ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Aplikasi

Cara Membuat Cuplikan Video Klip di YouTube Agar Bisa Dibagikan ke Media Sosial

Cara Membuat Cuplikan Video Klip di YouTube Header

Gadgetren – YouTube menjadi tempat untuk orang bisa membagikan dan membuat beragam konten yang bermanfaat hingga mendapatkan uang dari konten yang dibuat.

Di dalamnya tersedia berbagai fitur untuk mengoptimalkan konten yang dibuat. Salah satunya fitur Klip yang memungkinkan kita bisa membuat cuplikan dari sebuah video atau streaming.

Kreator dan penonton pun bisa membuat Klip di akun YouTube mereka. Jika sudah masuk ke dalam akun YouTube masing-masing, fitur Klip bisa dibuat langsung dari segala video YouTube.

Video Klip yang dibuat berdurasi 5 sampai 60 detik yang bertujuan untuk memberikan gambaran singkat buat penonton untuk mengetahui ringkasan video sehingga mau menontonnya dalam versi video lengkap dengan durasi lebih panjang.

Video Klip yang dibuat juga bisa dibagikan ke media sosial, aplikasi chat, email, dan aplikasi lainnya. Dengan membagikan klip, video dapat lebih mudah untuk ditonton dan memungkinkan orang menyebarkannya kembali.

Siapa pun bisa membuat video Klip selama memiliki akun YouTube seperti langkah berikut.

Cara Membuat Cuplikan Video Klip di YouTube

  • Masuk ke akun YouTube di handphone kamu.
  • Cari video YouTube yang akan dibuatkan video Klip pada kolom pencarian. Cara-buat-klip-1
  • Ketuk video YouTube yang dipilih.
  • Di halaman pemutaran video, ketuk tombol Klip pada deretan menu. Cara-buat-klip-2
  • Atur durasi video Klip dari 5-60 detik dan tulis keterangan Klip untuk menjelaskan isi video.Cara-buat-klip-3
  • Ketuk tombol Bagikan atau Share untuk membagikan video Klip. Cara-buat-klip-4.

Selain ke aplikasi media sosial dan pesan, video Klip juga bisa disematkan dan ditempelkan pada berbagai layanan seperti email dan lainnya. YouTube juga memberikan fitur khusus bagi yang tidak ingin konten Klipnya diambil pengguna lain.

Untuk bisa mencegah orang lain membuat dan membagikan klip video di YouTube, kamu harus masuk ke studio.youtube.com dari akun YouTube yang diinginkan. Lalu tuju Setelan dan ketuk tombol menu Channel. Setelah itu ketuk tombol Setelan Lanjutan dan pada bagian Klip hapus centang Izinkan penonton mengambil klip konten saya.

Tak hanya itu, kamu juga bisa memblokir seseorang agar tidak bisa membuat klip kamu dari video atau live stream yang kamu buat dan selanjutnya bisa menambahkan mereka ke daftar Pengguna tersembunyi di channel YouTube kamu.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar