ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

Ini 6 Kelebihan dan Kekurangan OPPO A17k – Terlihat Cukup Menggoda

Kelebihan dan Kekurangan OPPO A17k - Header

Gadgetren – Peminat OPPO A17k hingga sekarang memang masih cukup banyak meskipun ponsel kelas entri tersebut sebenarnya sudah diluncurkan lumayan lama, yakni pada Bulan November 2022 kemarin.

Hal ini dikarenakan ponsel besutan OPPO tersebut memang menawarkan sejumlah kelebihan yang bahkan tidak banyak diusung oleh perangkat lain setaranya. Terutama pada aspek keandalan pemakaian yang memungkinkan kita memakainya secara lebih tenang di berbagai macam kondisi.

Hanya saja, kamu yang tertarik pada OPPO A17k ada baiknya untuk tidak terburu-buru untuk segera meminangnya. Perangkat tersebut soalnya juga mempunyai sejumlah kekurangan yang perlu diperhatikan sebagai pengganti atas kelebihan-kelebihannya.

Kelebihan OPPO A17k

1. Tahan Banting

Sebagaimana apa yang sudah saya sebutkan di bagian atas, OPPO A17k bakalan cocok bagi kita yang memerlukan perangkat dengan keandalan pemakaian tinggi. Jadi tidak mudah rusak ketika dipakai untuk melakukan berbagai macam aktivitas atau pekerjaan.

OPPO A17k soalnya dilengkapi dengan fitur tahan percikan air yang sudah tersertifikasi oleh IPX4. Untuk sebuah ponsel yang dipasarkan di rentang harga Rp1 juta, ini cukup menarik walaupun memang hanya sebatas proteksi cipratan dari berbagai sisi alih-alih mendukung untuk berenang.

Belum lagi, OPPO A17k memang dibuat dengan proses pengujian yang ketat sebelum diluncurkan ke pasaran. Perangkat tersebut setidaknya harus lolos mulai dari tes jatuh, suhu dan kelembapan tinggi, hingga copot-pasang soket USB.

Bagian layar dari OPPO A17k juga sudah menggunakan lapisan proteksi khusus untuk mengurangi goresan dari benda-benda tajam maupun kerusakan akibat benturan. Walaupun dalam hal ini bukan Corning Gorilla Glass melainkan Panda Glass.

2. Baterai Besar

Meluncur di kelas entri, OPPO A17k menariknya juga sudah membawa dukungan daya yang lumayan baik. Ponsel tersebut bahkan tercatat mengemas baterai berkapasitas sebesar 5.000mAh yang diklaim mampu bertahan hingga sepanjang hari.

Dengan dukungan baterai yang besar, kita pun tidak perlu khawatir saat menjalani aktivitas yang padat. Perangkat pun tidak akan mudah kehabisan daya meskipun dipakai untuk menggunakan banyak aplikasi, memutar media, atau mengakses kamera.

3. Bawa Fingerprint

Kita yang ingin mengerjakan beberapa hal seperti membuka layar ponsel secara lebih praktis juga bisa mempertimbangkan perangkat tersebut. OPPO A17k pasalnya sudah dilengkapi dengan dukungan sensor pemindai sidik jari yang memungkinkan hal itu.

Dukungan sensor pemindai sidik jari yang digunakan apalagi tak kalah keren jika dibandingkan dengan ponsel-ponsel di masa sekarang. OPPO A17k sudah meletakkannya di sisi samping bersama tombol Power sehingga bodi belakangnya bisa tampak lebih cantik.

Kekurangan OPPO A17k

1. Dapur Pacu Kurang Mumpuni

Sayangnya, kita yang ingin meminang OPPO A17k memang perlu mempertimbangkan aktivitas-aktivitas yang akan dikerjakan. Perangkat tersebut soalnya masih menggunakan chipset kelas entri MediaTek Helio G35 (12nm) berkecepatan hingga 2,3GHz.

Untuk kasual seperti berkomunikasi, berselancar di internet, berjejaring di media sosial, hingga bermain game ringan, chipset ini memang masih cukup. Hanya saja bakal keteteran apabila tugas-tugas yang perlu ditangani sangat berat.

Perangkat yang kini dibanderol dengan harga Rp1.599.000 tersebut apalagi hanya menyisakan versi RAM berkapasitas 3GB. OPPO A17k di sisi lain juga masih memakai media penyimpanan internal bertipe eMMC 5.1 yang mana bisa dikatakan masih di bawah rata-rata ponsel sekelasnya.

2. Masih Gunakan Antarmuka Kabel Data Lawas

Yang tak kalah disayangkan, perangkat entri buatan OPPO tersebut juga masih memakai soket Micro USB untuk antarmuka transfer data maupun dayanya. Padahal kebanyakan ponsel masa kini sudah mulai memakai USB Type-C.

Tidak masalah sebenarnya, tetapi soket Micro USB memang sedikit lebih sulit untuk digunakan karena tidak boleh terbalik saat ingin dipasang. Kita selain itu kemungkinan juga perlu membawa lebih banyak kabel data jika turut mengandalkan perangkat dengan antarmuka lain dalam kehidupan sehari-hari.

3. Resolusi Kamera Rendah

Dibandingkan dengan beberapa ponsel yang meluncur dengan harga lebih dari Rp1,5 juta, sektor kamera yang diusung oleh OPPO A17k terbilang biasa saja. Perangkat tersebut hanya tercatat membawa lensa utama 8MP dengan fitur AI sebagai tambahan.

Perlu dicatat bahwa beberapa perangkat yang meluncur di kelasnya sudah membawa kamera dengan resolusi lebih tinggi di mana bahkan mencapai 50MP. Sebagian di antaranya juga sudah ada yang menggunakan lensa tambahan sebagai penunjang.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar