ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Handphone

Jangan Bingung Dulu! Begini Cara Mematikan dan Restart OPPO Reno8

Cara Mematikan dan Restart OPPO Reno8 Header

Gadgetren – Pada sistem operasi ColorOS 12 berbasiskan Android 12 atau versi di atasnya, secara bawaan kombinasi tombol untuk mematikan dan restart handphone berbeda dengan generasi sebelumnya.

Dikarenakan sudah menggunakan ColorOS 12, pada OPPO Reno8 pun sama sehingga sebagian penggunanya merasa bingung untuk mematikan dan restart perangkat tersebut karena biasanya bisa dengan menahan tombol Power.

Kini pada OPPO Reno8, kamu harus menggunakan kombinasi tombol Power dan Volume Atas secara bersamaan agar bisa mematikan dan restart perangkat. Hal ini dipilih oleh OPPO untuk mencegah handphone tiba-tiba mati karena tidak sengaja menahan lama tombol Power.

Cara Mematikan dan Restart Oppo Reno8

Kombinasi Tombol Power + Volume Atas

  • Masuk ke halaman Home Screen di OPPO Reno8
  • Tekan tombol Power dan Volume Atas
  • Pada halaman Power Menu, akan muncul Slider untuk memilih Restart atau Power Off
  • Slide tombol ke atas untuk melakukan restart
  • Atau slide tombol ke bawah untuk mematikan Reno8
    OPPO Reno8 - Restart Power Off

Pada saat kamu memilih menu Restart, maka handphone akan dinonaktifkan terlebih dulu dan secara otomatis menyala kembali. Biasanya restart dilakukan untuk mengembali sistem yang bermasalah agar bisa bekerja seperti semula.

Sementara pada saat kamu ingin mematikan OPPO Reno8, maka dapat langsung memilih tombol Power Off. Nantinya untuk menyalakan handphone ini, kamu dapat menekan tombol Power selama beberapa detik.

Namun jika menurut kamu kombinasi tombol ini merepotkan, sebenarnya kamu dapat mengubah kembali fungsi dalam mengakses Power Menu dengan menahan tombol Power saja jika menginginkannya.

Tahan Tombol Power

  • Buka aplikasi Settings di OPPO Reno8
  • Pilih menu System settings
  • Selanjutnya pilih menu Power Button
    OPPO Reno8 - Tahan Power - 1
  • Pilih menu Press and hold the power button
  • Pilih opsi Power menu pada bagian Select The Function
    OPPO Reno8 - Tahan Power - 2
  • Selanjutnya, kamu dapat coba tahan tombol Power selama beberapa saat untuk memunculkan Power menu
  • Lalu tekan tombol Slider ke atas untuk Restart atau ke bawah untuk Power Off

Sepertinya OPPO juga mengerti bahwa sebagian orang memang tidak akan langsung terbiasa menggunakan kombinasi tombol yang baru untuk melakukan Restart atau Power Off. Oleh karena itu masih disediakan opsi yang lama agar bisa dikembalikan lewat pengaturan.

Lalu pada saat menekan tombol Power dalam waktu yang lama, OPPO Reno8 tidak akan begitu saja mati karena masih diberikan akses halaman Power Menu terlebih dahulu agar bisa restart atau mematikan perangkat tersebut.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar