun tanda centang biru.

Selain centang biru, Twitter Blue akan memberikan tanda akun centang khusus untuk akun tertentu seperti tanda centang emas untuk akun bisnis serta tanda centang abu-abu untuk akun pemerintah dan multilateral. Di samping itu, pengguna Twitter Blue yang mengubah nama tampilan dan foto profil mereka juga akan kehilangan tanda centang biru untuk sementara waktu sampai akun mereka melakukan verifikasi kembali dengan nomor handphone.

Ke depannya Twitter Blue pun bakal akan menghadirkan fitur-fitur baru lainnya seperti unggah video yang lebih panjang, iklan lebih sedikit, mendapatkan prioritas utama pada fitur search, mentions, dan replies, hingga fitur lainnya.

Tinggalkan Komentar