Berita

Smartfren Rilis eSIM Pertama di Indonesia. Apa Keunggulannya?

Smartfren eSIM Feature

Gadgetren – Baru-baru ini Smartfren mengumumkan bahwa telah meluncurkan teknologi eSIM pertama di Indonesia.

Meskipun baru pertama kali di Indonesia, namun sebenarnya eSIM ini sudah dirilis di luar negeri sejak tahun 2016 silam pada peramgkat Samsung Gear S2 3G. Sementara itu, teknologi eSIM ini mulai terkenal ketika digunakan oleh Apple Watch 3.

Sekilas, eSIM atau embedded SIM merupakan SIM yang tertanam di perangkat mobile, seperti smartphone, tablet, maupun smartwatch, dengan kemampuannya seperti kartu SIM untuk mendukung jaringan seluler.

eSIM yang ditanamkan pun berukuran kecil sehingga membuat perangkat mobile tetap memiliki bodi yang ramping. Dengan hadirnya eSIM ini, pengguna perangkat mobile dapat berganti-ganti jaringan operator tanpa perlu menggunakan kartu SIM fisik selama operator tersebut menghadirkan dukungan teknologi eSIM juga.

Sementara itu, eSIM yang diluncurkan oleh Smartfren ini telah mengizinkan penggunanya untuk dapat menggunakan layanan 4G LTE Smartfren tanpa perlu menggunakan kartu SIM yang berbentuk fisik.

Pihak Smartfren mengklaim bahwa hal tersebut menambah fleksibilitas bagi penggunanya untuk mengatur sendiri prefensi data, suara, dan SMS serta menikmati paket data dari Smartfren lainnya.

Untuk bisa menggunakan eSIM ini, pertama-tama Gadgeter harus mendapatkan eSIM QR Code yang bisa didapatkan di galeri Smartfren. Setelah QR Code didapatkan maka Gadgeter harus memindainya dengan memastikan perangkat mobile yang mendukung eSIM terhubung di internet.

Setelah pemindaian QR Code berhasil maka profil pengguna SIM secara otomatis akan terpasang di perangkat miliknya. Selanjutnya, Gadgeter hanya tinggal menggunakan jaringan 4G-LTE milik Smartfren untuk berinternet ria atau berkomunikasi.

Menurut pihak Smartfren, smartphone yang bisa menggunakan teknologi ini harus sudah mendukung eSIM terlebih dahulu. Kebetulan iPhone XR yang dijual resmi di Indonesia sudah mendukung dua slot SIM dengan kombinasi eSIM dan kartu nano SIM.

Dengan kata lain, smartphone resmi yang mendukung eSIM di Indonesia ini masih sangat terbatas. Bagi Gadgeter yang ingin mendapatkan eSIM dari Smartfren maka dapat mengunjungi:

  • Galeri Sabang Jakarta
  • Galeri Mall Ambassador Jakarta
  • Galeri Smartfren BEC Bandung
  • Galeri A Yani Semarang
  • Galeri WTC Surabaya
  • Galeri Pula Kawe Bali
  • Galeri Urip Sumoharjo Makassar
  • Galeri Adam Malik Medan

Pihak Smartfren berharap teknologi eSIM akan menjadi gamechanger dalam telekomunikasi karena menawarkan tingkat fleksibiltitas baru bagi konsumen dan operator. Dengan hadirnya eSIM ini memungkinkan pengguna smartphone tidak perlu membeli kartu SIM untuk mendapatkan jaringan seluler.

Tinggalkan Komentar