Tips dan Trik Aplikasi

Cara Menambahkan Audio di CapCut Agar Video Enak Didengarkan

Capcut Feature Logo

Gadgetren – Audio menjadi komponen penting dalam membuat video agar tidak membosankan untuk ditonton.

Dengan menambahkan audio, penonton tidak hanya disajikan konten visual saja tapi juga bisa mendengarkan latar suara sehingga bisa terasa lebih dramatis.

Dalam sebuah pengeditan video, kita bisa memasukkan beragam jenis audio mulai dari lagu, instrumental, atau musik yang disediakan oleh platform khusus untuk menghindari klaim hak cipta.

YouTube menjadi salah satu layanan yang menekankan klaim hak cipta bila ada suatu entitas yang merasa karyanya digunakan tanpa izin. Sementara pada layanan video singkat TikTok sedikit lebih bebas dimana kamu bisa memasukkan jenis audio berupa lagu.

Selain itu juga TikTok juga turut menyediakan beragam lagu dari penyanyi populer yang terbilang lengkap dan kita tidak perlu khawatir ditegur soal klaim hak cipta. Di samping lagu, jenis audio lainnya seperti efek suara biasanya dimasukkan untuk durasi video yang sangat singkat seperti suara lucu, binatang, dan lain sebagainya.

Kamu juga bisa memasukkan rekaman suara kamu baik yang sudah direkam sebelumnya maupun direkam langsung lewat aplikasi pengediatan seperti CapCut, Kinemaster, dan masih banyak lagi.  Untuk menambahkan audio baik dari lagu, suara kamu, dari video ekstrak, dan lainnya pun sangat mudah.

Kamu bisa menggunakan aplikasi pengeditan CapCut untuk menambahkan audio seperti langkah-langkah di bawah ini.

Cara Menambahkan Audio di CapCut

  • Masuk ke aplikasi CapCut di handphone.
  • Ketuk tombol menu New project untuk menambahkan video dari galeri handphone.
  • Pilih video yang diinginkan.
  • Pada deretan fitur di bawah layar, ketuk tombol Audio dengan ikon tangga nada. cara-menambahkan-audio-di-capcut-1
  • Pilih jenis audio yang ingin ditambahkan ke dalam video tersebut berupa suara atau Sounds, effect suara atau Effects, suara yang diekstrak dari video atau Extracted, hingga rekam suara atau Record.   cara-menambahkan-audio-di-capcut-2
  • Kemudian ikuti tahapan selanjutnya ya sesuai dengan jenis audio yang kamu pilih.

Kamu bisa pilih Sounds jika kamu memilih untuk menambahkan audio di CapCut berupa lagu lalu pilih file yang sudah disimpan. Selanjutnya untuk suara Effects, kamu hanya bisa memilih jenis efek suara yang diberikan pada kategori atau tema seperti yang disukai, penampilan, tertawa, bertarung, transisi, makanan, suasana dan masih banyak lagi.

Sementara untuk merekam suara secara langsung, kamu hanya perlu mengetuk dan menahan tombol rekam dengan ikon mikrofon pada menu record. Kamu tinggal berbicara saja dan setelah sudah selesai tombol rekam yang ditahan bisa kamu lepas untuk menghentikan perekaman suara.

Tinggalkan Komentar