ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Handphone

Cara Aktifkan Fitur Pop Up di Handphone vivo Biar Lebih Praktis

Cara Aktifkan Fitur Pop Up di Handphone vivo - Header

Gadgetren – Notifikasi berbentuk pop up (jendela mengambang) memang bisa sangat membantu karena memungkinkan kita mengintip secara sekilas isi pemberitahuan yang muncul pada sebuah handphone.

Dengan begitu, kita bisa langsung membaca pesan maupun mengerti maksud pemberitahuan tanpa perlu membuka panel notifikasi. Kita bahkan bisa memberi tindakan praktis seperti membalas, menyalin teks, hingga mematikan atau menghidupkan fitur.

Sistem operasi Android untungnya sudah mendukung fitur yang dapat memungkinkan hal tersebut secara mendasar sejak versi 8 atau Oreo. Beberapa perusahaan pun memanfaatkan hal itu sebagai salah satu dukungan ke dalam handphone-handphone buatannya.

Perusahaan vivo termasuk salah satu di antaranya. Mereka masih menyematkan fitur notifikasi berbentuk pop up tersebut ke dalam handphone-handphone miliknya lewat antarmuka sistem bernama Funtouch OS.

Kamu yang membutuhkan fitur notifikasi berbentuk pop up tersebut pun hanya perlu mengaktifkannya lewat pengaturan. Kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut jika belum bisa.

Cara Mengaktifkan Pop Up Notifikasi di Handphone vivo

  • Buka halaman Settings
  • Masuk bagian Status bar and notification
  • Klik menu Manage notification jika diperlukan
  • Pilih aplikasi yang ingin notifikasi pop up-nya diaktifkan
  • Ketuk Floating notification
  • Aktifkan pengaturannya

Selain pengaturan tersebut, kita juga harus memastikan juga setelan Floating Windows untuk aplikasi terkait. Jika masih dalam kondisi dinonaktifkan, maka notifikasi pop up tidak akan ditampilkan. Untuk itu kamu perlu mengaktifkannya terlebih dahulu sebelum bisa menggunakannya.

Cara Mengaktifkan Pop Up Jendela Layang di Handphone vivo

  • Masuk ke halaman Settings
  • Cari dan pilih More settings
  • Klik menu Permission management atau Applications
  • Ketuk opsi Floating window
  • Aktifkan tombol pengaturan untuk aplikasi yang diinginkan

Apabila kedua setelan di atas sudah diaktifkan, maka selanjutnya kita harus memastikan pengaturan di dalam aplikasi terkait. Beberapa layanan soalnya mempunyai pengaturan khusus untuk notifikasi pop up yang perlu disetel supaya bisa digunakan.

Perlu diingat bahwa setiap versi Funtouch OS kemungkinan mempunyai antarmuka tampilan yang bisa berbeda satu dengan lainnya. Jika diperlukan karenanya kita harus menyesuaikan beberapa langkah di atas.

Untuk Funtouch OS versi 3 ke bawah, kita misalnya hanya bisa mengaktifkan maupun menonaktifkan fitur Floating Windows di aplikasi i Manager. Pengaturannya bisa ditemukan pada menu App manager > Floating window management.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar