Berita Smartphone

Samsung Galaxy A04s Vs Galaxy A03s – Handphone Entri Naik Kelas

Samsung-Galaxy-A04s-Vs-Galaxy-A03s

Gadgetren – Samsung Galaxy A04s menjadi penerus dari Galaxy A03s yang sebelumnya diluncurkan 2021 silam.

Sebagai handphone dengan spesifikasi biasa saja, keduanya dihadirkan untuk mengisi pasar pengguna kelas pemula atau yang baru mau menggunakan handphone pintar.

Namun demikian, Samsung tampaknya memberikan peningkatan besar pada handphone Galaxy A04s. Bila dibandingkan dengan pendahulunya, ada banyak peningkatan yang sangat mencolok yang diberikan pada handphone baru ini.

Meskipun secara fisik Galaxy A04s masih tampak sama seperti saudaranya atau tampil dengan desain seadanya, semua fiturnya hadir dengan dukungan terbaru hingga fitur pendukung privasi keamanan Samsung Knox yang sebelumnya tidak tersedia pada perangkat pemula Samsung.

Perbedaan Samsung Galaxy A04s Vs Galaxy A03s

Seperti yang disampaikan, secara sekilas memang kedua handphone ini memiliki tampilan layar yang sama berupa tetesan air sebagai tempat kamera depan beresolusi 5MP. Layarnya juga mengusung ukuran 6,5 inci yang mempunyai resolusi HD+.

Namun bila dilihat lebih jauh, Galaxy A04s sudah mendukung refresh rate 90Hz dibandingkan Galaxy A03s hanya 60Hz. Selain itu pada konfigurasi kamera belakang walaupun keduanya sama-sama menggunakan tiga lensa, tetapi Galaxy A04s memiliki lensa utama besar 50MP.

Sementara Galaxy A03s hanya didukung lensa utama 13MP. Baik Galaxy A04s dan Galaxy A03s  selain itu sama-sama menggunakan lensa makro 2MP dan lensa kedalaman 2MP. Di samping dukungan lensa belakang yang berbeda, kedua handphone ini juga ditenagai dengan chipset yang tidak sama.

Samsung-Galaxy-A04s-1.

Galaxy A04s menggunakan chipset Exynos 850 Octa-Core (8nm) buatan Samsung. Sementara Galaxy A03s mengandalkan MediaTek Helio P35 Octa-Core (12nm). Keduanya dipadukan kapasitas RAM 4 GB dan penyimpanan internal 64 GB.

Akan tetapi Galaxy A04s dilengkapi fitur RAM Plus hingga 4GB yang memungkinkan RAM memiliki total kapasitas 8GB. Galaxy A03s sendiri belum dibekali fitur RAM sehingga perlu bekerja lebih keras ketika membuka banyak aplikasi.

Meskipun demikian, keduanya menyediakan slot microSD untuk menambah kapasitas penyimpanan hingga 1TB. Perbedaan selanjutnya ada pada tampilan antarmukanya, Galaxy A04s sudah menjalankan One UI Core 4.1 berbasis Android 12 sedangkan Galaxy A03s masih menggunakan One UI Core 3.1 berbasiskan Android 11.

Samsung Galaxy A03s Featurez

Di samping itu, Galaxy A04s memiliki keunggulan didukung folder keamanan Samsung Knox sehingga pengguna bisa lebih aman menyimpan segala bentuk data privasi.

Pembeda terakhir dari sisi harganya. Galaxy A04s dibanderol sedikit lebih mahal dengan harga normal Rp2.099.000 saat Galaxy A03s bisa didapatkan hanya seharga Rp1.799.000.

Selebihnya, kedua perangkat tersebut sama-sama menggunakan baterai berkapasitas 5.000mAh yang dilengkapi fitur pengisian cepat 15W melalui USB Type-C. Kemudian 4G-LTE, Dual SIM, WiFi, Bluetooth, GPS, dan 3,5mm jack audio pun sudah tersedia. Namun fitur NFC absen di keduanya.

Tinggalkan Komentar