Tips dan Trik Aplikasi

Kenapa Akun Instagram Bisa Ditangguhkan? Ini Alasannya!

Kenapa Akun Instagram Ditangguhkan - Header

Gadgetren – Instagram telah menjadi salah satu layanan yang sangat penting bagi sebagian orang untuk melakukan berbagai macam hal mulai dari sekadar mengisi waktu luang hingga menjalankan bisnis.

Saya pribadi bahkan setidaknya membuka layanan ini sehari sekali untuk melihat informasi dari berbagai macam akun perusahaan teknologi, menyimak kabar dari kerabat maupun sahabat, atau mencari barang untuk dibeli.

Oleh karena itu, kita mungkin akan sedikit kebingungan jika akun Instagram tiba-tiba ditangguhkan tanpa sebab seperti kejadian yang melanda sebagian pengguna akhir-akhir ini. Paling tidak kita akan mencari alasannya.

Ada beberapa alasan kenapa akun Instagram bisa ditangguhkan. Kamu yang sedang mencari informasi mengenai hal tersebut dapat menyimak secara lebih rinci sebagai berikut.

Kenapa Akun Instagram Bisa Ditangguhkan?

Melanggar Pedoman Komunitas

Agar ekosistem di dalam layanannya tetap berjalan sehat, platform media sosial Instagram mempunyai pedoman komunitas. Setiap pengguna pun wajib menaati berbagai macam ketentuan yang ada.

Jika melanggar ketentuan-ketentuan tersebut, kita pun dapat terkena sanksi. Salah satu di antaranya akun bisa saja akan ditangguhkan di mana durasinya bisa berbeda-beda mulai dari sementara waktu maupun permanen.

Adapun beberapa ketentuan dalam pedoman komunitas yang perlu ditaati oleh pengguna di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Tidak melanggar hak cipta
  • Tidak memuat konten-konten yang dilarang
  • Menjalin interaksi (memberi tanda suka, komentar, hingga berbagi) yang organik bukan dari spam
  • Mengikuti hukum yang berlaku
  • Menghargai dan menghormati pengguna lain
  • Tidak membuat konten yang bisa melukai diri sendiri
  • Berhati-hari dalam membagikan berita

Saat akun terkena penangguhan sementara kita tidak merasa melakukan tindakan-tindakan yang melanggar panduan komunitas di atas, maka kita bisa meminta peninjauan ulang. Kita hanya perlu mengikuti petunjuk yang muncul setelah login ke aplikasi Instagram untuk melakukannya.

Bug Instagram

Selain pelanggaran terhadap panduan komunitas, akun Instagram juga bisa saja ditangguhkan secara tiba-tiba karena ada bug dari pengembangan layanan. Hal ini sama seperti kasus yang terjadi pada Senin, 31 Oktober 2022.

Setelah banyak pengguna mengeluhkan bahwa akun mereka ditangguhkan tanpa sebab yang pasti, Instagram akhirnya mengonfirmasi bahwa hal tersebut terjadi akibat bug pengembangan melalui laman Twitter-nya.

Namun, kita tidak perlu khawatir karena masalah tersebut diklaim sudah berhasil diatasi. Jadi pengguna kini sudah bisa masuk ke layanan Instagram dengan akun miliknya secara normal.

Tinggalkan Komentar