Smartphone

Perbedaan Nokia C31 dan Nokia C21 Plus – Saudara yang Lumayan Mirip

Nokia C31 Vs Nokia C21 Plus - Header

Gadgetren – Nokia baru saja meluncurkan dua buah handphone anyar. Bernama Nokia C31 dan Nokia C21 Plus, keduanya sama-sama diperkenalkan sebagai perangkat entri yang dijual dengan label Rp1 jutaan.

Jika dilihat secara sekilas, Nokia C31 dan Nokia C21 Plus memang terlihat cukup mirip. Walaupun dalam hal ini, ada beberapa perbedaan yang lumayan menonjol selaras dengan selisih harga dari kedua handphone tersebut.

Nokia C31 yang dibanderol lebih mahal hadir sebagai model lebih tinggi dengan spesifikasi lebih baik. Sementara Nokia C21 Plus tampak seperti versi ringannya untuk mengakomodasi kita yang mempunyai dana lebih terbatas.

Perbandingan Nokia C31 Vs Nokia C21 Plus

Kedua handphone tersebut sama-sama mengandalkan chipset Unisoc SC9863A (28nm) hingga 1,6GHz. Meskipun begitu, kemampuannya kemungkinan akan berbeda karena Nokia C31 mengusung dukungan memori lebih besar.

Nokia C31 melengkapi chipsetnya dengan RAM berkapasitas 4GB dan media penyimpanan internal sebesar 64GB. Sementara Nokia C21 Plus dengan urutan yang sama hanya memuat konfigurasi memori 3GB dan 32GB.

Di samping itu, sistem operasi yang digunakan oleh kedua handphone tersebut juga cukup berlainan. Nokia C31 sudah memakai Android 12 sementara Nokia C21 Plus hanya mengandalkan Android 11 Go Edition sesuai dengan spesifikasinya.

Nokia C21 Plus

Nokia C21 Plus

Bagi kamu yang belum tahu, Android Go Edition adalah sistem operasi Android versi ringan. Google merancangnya agar dapat bekerja secara lancar pada perangkat-perangkat yang mempunyai spesifikasi rendah dengan memangkas beberapa dukungannya.

Tak hanya pada aspek kinerja, perbedaan kemampuan antara keduanya juga tampak pada dukungan kamera yang digunakan. Nokia C31 dalam hal ini mempunyai lensa yang lebih lengkap dengan tambahan sensor makro beresolusi 2MP.

Yang cukup menarik, Nokia C21 Plus mengganti kehadiran sensor makro ini dengan sebuah lampu flash untuk kamera depan. Membuatnya mempunyai dukungan lebih lengkap daripada Nokia C31 yang hanya mempunyai satu di bagian belakang.

Nokia C31

Nokia C31

Pengalaman pemakaian dari kedua handphone tersebut juga bisa semakin terasa berbeda karena baterainya. Nokia C31 soalnya mempunyai kapasitas sebesar 5.050mAh di mana sedikit lebih besar daripada Nokia C21 Plus yang hanya 4.000mAh.

Ditambah lagi, Nokia C31 juga sudah mengusung sertifikasi perlindungan IP52. Jadi handphone tersebut secara teknis bakalan mempunyai ketahanan yang lebih baik terhadap cipratan air walaupun saya tidak menyarankan dibawa untuk berenang.

Tinggalkan Komentar