Tips dan Trik Handphone

Begini Cara Kirim Aplikasi Lewat Bluetooth Antar Handphone!

Cara Kirim Aplikasi Lewat Bluetooth Header

Gadgetren – Bluetooth merupakan salah satu teknologi yang memungkinkan handphone dapat terhubung dengan perangkat lain seperti earphone, headphone, printer, maupun handphone.

Sebelum ditemukannya teknologi WiFi Direct, bahkan Bluetooth juga sempat digunakan untuk transfer data antar handphone ke handphone.

Walaupun masih tergolong lambat, namun bisa dibilang proses transfer data Bluetooth lebih efektif dibandingkan menggunakan Inframerah yang mana juga opsi lain yang bisa digunakan.

Namun seiring berkembang zaman, WiFi Direct sudah sering digunakan oleh banyak orang karena proses transfer datanya yang 100 kali lebih cepat dari Bluetooth.

Meskipun begitu, Bluetooth masih kerap dipercaya oleh sebagian orang karena memang memiliki kemudahan dalam proses transfer data antar handphone. Bahkan sebenarnya kamu juga dapat mengirimkan aplikasi melalui Bluetooth.

Cara Mengirim Aplikasi Lewat Bluetooth

  • Aktifkan fitur Bluetooth pada handphone pengirim dan penerima
  • Buka aplikasi My Files atau File¬†Manager bawaan di handphone pengirim
  • Cari file instalasi aplikasi (biasanya berformat .APK) yang akan dikirim
  • Pilih file tersebut dan tekan menu Send berikon garis tiga titik
  • Lalu pilih metode Bluetooth
    Bluetooth - Transfer Aplikasi - Pengirim - 1
  • Kemudian pilih handphone yang akan menerima aplikasi
    Bluetooth - Transfer Aplikasi - Pengirim - 2
  • Selanjutnya, pilih Accept pada handphone penerima
  • Proses akan berjalan dan tunggu hingga selesai
  • Setelah handphone penerima selesai mendapatkan aplikasi, maka kamu dapat menekan aplikasinya
  • Nantinya secara otomatis menu instalasi akan muncul dan aplikasi tersebut akan diinstal di handphone penerima
    Bluetooth - Transfer Aplikasi - Penerima

Biasanya jika hanya mengirim satu atau dua aplikasi, maka proses transfer dapat berjalan dengan lancar. Namun terkadang pada saat mengirim banyak aplikasi sekaligus misalnya hingga 10 aplikasi, proses pun akan lama dan mungkin ada kendala.

Bisa dibilang Bluetooth memang tidak diperuntukkan mengirim file berukuran besar karena kecepatan transfer yang dimilikinya. Apalagi untuk mengirim banyak aplikasi dalam sekali waktu yang tentunya akan menjadi sangat lama.

Contohnya jika mengirim mentahan aplikasi OPPO Relax.apk berukuran 121 MB saja bisa memakan waktu 23 menit. Berbeda apabila dilakukan dengan koneksi WiFi Direct yang hanya akan mencapai beberapa menit saja.

Menurut saya, sebaiknya kamu beralih menggunakan WiFi Direct apabila ingin mengirim banyak file dengan ukuran sangat besar. Hal ini jauh lebih efektif dibandingkan menggunakan teknologi Bluetooth.

Apalagi handphone masa kini banyak yang sudah didukung fitur WiFi Direct secara bawaan. Namun jika perangkat kamu tidak memiliki fitur tersebut, maka dapat mengunduh aplikasi dari pihak ketiga di Google Play Store untuk mengaktifkan fitur WiFi Direct.

Tinggalkan Komentar