Umum

Apa Itu Pop Up Dan Apa Gunanya?

Popup Itu Apa - Header

Gadgetren – Pada beberapa artikel tips dan trik, kami kadang menggunakan istilah pop up untuk menggambarkan menu pilihan yang baru muncul. Lalu, apakah kamu sudah tahu apa itu sebenarnya pop up?

Dalam mengakses beberapa hal di komputer, web atau smartphone, kita kadang akan menjumpai jendela kecil yang muncul saat kita memilih opsi tertentu, yang melayang di halaman. Jendela itulah yang disebut dengan pop up.

Supaya tidak membingungkan, kami ambil contoh misalnya pada saat mengakses halaman situs tertentu seperti laman berita, maka akan muncul jendela iklan tertentu yang harus kita tutup untuk dapat mengakses berita secara menyeluruh.

Atau contoh lainnya, saat menggunakan aplikasi WhatsApp di smartphone, beberapa pengguna pasti akan mendapati jendela kecil yang muncul saat ada chat baru masuk, berisi isi chat dan kolom untuk membalasnya.

Apa Itu Pop Up?

Secara teknis, pop up adalah area tampilan antarmuka pengguna grafis (GUI), yang biasanya berupa jendela kecil, yang akan muncul secara tiba-tiba di latar depan antarmuka visual saat kita melakukan sesuatu, seperti memilih tombol atau masuk ke halaman tertentu.

GUI sendiri merupakan bentuk antarmuka pengguna yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan perangkat elektronik melalui ikon grafis dan indikator visual seperti notasi sekunder.

Kegunaan Pop Up

Popup Itu Apa - Pop Up Menu

Antarmuka jendela pop up ini memiliki beberapa kegunaan. Di bidang komputasi saja, jendela ini bisa digunakan untuk melakukan banyak hal termasuk di antaranya adalah sebagai berikut ini.

Pop Up Menu

Saat melakukan klik kanan di Windows pada halaman utama, kita akan mendapati beberapa opsi dalam sebuah jendela kecil, seperti opsi Refresh, View, New, Display Settings, dan Personalize.

Jendela inilah yang disebut dengan pop up menu, yakni sebuah pop up yang berisi dengan elemen-elemen menu yang berfungsi untuk membuat pengguna dapat berinteraksi dengan perangkat.

Pop Up Dialog Box

Berbeda dengan pop up menu, dialog box ini memiliki fungsi untuk memberikan peringatan atau konfirmasi kepada pengguna, seperti misalnya saat pengguna melakukan kesalahan atau mendapatkan larangan.

Sebagai contohnya, saat kamu menutup aplikasi Microsoft Word misalnya, kamu pasti akan menjumpai jendela kecil yang muncul berisi konfirmasi untuk menyimpan file, membatalkan aksi, atau melanjutkan tanpa menyimpannya.

Iklan Pop Up

Seperti dicontohkan pada awal pembahasan kita, kita juga bisa menggunakan pop up untuk membuat promosi tertentu. Contoh seperti iklan yang ada pada halaman surat kabar online yang harus ditutup dulu agar kita bisa mengakses isi beritanya.

Pop Up Graphics

Selain itu, istilah pop up biasanya juga  digunakan pada video game, dengan sebutan Pop Up Graphics. Istilah ini diasosiasikan pada sebuah fenomena yang terkait dengan jarak penarikan terbatas dalam video game 3D.

Tinggalkan Komentar