Berita Smartphone

Ini Tips Membuat Foto Refleksi Becekgram dari Aries Lukman dengan OPPO Reno8 Z 5G

Becekgram Dengan OPPO Reno8 Z 5G

Gadgetren – Dalam acara OPPO Reno8 Series 5G Photography Experience di Jakarta, tim Gadgetren berkesempatan untuk menjajal kemampuan kamera dari handphone terbaru OPPO yakni Reno8 Z 5G.

Pada acara tersebut, OPPO Indonesia menghadirkan Aries Lukman selaku OPPO Photographer Expert yang telah menghasilkan beragam karya foto yang telah dinikmati oleh banyak orang.

Aries Lukman membagikan tips dan triknya untuk menghasilkan sebuah karya yang estetik menggunakan Reno8 Z 5G yakni foto refleksi yang menghasilkan foto pantulan dari subyek maupun obyek dari atas pantulan permukaan air. Tren foto ini biasa dinamakan Becekgram.

OPPO Reno8 Z 5G - Aries Lukman

Kiri: Aries Lukman, OPPO Photographer Expert

Aries Lukman mengatakan bahwa sore hari antara pukul 16.00 hingga 17.00 WIB merupakan Golden Hours di mana cahaya mataharinya juga bagus. Apalagi beragam pantulan cahaya dari Gedung di sekitar dapat dimanfaatkan sebagai reflektor dalam memotret.

Berikut ini beberapa tips dan trik yang diberikan oleh Aries Lukman untuk dapat menghasilkan foto refleksi Becekgram yang menarik:

Genangan Air atau Benda Untuk Refleksi

Hal paling utama untuk melakukan foto refleksi tentunya adalah genangan air. Aries menyarankan untuk memilih genangan air di jalanan atau permukaan yang didominasi warna hitam agar pantulan subyek atau obyek terlihat dengan jelas dan baik.

Apabila genangan air berada di tanah berwarna coklat atau permukaan yang terang, terkadang pantulan subyek atau obyek tidak terlihat. Namun jika tidak ada genangan air, Aries memberikan alternatifnya dengan membawa cermin ataupun benda yang dapat menampilkan refleksi.

Pemanasan dan Posisi

Sebelum mengambil foto di genangan air, Aries mengatakan sebaiknya melakukan pemanasan terlebih dulu agar kaki tidak menjadi kram. Biasanya pada saat mengambil foto Becekgram, kita harus jongkok agar bisa berada di posisi low angle yang hampir mendekati permukaan genangan air agar area refleksi hampir mirip dengan subyek atau obyek aslinya.

Eksplorasi Sudut Terbaik

Meskipun rata-rata untuk mengambil foto refleksi di genangan air menggunakan low angle atau sudut dari bagian bawah mendekati permukaan, Aries mengungkapkan bahwa kita juga dapat mengeksplorasi sudut lainnya agar dapat menghasilkan foto refleksi terbaik. Dengan sudut yang berbeda dari kebanyakan orang, kita juga bisa menghasilkan foto yang unik.

Putar Handphone hingga 180 Derajat

Aries menyarankan untuk memutar handphone hingga 180 derajat agar kamera utama handphone menjadi sangat dekat dengan permukaan genangan air. Hal ini bisa membuat foto yang dihasilkan memiliki efek cermin yang memantulkan subjek foto secara penuh.

Kunci Titik Fokus Subjek Foto

Apabila kamu langsung mengarahkan kamera di genangan air, maka secara otomatis fitur autofocus dari kamera handphone akan mengarahkan ke subjek foto terdekat. Pada saat banyak orang yang berjalan di sekitar, maka fokusnya akan berubah-ubah.

Untuk itulah, Aries menyarankan agar sebaiknya kita secara manual dapat mengunci titik fokus ke subyek foto yang diinginkan agar hasil foto refleksinya menjadi jelas dan optimal.

Atur Komposisi

Untuk menghasilkan foto yang bagus, tentunya kita harus mengatur komposisi  di dalamnya agar menarik dan nyaman dipandang oleh mata banyak orang. Aries menyarankan agar tidak terdapat sesuatu hal yang mengganggu seperti benda, pohon, banyak orang di sekitar, atau kendaraan.

Setelah hal yang menggangu tersebut dirasa tidak ada, maka kita dapat langsung membidik subyek foto yang dikomposisikan dengan lingkungan yang sudah ditentukan sehingga hasilnya terasa bersih dan menarik.

Nah mengaplikasikan tipss-tiap di atas, berikuta dalah hasil foto Becekgram yang dihasilkan menggunakan handphone OPPO Reno8 Z 5G.

OPPO Reno8 Z 5G - Becekgram - 1

OPPO Reno8 Z 5G - Becekgram - 2

OPPO Reno8 Z 5G - Becekgram - 3

Sebagai tambahan, OPPO Reno8 Z 5G sendiri hadir dengan dukungan tiga kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 64 MP (apertur f/1.7), makro 2 MP (apertur f/2.4), dan depth 2 MP (apertur f/2.4). Kabarnya OPPO Indonesia akan segera meluncurkan OPPO Reno8 Z 5G di Indonesia dalam waktu dekat.

Tinggalkan Komentar