Tekno

Aplikasi Cek Sinyal TV Digital Buat Kita yang Mau Lihat Kekuatan dan Jangkauannya

Aplikasi Cek Sinyal TV Digital - Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren – Rencana pemerintah untuk mematikan siaran televisi (TV) analog atau biasa disebut Analog Switch Off (ASO) sudah resmi dimulai meskipun belum merata karena masih dilakukan secara bertahap.

Kita makanya perlu mempersiapkan diri supaya nanti tetap bisa menikmati tayangan-tayangan dari saluran kesukaan kita. Salah satu di antaranya dengan membeli STB(Set Top Box) atau perangkat TV yang mendukung siaran digital.

Di Indonesia, siaran TV digital akan dilakukan dengan memanfaatkan transmisi secara terestrial atau dipancarkan melalui stasiun di permukaan bumi. Teknologi yang digunakan adalah DVB-T2 (Digital Video Broadcast-Second Generation Terestrial).

Jangan lupa menyiapkan antena juga. Meskipun tidak memerlukan model khusus atau berbeda dengan TV analog, peranti tambahan ini sangat penting karena menjadi garda pertama yang akan mencoba menangkap sinyal dari pemancar.

Untuk mengecek sinyal TV digital, kita kini bisa melakukannya dengan mudah. Kominfo mempunyai solusi berupa aplikasi sinyalTVdigital yang bisa dipakai untuk melakukan hal itu dan kita pun dapat mengunduhnya secara gratis.

Aplikasi Cek Sinyal TV Digital

Sesuai dengan namanya, sinyalTVdigital merupakan aplikasi khusus yang dirancang agar pengguna dapat mengecek jangkauan sinyal TV digital pada suatu wilayah di Indonesia. Diterbitkan oleh Bangunindo tetapi membawa label resmi dari Kominfo.

Aplikasi ini menyediakan sejumlah fitur. Tak hanya dapat dipakai untuk mengecek jangkauan TV digital melainkan juga ketersediaan saluran di suatu lokasi, kekuatan sinyal masing-masing, hingga infomasi mengenai pemancar terdekat.

Dengan menggunakan aplikasi cek sinyal ini, kita juga dapat mengetahui frekuensi dari setiap saluran TV digital yang tersedia. Jadi kita bisa memakainya untuk melakukan pencarian saat perlu mengatur secara manual.

Kita dapat mengunduh aplikasi ini melalui Google Play Store untuk Android atau Apple Apps Store untuk iOS sesuai dengan perangkat yang digunakan.

Cara Menggunakan Aplikasi Cek Sinyal TV Digital

  • Download aplikasi sinyalTVdigital sesuai perangkat
  • Buka aplikasi setelah terpasang
  • Izinkan aplikasi mengakses lokasi
  • Klik tombol Get Started jika baru pertama kali
  • Biasanya aplikasi akan langsung memindai lokasi kita
  • Jika tidak, tekan tombol Scope untuk memindai ulang
  • Tekan tombol Transmitter untuk melihat saluran yang menjangkau lokasi
  • Ketuk salah satu saluran lalu klik See Mux Detail jika ingin melihat informasi mengenai jangkauan dan kekuatan sinyal
  • Tekan tombol Gallery untuk melihat daftar saluran di wilayah tersebut

Aplikasi ini memang bisa sangat membantu. Meskipun begitu, mungkin akan bekerja kurang akurat di sejumlah wilayah karena sebenarnya tidak memindai sinyal TV digital secara langsung melainkan hanya menentukannya berdasarkan jarak lokasi dengan pemancar.

Seperti apa yang kita tahu, sinyal TV digital di Indonesia memerlukan pengolah khusus DVB-T2. Handphone secara umum belum memilikinya sehingga tidak mungkin bisa memindai siaran begitu saja kecuali menambahkan perangkat khusus.

Hasilnya, informasi mengenai jangkauan sinyal di aplikasi mungkin akan berbeda dengan pemindaian STB atau perangkat TV digital. Hal ini salah satu di antaranya bisa dipengaruhi oleh kondisi geografis sebuah wilayah.

Tinggalkan Komentar