Aplikasi Berita

Naik Grab? Ini 5 Fitur Keselamatannya Biar Perjalanan Makin Aman

Cara Melihat Rating Grabfood Merchant Header

Gadgetren – Beberapa layanan transportasi online kini sudah menerapkan fitur-fitur keamanan bagi pelanggannya yang menggunakan kendaraan motor dan mobil untuk mengantar mereka ke tujuan destinasi tertentu.

Salah satunya ialah layanan transportasi online Grab yang turut menyediakan fitur-fitur keselamatan di dalam aplikasinya. Hingga kini Grab sendiri sudah memiliki 20 fitur keselamatan yang sudah bisa digunakan oleh para pelanggannya di seluruh Indonesia.

Fitur-fitur keselamatan tersebut tentunya dihadirkan untuk melengkapi perjalanan pelanggannya agar mereka bisa merasa aman menggunakan layanan Grab. Hal ini dikarenakan beberapa kasus tindak kriminal pada transportasi online yang kerap terjadi seperti order fake atau pesanan palsu, pelecehan dengan mitra driver, hingga penipuan.

Dari 20 fitur keselamatan yang telah ada, Grab pun memberikan lima fitur keselamatan yang perlu dikenali pengguna untuk sewaktu-waktu bisa digunakan bila dibutuhkan.

Layanan Telepon Bebas Pulsa

Fitur layanan telepon bebas pulsa ini bisa digunakan oleh semua pelanggan Grab untuk menghubungi mitra driver maupun sebaliknya. Layanan ini menggunakan teknologi VoIP (Voice over Internet Protocol sehingga komunikasi antara penumpang dan mitra pengemudi tidak hanya tetap terjaga privasinya tapi juga bebas biaya.

Fitur Chat dengan Sensor Kata Otomatis

Saat percakapan antara mitra driver dan penumpang berlangsung mungkin bisa saja ada rentan yang menimbulkan situasi yang tidak diinginkan seperti kata-kata sensitif saat percakapan. Hal tersebut akan tidak membuat nyaman perjalanan sehingga Grab perlu memberikan fitur chat yang memiliki sensor untuk memblokir kata-kata sensitif atau tidak pantas.

Fitur ini mengandalkan teknologi machine learning dan juga melalui pemantauan manusia dari tim Quality Assurance yang secara khusus bisa melihat percakapan dan melakukan pemblokiran untuk kata-kata sensitif antara penumpang dan mitra pengemudi yang belum terdaftar pada aplikasi atau tulisan yang dimodifikasi.

Fitur-Keselamatan-Naik-Grab-1.

Bagikan Informasi Perjalanan

Jika keluarga atau kerabat terdekat ingin selalu tahu kabar kamu dan dimana kamu berada, maka ketika menggunakan layanan transportasi Grab, kita bisa menggunakan fitur Bagikan Informasi Perjalanan. Dengan memberikan informasi mengenai status perjalanan secara real time, kita bisa mengabarkan posisi terkini ke keluarga.

Informasi yang dibagikan tersebut sendiri dalam format tautan atau link untuk memantau perjalanan status perjalanan, status mitra pengemudi, hingga pelacakan untuk perjalanan yang sedang berlangsung.

Sistem Pengecekan Jika Perjalanan Tidak Sesuai

Jika dalam perjalanan kita mitra driver malah tidak sesuai atau keluar dari jalur rute biasanya dari lokasi berangkat ke tempat tujuan maka kita bisa menggunakan fitur pengecekan perjalanan yang tidak sesuai.

Fitur ini akan secara otomatis mengirimkan pesan untuk mengecek jika perjalanan yang terdeteksi berhenti tiba-tiba atau ke luar rute yang ditentukan berdasarkan pantauan sinyal GPS atau kondisi lalu lintas.

Sistem Pengingat bagi Mitra Pengemudi untuk Beristirahat

Beberapa mitra driver yang sudah beroperasi seharian tentunya akan merasa kelelahan. Jika kita kebetulan mendapatkan mitra driver yang sudah secara terus menerus mengambil penumpang, maka Grab akan memberikan pengingat kepada pengemudi untuk beristirahat.

Sistem Grab akan mendeteksi secara otomatis kepada mitra driver yang telah mengemudi melebihi waktu yang ditentukan untuk menghindari risiko kecelakaan akibat kelelahan. Sementara mitra driver akan menerima pengingat tersebut.

Fitur-Keselamatan-Naik-Grab-2

Selain lima fitur di atas, Grab juga turut menyediakan fitur lainnya seperti kontak darurat di mana penumpang bisa menghubungi nomor-nomor kontak penting untuk meminta pertolongan atau bantuan dengan cepat.

Semua aktivitas pemesanan yang berlangsung dan sudah dilakukan hingga komunikasi kita di dalam aplikasi Grab juga selalu dicatat dan terlacak oleh sistem sehingga segala hal situasi yang dihadapi dapat diketahui oleh sistem Grab sebagai bukti.

Tinggalkan Komentar