ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik

Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop dengan Cepat dan Mudah

Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop Header

Gadgetren – Bluetooth merupakan suatu peralatan yang dapat menghubungkan perangkat komunikasi dengan perangkat komunikasi lainnya.

Dengan hadirnya perangkat Bluetooth ini memungkinkan sebuah perangkat mampu terhubung ke perangkat lainnya tanpa menggunakan kabel. Misalnya saja kamu dapat mentransfer data dari smartphone ke laptop atau sebaliknya menggunakan koneksi Bluetooth ini.

Selain itu, Bluetooh juga dapat digunakan untuk menyambungkan perangkat tambahan, seperti mouse, keyboard, maupun joystick ke perangkat laptop, PC Desktop, maupun smartphone sehingga dapat lebih menunjang aktivitas sehari-hari dari penggunanya.

Bisa dibilang Bluetooth ini memiliki fungsi yang beraneka ragam sehingga membuatnya masih disematkan pada smartphone, laptop, maupun PC Desktop. Namun untuk fitur Bluetooth sendiri biasanya tidak secara langsung aktif secara otomatis ketika perangkat dinyalakan.

Namun bagi kamu yang telah mempunyai laptop dengan dukungan Bluetooth maka dapat langsung melihat tutorialnya sebagai berikut ini.

Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop

  1. Pada halaman utama, kamu dapat memilih menu Notification yang berikon balon dialog terdapat di bagian kanan Taskbar
  2. Setelah menu Notification dipilih, maka akan muncul notifikasi dan menu Quick Settings
  3. Pada menu Quick Settings ini, kamu dapat langsung mengaktifkan Bluetooth
  4. Setelah Bluetooth aktif, maka kamu dapat menghubungkan laptop dengan perangkat lain

Pengaturan Bluetooth di Quick Setting Windows 10

Selain untuk mentrasfer data dan menyambungkan dengan perangkat tambahan, koneksi Bluetooth ini juga memungkinkan pengguna laptop dapat mendengarkan lagu dengan speaker, earphone, atau headphone yang tidak menggunakan kabel (wireless).

Bahkan kamu kamu juga sudah dapat mencetak atau print dokumen, foto, dan lainnya hanya menggunakan koneksi Bluetooth saja. Tak lupa, sudah ada proyektor yang menggunakan koneksi Bluetooth sehingga kamu dapat memproyeksikan dokumen untuk presentasi dari laptop ke proyektor tanpa perlu menggunakan kabel.

Bisa dibilang cara mengaktifkan fitur Bluetooth ini sangat mudah pada laptop dengan sistem operasi Windows 10. Untuk Windows generasi sebelumnya pun hampir sama dengan membuka menu di sebelah kanan Taskbar.

Sementara pada beberapa laptop, kamu dapat mengaktifkannya dengan shortcut pada tombol di keyboard. Namun apabila laptop kamu tidak memiliki fitur Bluetooth, maka kamu dapat membeli dongle Bluetooth yang siap pakai dengan cukup ditancapkan pada port USB.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar