ASUS ZenBook Pro 14 Duo OLED UX8402
Tips dan Trik Handphone

7 Cara Menghemat Baterai HP vivo Agar Tidak Cepat Habis

Cara Menghemat Baterai HP vivo Header

Gadgetren – Baterai merupakan salah satu komponen terpenting yang hadir di ponsel vivo karena menjadi sumber energi kehidupannya.

Seiring berjalannya waktu, teknologi baterai mampu membuat penggunaan ponsel vivo menjadi lebih lama. Tentu kamu juga dapat lebih menghemat penggunaan daya baterainya untuk aktivitas sehari-hari.

Semakin hemat daya baterai yang digunakan membuat pemakaian harian dari ponsel vivo menjadi lebih nyaman karena tidak perlu terlalu sering melakukan pengisian daya. Adapun beberapa tips yang bisa kamu ikuti untuk membuat baterai di ponsel vivo lebih hemat.

1. Atur Tingkat Kecerahan Manual

Secara bawaan, biasanya fitur Auto Brightness sudah aktif secara otomatis ketika ponsel vivo dinyalakan untuk pertama kalinya. Fitur ini memungkinkan tingkat kecerahan berubah sesuai dengan kondisi cahaya di lingkungan sekitar.

Meskipun fitur Auto Brightness terasa membantu, namun bisa membuat penggunaan baterai menjadi boros karena menggunakan tingkat kecerahan yang lebih tinggi dari seharunya.

Kamu pun bisa mematikan Auto Brightness dan beralih dengan pengaturan tingkat kecerahan layar secara manual. Kamu dapat menentukan tingkat kecerahan yang pas sesuai dengan kondisi lingkungan.

2. Kurangi Pemakaian Banyak Widget

Widget dihadirkan pada layar Home Screen sebagai pintasan sebuah aplikasi dengan tampilan menarik dan memudahkan kamu untuk menjalankan fungsinya seperti widget cuaca, hari, jam, kalender, agenda, dan masih banyak lagi.

Namun perlu diketahui bahwa banyak widget yang muncul di Home Screen akan mengakibatkan daya baterai ponsel vivo terkuras banyak. Jadi sebaiknya kamu memprioritaskan untuk widget yang penting saja.

3. Aktifkan Fitur Battery Saver

Ponsel vivo masa kini sudah dilengkapi dengan fitur Battery Saver yang dapat membuat penghematan daya baterai secara maksimal ketika digunakan dalam aktivitas sehari-hari.

Biasanya Battery Saver akan secara cerdas memilih aplikasi yang berjalan agar tidak terlalu banyak memakan daya sehingga tidak hanya lebih menghemat baterai melainkan juga membuat sistem berjalan lebih ringan.

4. Nyalakan Airplane Mode

Saat berada di daerah yang susah sinyal selular akan membuat sistem terus berusaha untuk mendapatkan sinyal dengan meningkatkan kemampuan antena secara terus menerus agar bisa mendapatkan jaringan yang stabil.

Jaringan yang berganti terus ini akan menyebabkan penggunaan daya baterai menjadi boros. Sebaiknya kamu pun mengaktifkan fitur Airplane mode untuk sementara jika hal itu terjadi untuk membuat daya baterai menjadi lebih hemat. Sebagai gantinya kamu bisa memanfaatkan jaringan WiFi untuk bisa terhubung ke internet.

5. Matikan Wi-Fi, GPS, dan Bluetooth

Fitur Wi-Fi, GPS, dan Bluetooth memang terasa berguna karena memiliki fungsi masing-masing. Namun ketiga fitur tersebut pun cukup menguras penggunaan energi ponsel vivo.

Pada saat tidak digunakan, sebaiknya kamu mematikan fitur Wi-Fi, GPS, dan Bluetooth agar konsumsi daya menjadi lebih hemat. Misalnya saat tengah di perjalanan jika tidak ada Wi-Fi maka bisa mematikannya saja.

Sementara pada saat tidak melakukan perjalanan, sebaiknya matikan GPS karena tidak digunakan untuk navigasi. Selanjutnya, matikan Bluetooth ketika ponsel tidak terhubung dengan smartwatch maupun earphone TWS (True Wireless Stereo).

6. Hapus Aplikasi yang Boros Daya

Meskipun aplikasi yang hadir di ponsel vivo termasuk lengkap, namun tidak dapat dipungkiri bahwa beberapa aplikasi yang hadir boros dalam mengonsumsi daya baterai seperti Facebook, Instagram, TikTok, Telegram, dan lainnya.

Aplikasi yang boros energi diakibatkan karena banyaknya fitur yang ditawarkan dan seberapa sering memberikan notifikasi pesan. Apalagi kita ketahui bersama bahwa TikTok langsung memunculkan berbagai video pada halaman utamanya atau Instagram yang menghadirkan foto serta video.

Sebaiknya kamu menghapus aplikasi-aplikasi tersebut agar tidak mengonsumsi daya baterai yang tinggi. Sebagai alternatifnya, kamu dapat mengaksesnya beberapa layanan dari aplikasi tersebut melalui aplikasi browser.

7. Pakai Wallpaper Hitam dan Aktifkan Dark Mode

Khusus untuk ponsel vivo dengan teknologi AMOLED atau OLED, sebaiknya menggunakan wallpaper hitam atau gelap untuk dapat membuat konsumsi energi menjadi lebih hemat.

Hal ini bisa terjadi karena teknologi AMOLED yang hanya mengaktifkan piksel berwarna saja sedangkan piksel pada area berwarna hitam akan dibuat mati total untuk memberikan warna gelap sesungguhnya.

Tentunya ini juga yang mendasari fitur Always On Display didominasi warna hitam ketika layar sedang beristirahat. Apalagi fitur ini bermanfaat karena menampilkan informasi waktu, persentase baterai, notifikasi tanpa menguras terlalu banyak daya baterai ponsel vivo.

Selanjutnya, kamu juga dapat mengaktifkan fitur Dark Mode agar latar belakang dari sistem maupun beberapa aplikasi di ponsel vivo menjadi berwarna hitam atau gelap. Selain dapat menghemat daya baterai, Dark Mode juga dapat membuat kamu nyaman dalam menikmati konten di malam hari atau kondisi ruangan yang redup.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar