ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Handphone

Cara Mematikan HP OPPO A17 dan A17k Bahkan Tanpa Tombol Fisik

OPPO A17 - Handson Front

Gadgetren – Secara bawaan, sistem operasi dari OPPO A17 dan A17k bernama ColorOS memungkinkan perangkat dapat dimatikan melalui tombol fisik.

Namun ada hal yang perlu kamu pertimbangkan karena tombol fisik seperti Power punya fungsi yang vital karena juga untuk menyalakan perangkat yang mana hanya bisa dilakukan melalui tombol tersebut.

Untuk menghemat penggunaan tombol fisik Power, untungnya kamu juga bisa mematikan OPPO A17 dan A17k tanpa menggunakan tombol fisik.

Namun sebelum itu, kedua ponsel OPPO ini menggunakan kombinasi tombol untuk mematikan yang mana berbeda dibandingkan generasi sebelumnya untuk memberikan kenyamanan yang lebih baik.

Kini OPPO A17 dan OPPO A17k dapat dimatikan dengan menekan tombol Power + Volume Atas secara bersamaan hingga muncul opsi Power Off dan Restart. Selanjutnya kamu tinggal tombol ke arah Power Off dan tunggu hingga ponsel mati.

Dengan begitu, kamu harus menyalakannya secara manual dengan menekan tombol Power beberapa saat dari kondisi perangkat mati untuk bisa kembali menghidupkannya.

Sementara itu jika kamu memilih menu Restart, maka ponsel akan dimatikan terlebih dahulu untuk selanjutnya dihidupkan secara otomatis sebagai salah satu solusi untuk menyegarkan kembali sistem.

Secara bawaan fungsi Power Button pada ColorOS versi terbaru akan diarahkan ke Voice Assistant karena. Bisa dibilang perubahan tersebut dilakukan supaya perangkat tidak mati secara tiba-tiba akibat tombol tidak sengaja tertekan saat disimpan di saku celana atau sejenisnya.

Tentunya kamu juga bisa membuat hanya dengan menekan tombol Power saja untuk mematikan perangkat dengan mengubah pengaturannya. Sementara untuk menyalakan kembali ponsel dari kondisi mati ke hidup selalu sama dengan menekan tombol Power selama beberapa saat hingga muncul logo OPPO.

Cara Mematikan OPPO A17 dan A17k Tanpa Tombol Fisik

Melalui Accessibility Menu

  • Buka aplikasi Settings.
  • Pilih menu System settings.
  • Pilih menu Accessibility.
  • Pilih opsi Accessibility Menu.
  • Tekan tombol toggle Shortcut (Accessibility button) ke posisi aktif atau menyala.
  • Pada menu pop-up yang muncul, tekan tombol Allow.
  • Pada menu pop-up Shortcut, pilih Accessibility button agar muncul menu melayang di layar.
  • Selanjutnya, buka menu melayang tersebut dan tekan tombol Power.
  • Pada halaman Power Off dan Restart, slide atau geser tombol virtual ke arah menu Power Off

Dengan menggunakan metode yang satu ini, kamu dapat mematikan OPPO A17 dan A17k tanpa memerlukan tombol fisik sama sekali. Namun tetap saja ketika ingin menyalakan handphone dari kondisi mati, kamu tetap perlu menggunakan tombol fisik dengan menekan tombol Power.

Selain itu, kamu juga dapat mengatur secara otomatis lewat penjadwalan mati atau menyala pada OPPO A17 dan A17k dengan memanfaatkan fitur bernama Schedule power on / off yang bisa kamu temukan pada Settings. Dengan begitu sistem akan disegarkan secara berkala tanpa perlu kamu lakukan sendiri.

Melalui Schedule Power on/off

  • Akses aplikasi Settings.
  • Pilih opsi System settings.
  • Pilih menu Schedule power on/off.
  • Tentukan jam berapa ponsel akan mati pada bagian Auto power – off.
  • Lalu tentukan juga jam berapa ponsel akan hidup pada bagian Auto power – on.
  • Selanjutnya ponsel akan mati dan menyala secara otomatis sesuai dari jam yang telah ditentukan.

Perlu dicatat bahwa waktu untuk ponsel mati dan menyala harus minimal memiliki rentang waktu 10 menit. Misalnya kamu ingin mematikan ponsel pada pukul 01.00, maka dapat menyalakannya lagi pada pukul 01.10.

Apabila kamu mengatur waktu kurang dari 10 menit, maka kamu akan mendapatkan peringatan dari sistem sehingga harus menggantinya ke rentang waktu yang sesuai. Namun jika peringatan sudah tidak ada, maka sistem penjadwalan sudah sesuai untuk bisa dipilih.

Selain seputar untuk mematikan ponsel tanpa menggunakan tombol fisik, sebenarnya ColorOS yang hadir pada OPPO A17 dan A17k menawarkan beragam fitur menarik yang dapat menunjang aktivitas sehari-hari.

Terdapat beragam fitur gesture yang memudahkan kamu untuk mengakses fungsi pada OPPO A17 dan A17k seperti ketuk dua kali untuk mengaktifkan layar, screenshot dengan tiga jari, membuat pola O dari kondisi layar istirahat untuk langsung mengakses kamera, dan masih banyak lagi. Dengan begitu dapat mengurangi ketergantungan pada tombol power maupun membuka aplikasi jadi lebih praktis.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar