Tips dan Trik

3 Cara Mengirim File, Foto, dan Video dari HP Android Ke Laptop

cara mengirim file foto video dari android ke laptop Header[Sumber: Flickr]

Gadgetren – Pada beberapa jenis ponsel, memori internal menjadi sebuah hambatan untuk melakukan berbagai macam hal.

Berbeda dengan perangkat seluler yang baru dirilis, kebanyakan ponsel lawas memiliki memori internal yang sangat terbatas. Bahkan, kadang-kadang untuk menginstal beberapa aplikasi saja sudah tidak muat.

Oleh karenanya, pengguna perangkat tersebut harus memindahkan data-datanya dari perangkat seluler ke perangkat laptop atau komputer, yang notabene biasanya memiliki kapasitas penyimpanan lebih besar.

Terlepas dari ponsel baru atau lawas, memindahkan file, foto, video, dan konten lainnya ke komputer kadang sangat dibutuhkan. Lalu, bagaimana cara melakukannya ya?

Cara Mengirim File dari Ponsel Android ke Laptop dengan Kabel data

Cara paling mudah untuk mengirimkan file, foto, dan juga video dari ponsel ke laptop adalah dengan menggunakan kabel data. Termasuk di dalamnya dari ponsel bersistem operasi Android.

Cara Mengirim File, Foto, dan Video dari Ponsel Android ke Laptop Via Kabel Data

Untuk menggunakan metode ini, pengguna harus memiliki kabel data yang sesuai dengan perangkat yang digunakannya. Tapi tak perlu khawatir dengan hal ini, karena biasanya setiap pembelian perangkat Android baru dilengkapi dengan kabel data bawaan yang juga berfungsi sebagai kabel charger.

Pengguna hanya perlu menghubungkan ponsel dengan laptop, kemudian mengaktifkan pilihan mode transfer file di perangkat ponsel.

Cara Mengirim File dari Ponsel Android ke Laptop dengan Bluetooth

Cara kedua yang dapat digunakan untuk memindahkan file, foto, video, dan konten lainnya dari ponsel Android ke komputer adalah menggunakan media Bluetooth, yang menjadi salah satu konektivitas yang dimiliki oleh ponsel Android. Namun untuk menggunakannya, komputer yang digunakan juga harus memiliki dukungan Bluetooth di dalamnya.

Pertama-tama, sebelum dapat mengirimkan file dari Android ke laptop atau komputer, pengguna harus melakukan pairing antara kedua perangkat tersebut jika baru pertama kali menggunakannya.

Pada Windows 10, pengguna dapat mengaktifkan menu Bluetooth melalui menu action center yang terdapat di pojok kanan bawah. Lalu menekan tombol Bluetooth, jika tidak menemukanannya tekan tombol Expand.

Setelah itu, pada ponsel Android, buka menu Bluetooth di Settings, hidupkan Bluetooth. Setelah proses scanning perangkat Bluetooth di sekitar telah selesai, pilih nama Bluetooth sesuai dengan yang digunakan pada perangkat laptop.

Jika muncul notifikasi Add a Device di laptop, klik notifikasi tersebut. Pada kedua perangkat, ponsel Android dan laptop, akan menampilkan sebuah kode, klik tombol konfirmasi yang sesuai pada keduanya, bisa tombol Pair atau Yes.

Cara Mengirim File, Foto, dan Video dari Ponsel Android ke Laptop Via Bluetooth

Untuk mengirimkan file dari Android ke laptop, klik tombol Show Hidden Item atau gambar anak panah ke atas di laptop. Tombol ini terdapat pada deretan yang sama dengan menu action center. Kemudian klik kanan pada ikon Bluetooth, pilih Receive a file.

Pada perangkat Android, lakukan pengiriman file melalui Bluetooth seperti biasanya. Hidupkan Bluetooth, pilih file yang akan dikirim, kemudian pilih opsi share, pilih Bluetooth, cari nama Bluetooth untuk komputer, dan ketuk pilihan tersebut. Tunggu prosesnya.

Setelah selesai, akan muncul layar Save the received file di komputer. Pengguna dapat mengatur tempat penyimpanan melalui tombol Browse, dan setelah selesai dapat menekan tombol Finish.

Cara Mengirim File dari Ponsel Android ke Laptop dengan Aplikasi

Cara Mengirim File, Foto, dan Video dari Ponsel Android ke Laptop Via Aplikasi

Jika pengguna tidak memiliki dukungan konektivitas Bluetooth di dalam laptopnya, pengguna dapat menggunakan konektivitas Wi-Fi sebagai alternatifnya. Untuk menggunakannya pengguna harus menginstal aplikasi tambahan, baik di komputer ataupun di perangkat Android.

Terdapat banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk melakukan hal ini. Pada perangkat ponsel ASUS misalnya, pengguna bahkan tidak perlu menginstal aplikasi tambahan, karena telah memiliki aplikasi Share Link sebagai aplikasi bawaan. Namun, bagi pengguna selain perangkat ASUS, SHAREit dapat menjadi alternatif dengan segala kelebihan yang ditawarkannya.

Tinggalkan Komentar