ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Aplikasi

Cara Melihat Total Transaksi di Grab Seperti yang Lagi Viral

Cara Melihat Total Transaksi di Grab  Header

Gadgetren – Media sosial sedang diramaikan oleh penggunanya yang menampilkan status berisikan riwayat total aktivitas transaksi Gojek selama setahun.

Gojek memang menghadirkan fitur untuk melihat total aktivitas transaksi GoRide, GoCar, maupun GoFood pada aplikasinya.

Hal ini pun membuat sebagian orang merasa penasaran, apakah Grab juga dapat melihat total transaksi seperti Gojek. Setelah saya melakukan penelusuran, ternyata Grab tidak memiliki fitur seperti itu di aplikasinya.

Kita diharuskan membuka terlebih dulu halaman Help di situs resmi Grab untuk mendapatkan informasi total transaksi. Selain itu juga dibatasi hanya bisa dilihat maksimal 90 hari saja sehingga transaksi yang melebihi waktu itu tidak dapat ditampilkan.

Cara Melihat Total Transaksi di Grab

  • Akses halaman Help pada situs resmi Grab melalui browser
  • Pilih menu Pembayaran
  • Pilih Meminta laporan perjalanan pada bagian Masalah Pembayaran
  • Pilih Saya ingin mengambil laporan transaksi di Grab pada bagian Meminta laporan perjalanan
  • Gulir ke bawah dan tekan tombol Login untuk membuat laporan
  • Pada halaman Login to Grab, masukkan nomor handphone akun Grab dan tekan tombol Continue
    Grab - Total Transaksi - 1
  • Masukkan 6 digit kode OTP yang dikirimkan melalui SMS
  • Pilih rentang tanggal transaksi, tipe bukti pembayaran, dan tipe transaksi
  • Tekan tombol Pilih
  • Selanjutnya informasi jumlah pemesan, jumlah dana yang digunakan, dan rincian total transaksi Grab akan ditampilkan
    Grab - Total Transaksi - 2

Sementara apabila kamu ingin mencetak semua rincian informasi total transaksi Grab, maka dapat menekan tombol Cetak. Nantinya kamu akan diarahkan ke halaman Print untuk mencetaknya menjadi kertas fisik.

Sebaiknya kamu menggunakan laptop atau komputer apabila ingin mencetak rincian total transaksi Grab tersebut supaya dapat lebih mudah memilih jenis printer atau disimpan jadi PDF. Apabila kamu mencetaknya melalui handphone, biasanya menu Print akan meminta handphone terhubung dulu ke sebuah Printer.

Sayang memang pihak Grab tidak menghadirkan fitur untuk melihat total transaksi Grab secara langsung di aplikasinya karena fitur ini akan memudahkan pengguna dalam mengaksesnya tanpa perlu repot menuju halaman Help.

Selain itu, rentang waktu untuk melihat total transaksi Grab pun harus ditingkatkan dari awalnya 90 hari menjadi 1 tahun, bahkan menarik juga apabila bisa diatur hingga jangka waktu 5 tahun.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar