Smartphone

Kelebihan dan Kekurangan OPPO A17k – Punya Keandalan yang Menggoda

Kelebihan dan Kekurangan OPPO A17k - Header

Gadgetren – Meluncur dengan label harga Rp1.799.000, perangkat baru OPPO A17k tentu bisa menyita perhatian sebagian orang yang sedang mencari handphone terjangkau di Tahun 2022.

Walaupun setelah melihatnya secara lebih rinci, kita bisa saja mengurungkan niat dan memilih handphone model lain. Banyak aspek dari OPPO A17k soalnya mempunyai spesifikasi di bawah rata-rata perangkat sekelasnya.

Banyak handphone model lain yang menawarkan spesifikasi lebih mumpuni baik untuk aspek kinerja, kamera, hingga fitur pendukung. Biar bisa mempertimbangkannya dengan mudah, berikut rincian mengenai kelebihan dan kekurangan OPPO A17k.

Kelebihan OPPO A17k

Bagi saya pribadi, OPPO A17k akan sangat cocok buat kita yang sedang mencari handphone baru dengan keandalan pemakaian. Perangkat tersebut pasalnya sudah mengemas sertifikasi tahan air IPX4 sebagai keunggulan utama.

Sertifikat IPX4 sendiri akan menunjukkan bahwa handphone tersebut mempunyai bodi yang tahan terhadap cipratan air. Artinya, kita tak perlu khawatir saat perlu menggunakan perangkat saat kondisi gerimis atau sedikit basah.

Namun perlu diingat bahwa saya tidak menyarankan untuk berenang atau menyelam. Kerusakan akibat cairan soalnya tidak masuk ke klaim garansi yang ditawarkan oleh OPPO untuk handphone tersebut.

OPPO A17k di sisi lain juga sudah dilengkapi dengan lapisan Panda Glass. Alternatif dari Corning Gorilla Glass ini tentu saja akan memberikan proteksi kepada layar perangkat sehingga tidak mudah tergores saat digunakan.

Secara keseluruhan, handphone ini juga melewati pengujian yang sangat ketat sebelum dipasarkan. OPPO mengklaim bahwa mereka bahkan menggunakan tes ekstrem seperti 20.000 copot-pasang USB, dijatuhkan dari ketinggian 1 meter, maupun 14 hari di suhu dan kelembaban tinggi.

Kekurangan OPPO A17k

Dengan bodi tahan banting, OPPO A17k sayangnya tidak dilengkapi dengan jeroan yang mumpuni. MediaTek Helio G35 yang dikombinasikan dengan RAM 3GB dan penyimpanan eMMC 5.1 masih di bawah rata-rata perangkat dengan banderol harga lebih dari Rp1,5 jutaan.

OPPO A17k apalagi juga hanya dipersenjatai dengan kamera utama 8MP. Padahal, beberapa perangkat lain sudah mengusung lensa beresolusi hingga 50MP di mana bahkan ada yang dilengkapi sensor kedalaman sebagai tambahan.

Antarmuka pengisian daya dan transfer data dari OPPO A17k juga masih menggunakan micro USB. Jika dibandingkan dengan USB Type-C yang sudah banyak diusung oleh perangkat sekelasnya, tentu ada beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan.

Meskipun mempunyai baterai yang berkapasitas 5.000mAh, handphone tersebut pun hanya dilengkapi dengan teknologi pengisian standar. Proses mengisi dayanya tentu membutuhkan durasi waktu yang lumayan lama.

Tinggalkan Komentar