Tips dan Trik Handphone

Cara Menghemat Baterai di Handphone OPPO Agar Tahan Lebih Lama

Cara Menghemat Baterai di Handphone OPPO Header

Gadgetren – Untuk menunjang rutinitas harian dari penggunanya, handphone OPPO telah dilengkapi dengan dukungan algoritma kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI).

Salah satu fungsinya memungkinkan konsumsi daya baterai tetap efisien walaupun menjalankan beragam aplikasi.

Sementara itu, handphone OPPO juga sudah dibekali dengan fitur Power Saving Mode dan Super Power Saving Mode yang dapat semakin menghemat daya baterai ketika dalam kondisi tertentu, apalagi pada saat kondisi baterai pada titik kritis antara 20% hingga 5%.

Namu kamu juga dapat melakukan bermacam hal lainnya untuk membuat handphone OPPO dapat bertahan dalam waktu yang lebih lama. Untuk lebih jelasnya dapat kamu lihat dalam rangkuman berikut.

Cara Menghemat Baterai di Handphone OPPO

Atur Tingkat Kecerahan Layar

Secara bawaan handphone OPPO akan mengaktifkan fitur Auto Brightness yang mengatur tingkat kecerahan sesuai dengan kondisi lingkungan sekitar. Meskipun fitur ini praktis, namun terkadang justru malah mengonsumsi energi baterai lebih besar karena terjadi perubahan tingkat kecerahan yang secara terus menerus untuk beradaptasi pada kondisi cahaya di sekitar.

Dengan begitu, sebaiknya kamu menonaktifkan fitur Auto Brightness dan mengatur sendiri tingkat kecerahan sesuai kebutuhan. Misalnya di lingkungan terang, maka tingkat kecerahannya dapat ditingkatkan namun saat pada kondisi gelap dapat mengatur tingkat kecerahannya jadi lebih rendah sesuai dengan kenyamanan mata.

Pakai Wallpaper Gelap Atau Hitam

Khusus pada handphone OPPO dengan layar berteknologi AMOLED atau OLED, sebaiknya kamu menggunakan wallpaper yang berwarna hitam atau cenderung gelap untuk mengurangi konsumsi daya baterai.

ColorOS 11 Reno4 F Black

Ini dikarenakan teknologi AMOLED akan mengaktifkan piksel yang berwarna saja. Sementara pada bagian berwarna hitam akan dibuat mati total untuk memberikan warna hitam sebenarnya. Ini juga menjadi alasan fitur Always On Display didominasi warna hitam ketika layar sedang beristirahat.

Kita ketahui bersama bahwa fitur Always On Display merupakan salah satu fitur yang hadir di handphone dengan layar AMOLED atau OLED karena dapat menampilkan informasi waktu, persentase baterai, dan notifikasi tanpa menguras terlalu banyak daya baterai.

Pakai Fitur Dark Mode

Reno4 F App Cloner

Pada ColorOS masa kini, hampir rata-rata handphone OPPO sudah dilengkapi dengan fitur Dark Mode. Dengan fitur tersebut, latar belakang dari sistem operasi dan berbagai aplikasi bisa menjadi berwarna hitam atau gelap.

Selain memberikan kenyamanan pada saat melihat konten dalam kondisi redup atau malam hari, Dark ModeĀ  tentunya dapat membuat layar pada handphone mengonsumsi energi baterai dengan lebih efisien.

Aktifkan Fitur Power Saving Mode atau Super Power Saving Mode

Pada saat handphone OPPO tidak terlalu digunakan untuk beragam aktivitas, sebaiknya kamu mengaktifkan fitur Power Saving Mode agar aplikasi yang berjalan di latar belakang dibatasi sehingga tidak terlalu menyedot daya baterai.

Namun pada saat baterai dalam kondisi baterai di titik kritis 15%, maka kamu dapat mengaktifkan fitur Super Power Saving Mode yang memungkinkan konsumsi energi pada handphone menjadi sangat hemat sehingga cocok diaktifkan ketika baterai di perangkat sedang sekarat.

Hapus Aplikasi yang Menguras Daya Baterai

Perlu dicatat bahwa beberapa aplikasi yang hadir di handphone dapat menyedot daya baterai dengan cepat seperti Facebook, Instagram, TikTok, Telegram, Pokemon Go, dan lainnya.

Hal ini bisa terjadi karena banyaknya fitur yang ditawarkan oleh aplikasi-aplikasi tersebut serta seberapa sering aplikasi mendapatkan notifikasi sehingga butuh energi lebih banyak. Apalagi TikTok menghadirkan beragam video pada halaman Home atau Pokemon Go yang memanfaatkan performa chipset, GPS, Augmented Reality, dan lainnya.

OPPO-Reno6-FullScreen

Untuk mengatasinya, kamu dapat menghapus atau uninstall aplikasi tersebut di handphone OPPO terutama aplikasi Facebook, Instagram, TikTok, dan lainnya. Sebagai alternatifnya, kamu mungkin bisa mengakses layanan tersebut lewat aplikasi browser.

Gunakan Widget yang Penting Saja

Widget merupakan salah satu fitur pintasan yang dapat disematkan pada halaman Homescreen. Selain memiliki tampilan menarik, Widget juga memungkinkan kamu dapat mengakses fitur penting secara cepat seperti jam, foto, cuaca, kalender, tracking olahraga, dan lainnya.

Namun semakin widget yang muncul di halaman Homescreen, tentunya akan lebih banyak lagi mengonsumsi daya baterai dari handphone. Dengan begitu, sebaiknya kamu mengutamakan widget penting saja untuk dihadirkan pada Homescreen sedangkan sisanya dinonaktifkan.

Aktifkan Beberapa Fitur Sesuai Kondisi

Bisa dibilang fitur NFC, GPS, dan Bluetooth yang aktif secara terus menerus akan turut mengonsumsi daya baterai di handphone OPPO. Sebaiknya kamu mengaktifkan fitur-fitur tersebut ketika sedang dibutuhkan saja.

Sementara apabila kamu sedang berada di wilayah yang susah sinyal, maka sebaiknya mematikan koneksi selular dan menggantinya ke Airplane Mode agar tidak menyedot daya baterai semakin banyak karena sinyal yang terus berganti-ganti. Kamu juga dapat menghubungkan ke jaringan WiFi yang lebih stabil agar konsumsi energi lebih efisien.

Tinggalkan Komentar