Tips dan Trik Handphone

Cara Menghidupkan dan Mematikan Layar Handphone Xiaomi dengan Ketukan Tanpa Tombol

Cara Menghidupkan Layar HP Xiaomi dengan Ketukan Tanpa Tombol - Header

Gadgetren – Salah satu fitur yang saya suka dari berbagai macam handphone masa kini adalah dukungan untuk mematikan atau menghidupkan tampilan layar dengan gesture ketukan jari.

Dengan fitur ini, saya soalnya bisa lebih praktis untuk mematikan layar handphone ketika sedang terburu-buru. Sedikit lebih ringkas karena kita tidak perlu memindahkan jari ke samping dan mengeluarkan energi untuk menekan tombol fisik.

Saya kemudian juga dapat menggunakan fitur ini untuk menghidupkan layar sementara waktu. Misalnya untuk mengecek pemberitahuan yang masuk baik itu WhatsApp, email, Google Chat, atau layanan lainnya.

Fitur menghidupkan dan mematikan layar dengan ketukan bisa kita jumpai pada hampir sebagian besar model handphone populer. Termasuk di dalamnya perangkat buatan Xiaomi yang menjalankan antarmuka MIUI.

Pada kebanyakan handphone Xiaomi, fitur ini umumnya bisa langsung digunakan. Hanya saja jika belum bisa maka kita perlu mengaktifkan setelannya secara manual sebagaimana langkah berikut.

Cara Menghidupkan dan Mematikan Layar Handphone Xiaomi dengan Ketukan

  • Masuk ke halaman Settings
  • Buka menu pengaturan Lock screen
  • Cari opsi Double tap to wake or turn off screen when device is locked
  • Pastikan tombol pengaturan di sampingnya menyala
    Cara Menghidupkan Layar HP Xiaomi dengan Ketukan Tanpa Tombol

Setelah mengaktifkan pengaturan tersebut, fitur mematikan dan menghidupkan tampilan dengan ketukan bisa langsung digunakan. Keduanya bisa dilakukan dengan mengetuk dua kali pada bagian kosong atau pada saat layar mati.

Namun perlu diingat bahwa secara khusus untuk fitur mematikan layar dengan ketukan dua kali di handphone Xiaomi hanya dapat digunakan saat kita memasang launcher bawaan. Jika memakai aplikasi pihak ketiga seperti Nova Launcher atau Microsoft Launcher tidak akan bisa.

Selain itu, setiap model handphone biasanya memakai versi MIUI yang berbeda di mana antarmuka tampilan halaman pengaturannya cukup berlainan. Kita makanya kemungkinan perlu menyesuaikan beberapa langkah di atas.

Pada beberapa handphone misalnya, kita mungkin tidak akan menemukan setelan Lock screen melainkan Always-on display & Lock screen. Opsi Double tap to wake or turn off screen when device is locked pun tak jarang hanya tertulis Double tap to wake or turn off screen.

Tinggalkan Komentar