Tips dan Trik Handphone

Cara Menghilangkan Tombol Navigasi Xiaomi Biar Pemakaian Semakin Dinamis

Cara Menghilangkan Tombol Navigasi Xiaomi - Header

Gadgetren – Seolah tidak cukup hanya dengan menghilangkan tombol fisik, berbagai macam handphone masa kini dilengkapi dengan sistem navigasi berbasis gestur untuk memperluas tampilan layar.

Dengan sistem navigasi tersebut, kita bisa mengoperasikan perangkat secara lebih dinamis. Kita soalnya hanya perlu membuat gerakan atau usapan sesuai petunjuk untuk Back, membuka Recent App, maupun kembali ke halaman utama.

Jadi secara tidak langsung dapat membuat pengoperasian handphone menjadi lebih dinamis. Kita soalnya tidak perlu lagi menghabiskan beberapa mili detik untuk mengepaskan ujung jari dengan tombol navigasi yang ingin diketuk.

Sistem navigasi berbasis gestur tersebut juga bisa kita jumpai di handphone-handphone buatan Xiaomi. Termasuk juga dalam hal ini perangkat-perangkat yang didistribusikan dengan sub merek miliknya baik itu Redmi maupun POCO.

Hanya saja untuk menghilangkan tombol navigasi digital dan mengubahnya menjadi gestur secara penuh, setiap versi antarmuka sistem MIUI yang dipakai biasanya berbeda-beda. Namun secara umum dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut.

Cara Menghilangkan Tombol Navigasi dan Jadi Sistem Gestur

  • Masuk ke halaman Settings
  • Buka bagian Additional settings
  • Ketuk menu Full screen display
  • Ubah bagian system navigation ke Full screen gesture
    Cara Menghilangkan Tombol Navigasi Xiaomi - 1
  • Gulir ke bawah jika ingin mempelajari pengoperasian dengan gestur
  • Jika sudah bisa, kita bisa langsung menutup halaman Settings

Ada beberapa catatan yang perlu diperhatikan jika ingin mengoperasikan handphone buatan Xiaomi dengan gestur. Salah satu di antaranya, kita perlu mempelajari cara memakainya karena masing-masing perangkat bisa berbeda.

Selain harus mempelajari cara memakainya, kita juga harus berhati-hati sebelum mengubah setelan ke Full screen gesture. Perlu kita tahu bahwa sistem navigasi tersebut tidak dapat dipakai pada launcher pihak ketiga.

Saat menggunakan layanan pihak ketiga seperti Nova, Microsoft, atau Hyperion Launcher, tampilan tombol navigasi memang akan menghilang. Hanya saja pengoperasian dengan sistem gestur tidak akan dapat bekerja.

Kita makanya perlu mengubah setelan launcher-nya terlebih dulu. Kita dapat melakukannya lewat halaman Settings > Home screen. Selanjutnya hanya perlu mengganti Default launcher ke POCO atau System launcher sesuai dengan model perangkat yang digunakan.

Pada beberapa versi antarmuka MIUI, penyetelan untuk menghilangkan tombol navigasi Xiaomi juga bisa dilakukan lewat halaman pengaturan Home screen ini. Tepatnya dengan mengubah menu System navigation ke Gesture.

Tinggalkan Komentar