Review Laptop / PC

Review WD_BLACK P40 Game Drive SSD – Ringkas Tapi Ngebut

Review WD_BLACK P40 Game Drive SSD header

Gadgetren – Western Digital memiliki banyak sekali solusi penyimpanan data berkecepatan tinggi untuk untuk menjamin pengalaman optimal.

Salah satu produk terbaru mereka merupakan WD_BLACK P40 Game Drive SSD yang mana ditujukan untuk kebutuhan menyimpan game secara portabel.

Dengan harga banderol mulai dari Rp1,9 jutaan untuk varian terkecilnya dengan garansi terbatas mencapai 5 tahun, kamu yang butuh penyimpanan portabel untuk koleksi game kesukaan mungkin bisa melirik WD_BLACK P40.

Review WD_BLACK P40
  • Desain - 10/10
    10/10
  • Performa - 9/10
    9/10
  • Software - 8/10
    8/10
9/10

Kesimpulan

WD_BLACK P40 sangat bisa sekali menjadi solusi untuk menyimpan game-game favorit berkat kecepatan transfer yang tinggi lewat USB-C serta bentuknya yang ringkas.

Pros

  • Desain ringkas dan kokoh
  • Sudah USB-C 3.2 Gen 2 x2
  • Kabel dan adapter USB-C tersedia
  • Lampu RGB yang keren

Cons

  • Harga relatif mahal
  • Masih bisa lebih cepat lagi

WD_BLACK P40 Game Drive SSD sesuai namanya hadir dalam balutan serba hitam dengan aksen putih yang sudah menjadi ciri khas dari lini produk ini. Desain casing luar dari SSD portabel ini mengingatkan saya pada desain koper perjalanan yang mana dibuat dengan struktur untuk ketahanan dan guncangan.

Dengan dimensi 106,9×50,8×13 mm, bodi dari WD_BLACK P40 terbilang sangat ringkas untuk sebuah penyimpanan eksternal. Tidak banyak pernak pernik yang menghiasi bodi luarnya selain tulisan WD_BLACK dan informasi produk pada bagian belakang.

WD_BLACK P40 Game Drive SSD (1)

Namun yang membedakan WD_BLACK P40 dari penyimpanan internal lainnya, terdapat lampu RGB pada pinggiran bawahnya yang dapat menyala. Pencahayaannya terbilang cukup keren dan bisa diatur melalui aplikasi Dashboard.

WD_BLACK P40 menggunakan port USB-C 3.2 Gen 2 x2 untuk mendukung transfer data berkecepatan tinggi. Sementara itu kabel USB-C to USB-C sepanjang 60cm juga sudah disediakan dalam paket penjualannya. Dengan begitu penggunaannya jadi lebih praktis karena USB-C mulai umum tersedia dan tidak perlu port daya tambahan.

Selain itu Western Digital pun menyediakan pula adaptor USB-C to USB-A sebagai tambahannya sehingga kamu tidak perlu khawatir jika ingin menghubungkan penyimpanan SSD portabel ini ke perangkat yang hanya menyediakan port USB-A.

WD_BLACK P40 Game Drive SSD (5)

Untuk varian WD_BLACK P40 yang diuji memiliki kapasitas 1TB dengan nomor model WDBAWY0010BBK. Sementara varian kapasitas lain yang disediakan meliputi 500GB dan 2TB dengan harga yang berbeda-beda tentunya.

Pihak Western Digital mengklaim bahwa WD_BLACK P40 mampu memiliki kecepatan sekuensial untuk Baca hingga 2.000MB/s dan Tulis hingga 1.950 MB/s. Oleh karena itu penyimpanan ini bahkan kompatibel untuk mengarsipkan game dari PlayStation 5 dan Xbox Series X|S.

Menariknya untuk PlayStation 4 (versi 4.50) dan Xbox One digadang dapat langsung memainkan game langsung dari WD_BLACK P40 berkat kecepatan transfer yang sangat tinggi tersebut. Dengan begitu WD_BLACK P40 dapat berfungsi tidak hanya untuk back up melainkan juga bisa untuk install game langsung jika diinginkan.

