Tips dan Trik Handphone

Cara Mengatasi Layar Mati Ketika Telepon di Handphone OPPO

Cara Mengatasi Layar Mati Ketika Telepon di Handphone OPPO Header

Gadgetren – Pada saat sedang melakukan telepon dengan menggunakan handphone OPPO, biasanya layar akan berada dalam kondisi mati.

Hal ini bisa terjadi berkat hadirnya Proximity Sensor di handphone OPPO. Sensor ini sendiri menggunakan medan dan sinar radiasi elektromagnetik sehingga dapat mendeteksi jarak sesuatu di sekitarnya.

Pada saat mendeteksi bahwa telinga pengguna hampir dekat handphone OPPO, maka secara otomatis layar akan dimatikan untuk mencegah input tidak diinginkan seperti mematikan panggilan.

Meskipun fitur ini baik untuk memberikan langkah pencegahan, namun sebagian orang ingin layar tidak mati ketika sedang melakukan telepon menggunakan handphone OPPO baik untuk membuka aplikasi maupun lainnya.

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu dapat melihat beberapa solusi berikut yang bisa dicoba.

1. Atur Jarak Telinga ke Handphone

Hal yang paling utama dalam mengatasi layar mati pada saat melakukan telepon dengan mengatur jarak telinga agar terdeteksi jauh oleh Proximity Sensor. Jika jarak diatur dengan benar, maka layar  seharunya akan tetap hidup ketika proses percakapan sedang berlangsung.

2. Gunakan Earphone atau Headphone

Pada saat menerima panggilan telepon menggunakan perangkat lain seperti earphone baik melalui Bluetooth atau kabel, biasanya handphone akan menjadi mode aktif terus sehingga layar tetap menyala. Selain itu, jarak telinga kamu pun seharusnya tidak terdeteksi oleh Proximity Sensor.

3. Atur Fitur Gesture

Terkadang beberapa fitur gesture yang berhubungan dengan layar dapat juga menyebabkan masalah sehingga membuat layar handphone OPPO menjadi mati ketika kamu sedang melakukan telepon.

  • Buka aplikasi Settings di handphone OPPO
  • Ketik Gesture pada kolom Search
  • Pilih menu Gestures & motions
  • Aktifkan fitur Raise to wake pada bagian Motions
  • Nonaktifkan fitur Lift to ear to answer call, Auto switch to receiver, dan Flip to mute incoming calls

Biasanya setelah fitur Gesture diatur, maka layar akan tetap hidup ketika melakukan panggilan telepon di handphone OPPO. Namun jika cara ini masih tidak berhasil, maka kamu dapat melakukan reset pada pengaturan sistem terlebih dahulu.

4. Reset All Settings

Layar mati ketika melakukan telepon terkadang bisa juga jadi terjadi masalah pada pengaturan sistem operasi handphone. Kamu dapat menggunakan fitur Reset All Settings agar pengaturan sistem pada handphone OPPO dapat kembali seperti semula.

  • Buka aplikasi Settings di handphone OPPO
  • Pada kolom Search, ketik Reset
  • Pilih Reset All Settings dari hasil yang muncul
  • Lalu tekan menu Reset All Settings 
  • Masukkan password, PIN, Pattern, atau sidik jari
  • Tekan tombol Reset all settings hingga selesai

Pada saat proses reset telah berhasil, maka seharusnya sistem kembali normal sehingga layar tidak akan mati ketika Proximity Sensor mendeteksi bahwa telinga tidak terlalu dekat dengan layar handphone.

Namun apabila semua tidak bisa dilakukan, maka kemungkinan besar Proximity Sensor di handphone OPPO milikmu mengalami kerusakan. Sebaiknya kamu mengunjungi Service Center OPPO terdekat agar diperbaiki oleh teknisi yang telah berpengalaman dan bersertifikat.

Tinggalkan Komentar