Operator Seluler

Kenapa Sinyal di Jaringan Smartfren Bisa Tiba-tiba Menghilang?

Kenapa Sinyal Jaringan Smartfren Tiba-Tiba Hilang - Header

Gadgetren – Dengan berbagai macam paket yang ditawarkannya, operator Smartfren telah menjadi pilihan banyak orang dalam memenuhi kebutuhan mulai dari internet, telepon, hingga SMS.

Operator yang dulunya terkenal dengan jaringan CDMA tersebut apalagi juga mempunyai sejumlah dukungan teknologi mutakhir. Mereka misalnya sudah menawarkan eSIM untuk mendukung model iPhone generasi baru.

Sama seperti operator seluler secara umum, Smartfren sayangnya juga tidak luput dari berbagai macam gangguan atau masalah yang bisa mempengaruhi pengalaman pemakaian para pelanggannya.

Yang paling anyar, banyak pelanggan setia operator tersebut beberapa waktu lalu mengeluhkan sinyal di jaringannya tiba-tiba menghilang. Jadi handphone yang mereka miliki tidak bisa digunakan sebagaimana mestinya.

Kenapa sinyal di jaringan Smartfren bisa tiba-tiba menghilang? Ada banyak alasan yang bisa menyebabkan hal itu terjadi. Kamu yang sedang mengalami masalah ini dapat menyimak beberapa di antaranya pada penjelasan berikut.

Kenapa Sinyal di Jaringan Smartfren Tiba-tiba Menghilang?

Pemeliharaan

Salah satu faktor yang bisa menyebabkan sinyal di jaringan Smartfren tiba-tiba menghilang adalah pemeliharaan sistem. Biasanya akan dilakukan untuk memperbaiki atau meningkatkan layanan supaya senantiasa beroperasi dengan baik layaknya berbagai layanan yang harus bekerja secara terus menerus.

Meskipun hasilnya bisa bermanfaat bagi kita, proses pemeliharaan sistem kadang kala sayangnya akan mempengaruhi sejumlah hal. Termasuk di antaranya sinyal di berbagai macam wilayah bisa tiba-tiba hilang yang tentunya terkadang membingungkan.

Hanya saja proses pemeliharaan sistem bisa berbeda-beda untuk setiap wilayah karena dapat digelar secara bertahap maupun serentak di seluruh Indonesia. Kabar baiknya, Smartfren tak jarang akan mengumumkannya lewat akun sosial media mereka sehingga kamu dapat langsung memastikan apakah sedang ada pemeliharaan atau tidak.

Jaringan Tidak Tersedia

Selain pemeliharaan, sinyal yang tiba-tiba hilang bisa diakibatkan juga oleh masalah ketersediaan jaringan. Seperti apa yang kita tahu, hingga sekarang pun masih banyak wilayah di Indonesia yang belum bisa dijangkau oleh operator termasuk Smartfren.

Hilangnya sinyal karena masalah ketersediaan jaringan umumnya akan terjadi saat kita sedang bepergian ke suatu wilayah tertentu yang cukup jauh dari pusat aktivitas. Misalnya ke desa yang jauh dari kota besar atau daerah pegunungan. Sayangnya untuk masalah yang satu ini tidak banyak yang bisa kamu lakukan karena memang keterbatasan dari jangkauan sinyal itu sendiri.

Perubahan Kondisi Cuaca

Perubahan cuaca seperti hujan atau badai juga bisa mengakibatkan gangguan dalam jaringan Smartfren. Bahkan dalam kondisi terburuknya, sinyal milik operator seluler tersebut pun bisa langsung menghilang.

Selain bisa mengganggu gelombang pemancaran sinyal, cuaca buruk soalnya juga bisa membuat perangkat milik operator rusak. Tak jarang juga memaksa mereka menghentikan sementara layanan telekomunikasinya. Biasanya satu menara tidak akan bekerja maksimal sehingga kamu harus mengambil sinyal dari menara lebih jauh yang mana tentunya mempengaruhi kualitas sinyal.

Diblokir

Pemblokiran juga menjadi salah satu hal yang sering terjadi saat kita memakai nomor telepon seluler. Alasannya bisa bermacam-macam mulai dari masa tenggang sudah habis hingga melanggar ketentuan penyedia layanan.

Termasuk juga masalah handphone ilegal dalam hal ini. Operator Smartfren juga sedang bekerja sama dengan pemerintah untuk memblokir berbagai macam IMEI yang tidak terdaftar untuk meminimalisasi persebarannya. Efeknya perangkat tidak akan bisa mendapatkan sinyal dari Smartfren dikarenakan permasalahan IMEI.

Handphone Atau Kartu SIM Rusak

Yang terakhir, sinyal di handphone yang tiba-tiba menghilang juga bisa disebabkan karena perangkat memang sudah rusak. Komponen seperti antena, slot kartu, hingga modem juga bisa dimakan usia sebagaimana peranti elektronik lainnya. Cukup sulit untuk mendiagnosa komponen mana yang mengalami kerusakan.

Namun kita bisa mencoba memastikan hal ini dengan memindahkan kartu SIM Smartfren ke handphone lain. Apabila masih muncul sinyal maka kemungkinan perangkat sebelumnya memang rusak. Jadi kamu pun perlu membawanya ke pusat servis untuk melakukan pengecekan lebih lanjut.

Apabila sinyal masih belum muncul, masalah bisa disebabkan beberapa faktor sebelumnya. Namun tidak menutup kemungkinan juga dapat terjadi karena ada kerusakan pada kartu SIM yang digunakan sehingga kita perlu menukarkannya ke Galeri Smartfren untuk mendapatkan kartu SIM yang baru.

Tinggalkan Komentar