Tekno

Apakah STB IndiHome Bisa Untuk Menangkap Siaran TV Digital?

Apakah STB IndiHome Bisa Untuk TV Digital - Header

Gadgetren – Alih-alih membeli televisi baru, kita juga dapat mengintegrasikan sebuah STB (Set Top Box) ke perangkat lama sebagai alternatif jika ingin beralih dari siaran analog ke digital.

STB merupakan sebuah perangkat yang mempunyai komponen khusus untuk mengolah sinyal televisi dari suatu sumber supaya bisa ditayangkan. Namun berbeda dari televisi, biasanya tidak dilengkapi layar melainkan port khusus multimedia seperti HDMI maupun RCA.

Perangkat ini dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan dari televisi lawas, monitor, maupun Proyektor LCD. Selama ketiganya mendukung port multimedia yang ditawarkan STB, tayangan televisi yang diolah bisa ditampilkan.

Pemakaian STB juga dapat menjadi salah satu solusi yang bisa ditempuh untuk mengubah televisi analog menjadi digital. Namun tentu saja kita perlu menggunakan perangkat yang tepat supaya berhasil melakukannya.

Saat sedang mencari STB untuk mengubah TV analog menjadi digital, kita mungkin akan tergoda untuk mempertimbangkan hybrid box dari IndiHome. Hanya saja apakah perangkat tersebut bisa dipakai untuk melakukannya?

Apakah STB IndiHome Bisa Untuk Menangkap Siaran TV Digital?

Jawaban singkat dari pertanyaan ini adalah Tidak. Meskipun sama-sama STB, hybrid box yang ditawarkan oleh IndiHome merupakan jenis berbeda dengan apa yang diperlukan untuk menangkap pancaran sinyal terestrial TV digital.

Di Indonesia, siaran digital digelar menggunakan standar Digital Video Broadcast-Second Generation Terestrial (DVB-T2). Jadi kita memerlukan perangkat STB yang mendukung teknologi ini jika ingin mengubah TV analog ke digital.

Sementara hybrid box IndiHome merupakan STB dengan teknologi Digital Video Broadcast-Internet Protocol Television (DVB-IPTV). Sederhananya, kita tetap akan membutuhkan koneksi internet untuk menikmati saluran-saluran TV di dalamnya.

Meskipun sudah di-unlock sekalipun, hybrid box IndiHome tidak akan mendukung siaran TV digital Indonesia. Kecuali kita mau menambahkan perangkat khusus DVB-T2 TV stick yang notabene justru bisa membuat pengeluaran lebih tinggi ketimbang membeli STB.

Saya pribadi makanya tidak menyarankan untuk membeli hybrid box IndiHome untuk mengubah TV analog ke digital. Alih-alih perangkat tersebut, kita bisa memilih STB khusus DVB-T2 yang direkomendasikan oleh Kominfo. Apalagi kamu mungkin bisa mendapatkannya secara gratis bila memenuhi syarat yang diberlakukan Pemerintah.

Jika tetap ingin menggunakan hybrid box IndiHome maka sebaiknya juga berlangganan internet dari layanan Telkom Indonesia tersebut. Mereka soalnya mempunyai layanan TV interaktif dengan saluran yang lumayan lengkap.

Tinggalkan Komentar