Tips dan Trik Handphone

Ini 8 Fitur Unik Samsung Galaxy Z Flip 4 yang Wajib Kamu Tahu

Samsung Galaxy Z Flip4 5G

Gadgetren – Ada dua keunikan Samsung Galaxy Z Flip 4 yang tidak umum ditemukan di handphone lain yakni bentuknya yang bisa dilipat dan layar mini Cover Screen di bagian belakang handphone. Kedua keunikannya ini membuat Galaxy Z Flip 4 dapat memberikan beberapa fitur menarik yang dapat digunakan.

Fitur-fitur menarik tersebut di antaranya adalah Quick Shot untuk selfie menggunakan kamera belakang dengan mudah, Flex Mode untuk memotret layaknya menggunakan stand, menampilkan foto atau grafis yang lucu di Cover Screen, hingga mengatur setelan handphone dengan mudah tanpa perlu membukanya.



Always On Display di Cover Screen

Samsung Galaxy Z Flip4 5G

Kamu kemungkinan besar pasti sudah kenal dengan fitur Always on Display di mana layar handphone akan dapat menampilkan informasi seperti waktu dan cuaca bahkan ketika layarnya sedang tidak aktif. Nah fitur ini juga dapat digunakan di layar Cover Screen.

Secara bawaan, layar Cover Screen di Galaxy Z Flip 4 yang kamu gunakan hanya aktif jika kamu mengetuk layarnya atau ketika ada notifikasi masuk. Untuk mengaktifkan fitur ini, kamu perlu membuka setelan handphone dan lalu navigasi ke menu Lock Screen > Always On Display.

Di situ kamu tinggal memilih agar fitur Always On Display ini selalu aktif. Bisa juga kamu memilih pilihan lain seperti aktif di waktu tertentu atau bahkan mematikannya. Yang pasti jika fitur ini diaktifkan akan sedikit berefek ke daya baterai handphone.

Quick Shot Selfie

Samsung Galaxy Z Flip4 5G

Jika kamu ingin selfie menggunakan kamera utama Galaxy Z Flip 4, kamu bisa melakukannya dengan cepat dan mudah tanpa perlu membuka handphone ini. Cukup pencet tombol power dua kali lalu memencet tombol volume atau melakukan gerakan tangan untuk memotret.

Preview foto selfie akan ditampilkan di layar Cover Screen jadi kamu bisa melihat langsung hasilnya. Secara bawaan, preview foto akan ditampilkan memenuhi layar Cover Screen dan ada area yang dikrop walau hasilnya nanti tetap akan berukuran normal. Jika ingin preview foto tampil dengan ukuran asli, kamu bisa mengetuk layar Cover Screen dua kali.

Kamu juga bisa mengganti kamera yang digunakan antara kamera utama atau kamera ultra wide dengan mengusap layar Cover Screen ke atas atau ke bawah. Selain itu kamu bisa mengusap jari ke kanan untuk mengaktifkan mode Portrait atau mengusap jari ke kiri untuk mode merekam video.

Memotret dengan Flex Mode

Samsung Galaxy Z Flip4 5G

Memanfaatkan fleksibilitas Galaxy Z Flip 4, kamu bisa memotret layaknya menggunakan stand handphone. Cukup memencet tombol power dua kali, lalu handphone ditekuk sebagian, dan kemudian diletakkan di area datar seperti meja.

Kamu sekarang bisa langsung berfoto sesuka hati dan cukup melakukan gerakan tangan agar handphone-nya bisa otomatis memotret. Kamu juga bisa mengaktifkan fitur ini melalui aplikasi kamera bawaan Galaxy Z Flip 4 dengan memencet tombol Cover Screen Preview dan lalu meletakkan handphone ini.

Berkreasi di Cover Screen

Samsung Galaxy Z Flip4 5G

Seperti yang kita tahu, layar Cover Screen di Galaxy Z Flip 4 dapat menampilkan informasi seperti waktu dan kondisi baterai handphone tiap saat. Nah menariknya kamu bisa mengubah-ubah desain dari layar Cover Screen ini sesuai yang kamu inginkan.

Untuk mengubah desainnya, kamu cukup masuk ke setelan handphone lalu ke menu Cover Screen > Clock Style. Di sini kamu bisa mengatur jenis tampilan jam di Cover Screen, menampilkan Emoji dirimu sendiri, gambar-gambar animasi, atau bahkan menampilkan video singkat.

Mengatur Handphone Langsung dari Cover Screen

Samsung Galaxy Z Flip4 5G

Kamu bisa mengakses pengaturan cepat handphone dengan cara mengusap ke bawah di Cover Screen. Beberapa setelan yang bisa kamu ubah di antaranya adalah mengaktifkan wifi, bluetooth, mode pesawat, dan senter. Selain itu kamu juga bisa mengubah mode suara dan tingkat kecerahan layar Cover Screen.

Jika kamu mengusap jarimu ke kanan di Cover Screen akan ditampilkan notifikasi-notifikasi yang masuk di handphone. Dan jika kamu mengusap jari ke kiri, kamu bisa mengakses widget-widget yang terpasang pada Cover Screen.

Widget yang ditampilkan di Cover Screen bisa kamu ubah urutannya dan juga menyembunyikan atau menampilkan widget yang kamu inginkan. Beberapa widget yang tersedia pada Galaxy Z Flip 4 di antaranya adalah pemutar musik, informasi cuaca, jadwal hari ini, alarm, timer, kalender, hingga menelpon langsung kontak yang sudah disetel.

Flex Mode Panel

Samsung Galaxy Z Flip4 5G

Fitur yang satu ini masih berupa eksperimen dan perlu kamu aktifkan secara manual dengan cara mengakses setelan handphone lalu pilih Advanced Features > Labs > Flex Mode Panel. Nantinya akan ditampilkan aplikasi-aplikasi mana yang ingin kamu munculkan Flex Mode Panel.

Salah satu aplikasi yang menurut saya cocok untuk fitur Flex Mode Panel adalah pemutar musik seperti YouTube Music. Ketika saya membuka aplikasi ini dan bagian atas handphone ditekukkan, pada bagian bawah layar akan muncul area khusus untuk mengontrol musik serta tombol-tombol untuk membuka area notifikasi, membuat screenshot, mengatur kecerahan layar, mengatur volume, dan memunculkan touch pad.

Menonton YouTube dengan Cara yang Unik

Samsung Galaxy Z Flip4 5G

Ketika kamu membuka aplikasi YouTube, kamu bisa menekuk layar bagian atas handphone hingga agak tegak. Dengan begitu kamu bisa menonton video YouTube di bagian atas layar sembari browsing informasi seputar videonya seperti komentar dan deskripsi di bagian bawah layar.

Merekam Video Instagram dengan Lebih Asyik

Samsung Galaxy Z Flip4 5G

Ketika kamu ingin merekam diri sendiri dengan aplikasi kamera atau Instagram, kamu juga dapat menekuk bagian atas handphone ini. Secara otomatis layout aplikasinya akan berubah di mana preview video ditampilkan di bagian atas layar dan kontrol video berada di bagian bawah layar.

Nah delapan fitur unik dari Galaxy Z Flip 4 ini tentunya akan membuat kamu semakin asyik berkreasi ketika menggunakan handphone ini. Selain itu kamu juga akan terlihat beda dibanding mereka yang masih menggunakan handphone konvensional.

Tinggalkan Komentar