ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

Perbedaan Samsung Galaxy A04 dan Galaxy A04s – Keduanya Sangat Mirip

Perbedaan Samsung Galaxy A04 dan Galaxy A04s - Header

Gadgetren – Berjarak kurang dari dua bulan, Samsung Indonesia memperkenalkan dua buah handphone kelas menengah ke bawah yang diberi nama dengan Samsung Galaxy A04 dan Samsung Galaxy A04s.

Kedua handphone tersebut meluncur dengan spesifikasi yang cukup berbeda meskipun mempunyai nama hampir mirip.

Galaxy A04 yang diperkenalkan lebih akhir tampaknya dirancang sebagai versi lebih murah dari Galaxy A04s. Hal ini sebenarnya sudah bisa dilihat dari banderol harganya di mana Galaxy A04 tersedia dengan label mulai dari Rp1.499.000 sementara Galaxy A04s Rp2.099.000.

Namun jika penasaran dengan perbedaan dari keduanya secara lebih lanjut, kamu dapat menyimaknya dalam rangkuman berikut.

Perbedaan Samsung Galaxy A04 dan Galaxy A04s

Dilihat secara sekilas, kedua handphone tersebut mungkin tidak akan terlihat berbeda. Apalagi jika kita hanya memperhatikan bagian depannya di mana sama-sama memakai layar Infinity-V berukuran seluas 6,5” dan beresolusi HD+ (1600 x 720 piksel).

Meskipun begitu, keduanya akan terasa cukup berbeda jika spesifikasinya dibandingkan. Galaxy A04s yang dibanderol dengan harga lebih mahal pada bagian layar misalnya secara khusus sudah mengusung refresh rate hingga 90Hz sedangkan adiknya masih standar.

Di bodi belakang, Galaxy A04s juga terlihat mengusung kamera dengan jumlah lebih banyak meskipun keduanya sama-sama memuat resolusi hingga 50MP. Handphone tersebut mempunyai lensa tambahan berupa sensor makro 2MP.

Samsung Galaxy A04s

Keduanya juga tidak bisa dibandingkan dalam urusan kinerja karena memakai chipset yang lumayan berbeda sebagai dapur pacu. Galaxy A04 dikembangkan dengan MediaTek Helio P35 sementara Galaxy A04s memakai Samsung Exynos 850.

Helio P35 adalah chipset yang dibangun berdasarkan ARM Cortex-A53 berkecepatan hingga 2,3GHz dan IMG PowerVR GE8320 dengan manufaktur 12nm. Sementara Exynos 850 sudah memakai ARM Cortex-A55 hingga 2,0GHz dan ARM Mali-G52 yang diproses dengan teknologi 8nm.

Ditambah lagi, kedua handphone tersebut juga dilengkapi dengan konfigurasi memori yang cukup berlainan. Galaxy A04 hanya mengandalkan RAM dan media penyimpanan internal 3GB + 32GB dan 4GB + 64GB sementara Galaxy A04s hanya 4GB + 64GB.

Dukungan di Galaxy A04s juga bisa dibilang lebih lengkap. Ada fitur yang diusung oleh handphone tersebut tetapi belum tersedia di Galaxy A04 seperti sensor pemindai sidik jari terintegrasi di tombol power yang mana berfungsi sebagai sistem keamanan biometrik.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar