ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

Ini Bedanya Redmi 13C dan POCO M5, Sama-sama Terjangkau

Redmi 13 Vs POCO M5 - Header

Gadgetren – Redmi 13C resmi diluncurkan dengan banderol mulai dari Rp1.499.000. Perangkat ini turut menyasar pasar yang setara POCO M5 di mana kini tersedia lebih murah dengan harga Rp1.299.000.

Kita yang ingin meminang sebuah ponsel baru dengan kisaran dana Rp1,5 juta makanya bisa dibuat sedikit kebingungan. Redmi 13C dan POCO M5 sama-sama layak dipertimbangkan karena membawa spesifikasi dan dukungan mumpuni di kelasnya.

Spesifikasi yang dibawa oleh kedua perangkat entri buatan Xiaomi ini untungnya lumayan jauh berbeda. Masing-masing mempunyai keunggulan sendiri yang mana bisa dipilih berdasarkan perbedaan kebutuhan atau preferensi setiap orang.

Perbedaan Redmi 13C Vs POCO M5

Salah satu perbedaan dari kedua perangkat ini terletak pada bagian dapur pacu. POCO M5 yang dibanderol dengan harga lebih murah menggunakan MediaTek Helio G99 sementara Redmi 13C masih mengandalkan MediaTek Helio G85.

Secara teknis, Helio G99 mempunyai kemampuan lebih mumpuni ketimbang Helio G85 karena membawa basis inti, pemroses grafis, hingga dukungan yang lebih mutakhir. Bahkan umumnya masih digunakan untuk menyasar pasar Rp2 jutaan ke atas.

Hanya saja kemampuan sebenarnya dari kedua perangkat ini bisa saja berbeda dengan teorinya. Xiaomi soalnya membenamkan konfigurasi memori yang terbalik di mana Redmi 13C menggunakan RAM dan penyimpanan lebih besar ketimbang POCO M5.

Misalnya untuk konfigurasi RAM, Redmi 13C meluncur dengan LPDDR4x yang dapat dipilih antara 6GB atau 8GB. Sementara di sisi lain perangkat POCO M5 dengan jenis memori yang serupa hanya menyediakan pilihan 4GB saja.

Untuk media internalnya, Redmi 13C pun mempunyai ruang penyimpanan yang lebih besar. Perangkat kelas entri ini tersedia dalam pilihan kapasitas sebesar 128GB dan 256GB ketika POCO M5 hanya menawarkan opsi 64GB dan 128GB.

Meskipun mempunyai kapasitas lebih kecil, media penyimpanan yang dibawa oleh POCO M5 sebenarnya lebih menggoda jika kita tahu. Perangkat ini sudah menggunakan UFS 2.2 yang secara teknis lebih cepat ketimbang eMMC 5.1 milik Redmi 13C.

Di luar konfigurasi mesin utama, kedua ponsel entri ini juga dikembangkan dengan dukungan layar yang berlainan. Panel layar yang digunakan oleh Redmi 13C dan POCO M5 mempunyai ukuran, resolusi, maupun tingkat kecerahan lumayan berbeda satu sama lain.

Redmi 13C dalam hal ini secara khusus menggunakan layar yang membentang hingga 6,74 inci dengan resolusi HD+ (1600 x 720 piksel). Sementara POCO M5 hanya seluas 6,58 inci tetapi mendukung tayangan gambar sampai Full HD+ (2408 × 1080 piksel).

Selain mempunyai ukuran yang lebih luas, layar Redmi 13C menariknya juga mempunyai tingkat kecerahan yang lebih tinggi. Panel yang digunakannya mendukung sampai angka 600nits saat panel milik POCO M5 hanya mampu menangani hingga 500nits.

Perbedaan dari kedua perangkat ini juga terletak pada bagian kameranya. Meskipun sama-sama mengandalkan lensa utama beresolusi 50MP, POCO M5 membawa dukungan lebih lengkap dengan hadirnya sensor kedalaman 2MP saat Redmi 13C menggantinya dengan kamera bantu yang disebut Auxiliary lens.

Sebagai ganti, Redmi 13C untungnya menggunakan kamera depan yang lebih baik. Xiaomi membenamkan lensa beresolusi 8MP di perangkat ini yang mana bisa menghasilkan gambar dengan ukuran lebih tinggi ketimbang lensa 5MP milik POCO M5.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar