Berita Smartphone

Lebih Dekat dengan Bandara dan Pelabuhan, Pabrik Baru OPPO Resmi Beroperasi

OPPO-Indonesia-Kunjungan-Pabrik-3.

Gadgetren – Setelah melakukan beberapa persiapan matang, OPPO akhirnya resmi mengaktifkan pabrik barunya yang berlokasi di Kecamatan Periuk, Tangerang, Banten.

Pabrik baru ini resmi beroperasi sejak bulan Agustus 2022 kemarin dan sudah mulai memproduksi salah satu produk yang telah dijual di Indonesia yakni OPPO A77s. Lebih jauh, pabrik baru ini adalah pengganti pabrik lama yang berlokasi tidak jauh dari pabrik baru.

Pabrik lama sebelumnya hanya berbeda wilayah administratifnya saja yakni terletak di Kelurahan Pabuaran Tumpeng, Kecamatan Karawaci. Tim Gadgetren pun berkesempatan mengunjungi pabrik baru OPPO Manufacturing Indonesia di Periuk, Tangerang.

Dalam acara kunjungan pabrik barunya ini Aryo Meidianto selaku PR Manager OPPO Indonesia mengungkapkan bahwa pabrik baru OPPO kini memiliki area lebih besar hampir 10 hektar dibanding pabrik lama dan juga ruangannya didesain sendiri berstandar internasional.

Bila melihat pabrik OPPO yang lama, Aryo menambahkan bahwa terdapat beberapa kekurangan. Salah satunya ialah jarak Warehouse ke ruang line production lebih jauh sehingga memakan waktu yang lebih banyak untuk distribusi komponen selain itu bangunannya sudah jadi sehingga membuat pihak OPPO tidak bisa mendesain ruangannya sesuai keinginan OPPO sendiri.

Mengenai alasan OPPO memilih pabrik baru di Periuk, Banten, Jefry Firman De Haan selaku Business Performance Manager Pabrik OPPO Indonesia menyampaikan bahwa karena dekat dengan Bandara Soekarno Hatta dan Pelabuhan Tanjung Priuk sehingga proses impor jadi lebih mudah dan pengiriman material lebih ke pabrik OPPO bisa tepat waktu dibandingkan ke area lain.

OPPO-Indonesia-Kunjungan-Pabrik-9

“Area ini juga lebih efisien untuk waktu dan biaya dibandingkan membuat pabrik di Jawa Tengah. Selanjutnya dapat mencari sumber daya manusia engineer dengan lebih mudah karena dekat dengan banyak universitas-universitas ternama, Tangerang, Jakarta, Bandung, dan Bogor yang dapat membantu dalam create product yang berkualitas dunia,” tutur Jefry.

Mengenai karyawan yang ada di pabrik baru OPPO ini, Aryo mengatakan bahwa pegawai produksi di pabrik fluktuatif tergantung masanya. Dalam hal ini jika memasuki musim lebaran atau tahun baru serta pabrik membutuhkan, maka akan melakukan perekrutan. Saat ini pabrik baru memiliki pegawai produksi sekitar ribuan karena jumlahnya tergantung permintaan perangkat OPPO.

Sementara itu untuk pegawai teknisi spesialis, manager product, atau sejenisnya merupakan pegawai tetap yang diambil dari pabrik lama sehingga OPPO tidak melakukan perekrutan kembali. Sebagai tambahan informasi, di pabrik baru OPPO ini, OPPO juga menerapkan berbagai macam pengujian terhadap semua produknya.

OPPO-Indonesia-Kunjungan-Pabrik-10

Pengujiannya hingga mencapai 30 jenis uji kontrol kualitas yang berkaitan dengan beragam aktivitas konsumen saat menggunakan perangkat handphone. Tak hanya pada handphone, di pabrik OPPO baru ini pengujian juga dilakukan terhadap aksesoris seperti kabel handphone dengan cara memberikan beban untuk melihat kekuatannya dan memastikan kabel daya tidak mudah putus.

Salah satu handphone yang diproduksi yakni OPPO A77s juga telah melalui proses pengujian yang disebut OPPO Enduring Quality di mana terdiri dari enam uji utama mulai dari uji jatuh dari ketinggian, uji jatuh, tahan air, radiasi, perubahan iklim, dan tes kualitas sinyal.

Selain itu, OPPO A77s juga telah melalui uji tekan pada tombol daya sebanyak 500.000 kali, uji tekan tombol suara sebanyak 150.000 kali, uji cabut pasang pada lubang audio 3,5mm sebanyak 10.000 kali, dan uji cabut pasang pada port USB sebanyak 20.000 kali.

OPPO-Indonesia-Kunjungan-Pabrik-6.

Tak ketinggalan proses pembuatan handphone OPPO A77s juga telah diawasi secara ketat di pabrik baru OPPO Indonesia. OPPO juga memastikan komponen terpilih dan sudah lolos uji pemeriksaan yang akan masuk ke tahap proses produksi.

Agar kualitas tetap terjaga hingga sampai ke tangan pengguna, di pabrik baru OPPO apabila terdapat permasalahan di lini produksi maka secara otomatis proses produksi pada lini tersebut akan dihentikan. Kemudian OPPO akan menguji ulang seluruh unit yang diproduksi. Akan tetapi jika masalah masih terjadi maka OPPO akan kembali mengulang proses produksi di lini yang bermasalah.

OPPO-Indonesia-Kunjungan-Pabrik-2

Di samping itu, OPPO A77s di pabrik baru OPPO diproduksi dengan menggunakan OPS (OPPO Production System) yang mengadopsi Lean Manufacturing System di mana telah diterapkan juga oleh berbagai pabrik vendor besar di dunia.

Dengan sistem ini, produksi OPPO A77s akan lebih efisien dalam hal waktu dan kualitas. Proses produksi OPPO A77s juga telah dimodernisasi dengan menggunakan digitalisasi big data terkait dengan output monitoring yang dilakukan secara real-time baik mesin pada produksi maupun kualitas produk.

Tinggalkan Komentar