ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Handphone

Cara Mengatasi Sensor Layar Mati Saat Telepon di HP vivo

Cara Mengatasi Sensor Layar Mati Saat Telepon di HP vivo Header

Gadgetren – Pada saat melakukan telepon, layar dari ponsel vivo akan mati ketika perangkat di dekatkan ke telinga pengguna.

Dengan begitu tidak terjadi hal yang tidak diinginkan seperti tidak sengaja menekan tombol atau menu yang muncul ketika sedang melakukan telepon yang mana bakal mengganggu komunikasi.

Hal tersebut memungkinkan berkat adanya sensor Proximity yang mana dapat mendeteksi keberadaan dari objek dengan jarak sangat dekat. Oleh karena itu supaya layar pada ponsel vivo tidak mati ketika telepon sedang berlangsung berarti perlu menonaktifkan sensor Proximity terlebih dahulu.

Cara Mengatasi Sensor Layar Mati Saat Telepon di HP vivo

  1. Unduh aplikasi dari Google Play Store dengan tautan ini.
  2. Setelah terpasang, buka aplikasi Proximity Sensor Screen On Off.
  3. Pada halaman utama, tekan tombol toggle Service enabled ke posisi aktif.
  4. Pada menu Disclaimer yang muncul, tekan tombol OK.
  5. Pada bagian Proximity sensor task, tekan tombol Screen On.

Selanjutnya, sensor Proximity akan dinonaktifkan sehingga layar ponsel vivo tidak akan mati ketika pengguna memakainya untuk telepon. Nantinya pada Notification Bar akan muncul terus pesan Service Running untuk aplikasi Proximity Sensor Screen On Off.

Jika kamu ingin menyalakan kembali sensor Proximity, maka tinggal menekan tombol toggle Service enabled ke posisi mati atau memilih menu Screen Off di bagian Proximity sensor task.

Kehadiran sensor Proximity sebenarnya agar sistem dapat mendeteksi ketika ada sesuatu yang mendekati ponsel seperti telinga pengguna ketika melakukan telepon. Secara bawaan layar akan dimatikan supaya tidak terpencet tombol yang tidak diinginkan akibat bersentuhan dengan kulit.

Untuk bisa mematikan sensor Proximity yang menyebabkan layar mati tersebut saat ini harus menggunakan aplikasi tambahan dari pihak ketiga karena pada sistem operasi Android masa kini fitur untuk mematikan sensor sudah disembunyikan.

Hal ini dikarenakan sensor-sensor yang tersedia sangat dibutuhkan oleh fitur-fitur yang tersedia sehingga ketika ada yang dimatikan bisa membuat ponsel tidak dapat bekerja sebagai mana harusnya. Oleh karena itu, sebaiknya kamu mengaktifkan kembali sensor Proximity jika sudah selesai.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar