Tips dan Trik Aplikasi

Apa Itu Profile Grid di Instagram? Bisa Untuk Mempercantik Akun Kamu Lho

Apa Itu Profile Grid di Instagram - Header

Gadgetren – Sebagian dari anak perusahaan Meta, Instagram memiliki banyak fitur-fitur menarik yang bisa dieksplorasi oleh penggunanya.

Di Instagram kamu tak hanya bisa mengunggah foto atau video di menu Feed saja, tetapi juga melalui Instagram Story dan Reels.

Di dalam menu tersebut, Instagram menyediakan beragam alat edit dan efek yang bisa membantu para kreator membuat konten lebih mudah. Semua unggahan tersebut juga bisa diatur dalam tampilan profil Instagram kamu yang di dalamnya termasuk Profil Grid atau kisi profil.

Melalui Profil Grid inilah foto dan video yang telah diunggah akan dipublikasikan sehingga teman atau orang lain bisa melihatnya jika profil kamu dibuat publik. Lalu apa itu sebenarnya Profil Grid yang ada di Instagram?

Apa Itu Profil Grid?

Profil Grid adalah tata letak atau kolase dari unggahan foto, Reels, dan video menjadi susunan kumpulan galeri yang ditampilkan melalui halaman profil kita di Instagram.

Profil Grid secara ringkasnya bisa disebut kisi profil yang mana mengizinkan kita mengatur semua unggahan termasuk menghapusnya maupun diarsipkan. Bahkan kamu juga bisa memilih apakah Reels ingin atau tidak ditampilkan pada Profil Grid.

Instagram Timeline

Pengaturan untuk memunculkan atau tidaknya setiap unggahan di Profil Grid bisa kita atur dengan memilih salah satu konten dan mengetuk ikon tiga titik. Sementara jika kamu tidak menampilkan konten Reels bisa dengan memilih menu remove from profil grid.

Reels yang hilang dari Profil Grid nantinya akan tetap muncul di tab menu Reels untuk dilihat. Akan tetapi bila sewaktu-waktu kita berubah pikiran dan ingin memunculkan Reels ke Profil Grid, sayangnya hal tersebut tidak bisa lagi.

Hal ini dikarenakan pihak Instagram sendiri telah menurunkan fitur Add to profil grid. Menurut pantauan saya, ada cara untuk mengembalikan Reels pada Profil Grid yang mana salah satunya dengan mengunduh aplikasi Instagram versi lawas yang masih menyediakan fitur Add to profil grid. 

Profil Grid juga mempunyai fitur lain bernama Grid Pinning atau menyematkan pin pada unggahan yang dianggap penting untuk terus diperlihatkan kepada pengikut atau pengunjung. Fitur Grid Pinning akan sangat berguna buat para kreator untuk mempromosikan produknya atau kegiatannya.

Grid Pinning bisa ditemukan pada setiap unggahan di Profil Grid dengan mengetuk ikon tiga titik dan memilih menu pin to your profil. Setelah itu konten akan muncul di bagian paling atas Profil Grid sehingga pengikut atua pengunjung kamu tidak akan sulit mencari dan melihat unggahan terbaik.

Tinggalkan Komentar