Menjajal Fitur Foto Extra HD dan Text Scanner di OPPO A77s

OPPO A77s - Diagonal Cam

Sektor fotografi merupakan salah satu yang diunggulkan pada OPPO A77s. Hal ini terlihat dari dukungan dua kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 50 MP (aperture f/1.8) dan kamera mono 2 MP (aperture f/2.4).

Selain itu, OPPO juga telah menghadirkan beberapa fitur menarik pada aplikasi kamera bawaannya seperti Extra HD dan Text Scanner. Extra HD merupakan fitur yang memungkinkan kamera OPPO A77s dapat menghasilkan foto dengan resolusi tinggi yang mencapai 108 MP atau biasa disebut Ultra Clear 108 MP.

Sebelumnya Extra HD sendiri untuk pertama kalinya diperkenalkan pada handphone OPPO Reno3. Namun seiring berjalannya waktu, fitur yang satu ini pun semakin berkembang kemampuannya dan disematkan pada handphone OPPO A Series juga, termasuk OPPO A77s.

Meskipun OPPO A77s hanya memiliki kamera utama 50 MP, namun OPPO A77 telah menghadirkan teknologi Image Stitching untuk bisa menghasilkan foto beresolusi 108 MP dimana nantinya akan menggabungkan beberapa foto dari kamera belakang dan mengalibrasinya sehingga foto mempunyai kualitas bagus, warna yang kaya, dan resolusi besar.

Untuk bisa menghasilkan foto Ultra Clear 108 MP, kamu cukup mengaktifkan mode Extra HD yang terdapat pada bagian More di aplikasi bawaan kamera dari OPPO A77s.

Cara Menggunakan Fitur Extra HD di OPPO A77s

  • Akses aplikasi kamera bawaan di OPPO A77s
    OPPO A77s - Extra HD - 1
  • Geser menu ke kanan hingga menemukan More
  • Pilih opsi Extra HD
    OPPO A77s - Extra HD - 3
  • Klik tombol Shutter Virtual berikon lingkaran putih
    OPPO A77s - Extra HD - 3
  • Selanjutnya, kamu dapat melihat hasil foto Ultra Clear 108 MP yang tersimpan di OPPO A77s melalui aplikasi Photos atau File Manager

Sebagai bahan perbandingan detailnya, foto beresolusi 50 MP pun turut diambil dengan menggunakan kamera utama OPPO A77s. Pada saat dilihat pada layar handphone, perbedaan dari foto 50 MP dan 108 MP memang tidak terlihat terlalu jelas.

Perlu dilakukan proses pemotongan atau crop bagian tertentu dari masing-masing foto lalu hasil dari foto 50 MP dan 108 MP disandingkan secara sejajar.

OPPO A77s - 50 MP

50 MP

OPPO A77s - 108 MP

108 MP

OPPO A77s - 50 MP Crop

50 MP – Crop

OPPO A77s - 108 MP Crop

108 MP – Crop

Terlihat bahwa foto 108 MP memiliki ketajaman detail yang lebih tinggi dibandingkan dengan 50 MP. Meskipun begitu, kedua foto di atas sama-sama memiliki kualitas yang bagus sehingga kamu bisa menggunakannya sesuai dengan kebutuhan.

Dengan begitu, kamu bisa memanfaatkan OPPO A77s untuk menghasilkan foto beresolusi besar yang dapat dicetak dalam media berukuran besar seperti Spanduk, Baliho, Billboard, dan lainnya.

Beralih ke fitur lainnya, Text Scanner dapat digunakan untuk memindai dokumen, kertas, benda, dan lainnya yang memiliki teks di dalamnya seperti kartu identitas, struk, buku, palang, dan lainnya untuk diubah menjadi digital.

Misalnya saja kamu memotret palang atau struk yang berisikan tulisan agak miring, maka bisa dipotret dan dipindai sehingga nantinya dijadikan sebuah foto dengan tulisan yang lurus sehingga terlihat bagus ketika digunakan untuk menjadi bukti laporan pembayaran maupun lainnya.

Cara Menggunakan Fitur Extra HD di OPPO A77s

  • Buka aplikasi kamera bawaan OPPO A77s
    OPPO A77s - Text Scanner - 1
  • Geser menu ke kanan dan pilih More
  • Pilih opsi Text Scanner
    OPPO A77s - Text Scanner - 2
  • Arahkan kamera ke benda yang memiliki tulisan atau huruf
  • Apabila muncul garis di bagian pinggir obyek, maka benda tersebut dapat dipindai
    OPPO A77s - Text Scanner - 3
  • Selanjutnya, foto benda tersebut
  • Hasil fotonya bisa kamu akses di aplikasi Photos bawaan OPPO A77s

Sementara pada saat kamu melihat hasil fotonya di aplikasi Photos, maka akan melihat menu Adjust yang memiliki fungsi untuk mengatur bentuk foto biar menjadi lebih proporsional dan Enhance untuk memberikan filter dengan gaya berbeda pada foto.

OPPO A77s - Adjust Text Scanner

Namun untuk membuat Text Scanner menjadi file berbentuk PDF, kamu harus menggunakan aplikasi pihak ketiga yang dapat diunduh dari Google Play Store atau bisa juga memanfaatkan situs converter foto ke PDF.

Berdasarkan penjelasan di atas, terlihat bahwa OPPO A77s telah dilengkapi dengan beragam fitur fotografi yang dapat menunjang aktivitas sehari-hari dari penggunanya. Fitur Extra HD dapat menghasilkan foto untuk dicetak dalam ukuran besar.

Sedangkan Text Scanner dapat dimanfaatkan untuk memotret dokumen, kertas, atau obyek yang di dalamnya terdapat tulisan agar menjadi lebih rapi. Jika kamu tertarik dengan OPPO A77s, maka sudah dapat membelinya dengan harga Rp3.499.000 di Indonesia melalui kanal online maupun offline.

Tinggalkan Komentar