WD_BLACK P40 Dashboard

Untuk memastikan kemampuannya, WD_BLACK P40 diuji menggunakan Crystal Disk Mark 8 yang mana mendapatkan hasil 1.034,15 MB/s untuk Baca dan 955,51 MB/S untuk Tulis pada mode sekuensial. Angkat tersebut memang tidak setinggi klaim dari Western Digital yang bisa mendekati mencapai 2.000 MB/s.

Akan tetapi keterbatasan tersebut mungkin dikarenakan beberapa faktor lain. Dalam pengujian ini, WD_BLACK P40 terhubung melalui antarmuka USB-C 3.2 Gen 2 ke motherboard MSI MPG B550 Gaming Edge. Angka tersebut pun sebenarnya masih tergolong cepat dibandingkan SSD SATA yang rata-rata masih di kisaran 500 MB/s.

WD_BLACK P40 Crystal Disk Mark

Kemudian selanjutnya WD_BLACK P40 diuji untuk menyalin data berupa back up game Grand Theft Auto 5 dari Steam sebesar 85GB. Hasilnya penyimpanan berukuran mungil ini hanya membutuhkan waktu 4 menit saja untuk menyelesaikannya dengan kecepatan rata-rata sekitar 370 MB/S.

WD_BLACK P40 Copy Data

Sementara itu ketika diuji memindahkan data berukuran 8GB ke WD_BLACK P40 hanya membutuhkan waktu 20 detik saja dengan kecepatan rata-rata 390 MB/S. Pastinya angka tersebut memperlihatkan WD_BLACK P40 berhasil memanfaatkan secara maksimal kemampuan transfer dari perangkat sumber.

WD_BLACK P40 Transfer Data

Untuk suhunya sendiri menurut informasi yang terlihat dari Dashboard cukup stabil di 44°C ketika tengah melakukan transfer dalam waktu lama. Berbicara soal Dashboard, segala informasi tentang WD_BLACK P40 dapat diakses melalui aplikasi khusus buatan Western Digital tersebut.

WD_BLACK P40 RGB Setting

Di dalamnya selain bisa melihat penggunaan kapasitas hingga kesehatan, Dashboard juga menyediakan pengaturan lampu RGB. Secara bawaan tersedia beberapa profil pencahayaan seperti Breathing, Rainbow, Strobing, dan lainnya yang dapat dipilih sesuai keinginan.

Selain itu WD_BLACK P40 juga mendukung pencahayaan pihak ketiga seperti Razer Chroma RGB, ASUS Aura Sync, Mystic Light SYNC, dan GIGABYTE RGB Fusion 2.0 agar dapat tersinkronisasi dengan pencahayaan perangkat lain.

WD_BLACK P40 Game Drive SSD (2)

Secara keseluruhan WD_BLACK P40 sangat bisa sekali menjadi solusi untuk menyimpan game-game favorit agar mudah untuk dibawa ke mana saja dan dihubungkan ke berbagai jenis perangkat sehingga tidak perlu membutuh waktu install yang lama.

Bentuknya yang ringkas dengan kemampuan transfer berkecepatan tinggi tentunya menjadi daya tarik dari WD_BLACK P40. Hanya saja memang untuk harganya tergolong cukup mahal. Namun harga memang bisa dikatakan setara dengan kualitasnya yang ditawarkannya.

Spesifikasi WD_Black P40 Game Drive SSD

Dimensi106,98mm x 50,82mm x 13mm
InterfaceUSB 3.2 Gen 2 x2
Kecepatan Baca Maksimum2.000 MB/s
Kecepatan Tulis Maksimum1.950 MB/s
KompabilitasWindows 10, Windows 8.1, macOS 10.11+, PlayStation 5, PlayStation 4, Xbox Series X|S, Xbox One

Tinggalkan Komentar