Tips dan Trik

Bagaimana Cara Membuat Petisi di Facebook Community Action?

Cara Buat Petisi di Facebook Header

Gadgetren – Facebook baru saja meluncurkan sebuah fitur baru yang disebut dengan Community Action.┬áDengan fitur ini, penggunanya kini bisa membuat, menandatangani, atau membagikan sebuah petisi.

Melalui fitur Community Action ini, para pengguna Facebook juga bisa mencari berbagai macam petisi yang sudah dibuat. Pengguna bisa mendukung petisi dengan mengetuk tombol Support, atau hanya mengikutinya dengan meninggalkan post atau menekan tombol follow halaman petisi tersebut.

Berbeda dengan kebanyakan post di news feed, tidak ada tombol dislike untuk menunjukkan hal yang sebaliknya. Pengguna hanya bisa menunjukkannya dengan meninggalkan komentar atau dengan membuat petisi tandingan.

Sementara itu, agar iklim di dalam platform tersebut tetap terjaga, Facebook bakal menggunakan moderator manusia, yang dibantu dengan algoritma khusus dan juga penanda dari para pengguna.

Apakah Akan Masuk Ke Indonesia?

Sampai dengan saat ini belum ada kepastian kapan fitur ini akan masuk ke Indonesia. Secara khusus, fitur ini baru akan mulai disebarkan kepada para pengguna yang tinggal di Amerika Serikat pada tahap awal ini.

Namun meskipun demikian, para pengguna di Indonesia sudah dapat melihat berbagai macam petisi yang sudah dibuat, seperti petisi untuk membangun pusat seni pertunjukan di St. Augustine, atau pembuatan penyebrangan di dekat perpustakaan di Pennsylvania.

Cara Membuat Petisi di Facebook

Hampir sama ketika akan membuat acara di halaman Facebook Event, pengguna yang sudah mendapatkan fitur ini bisa membuat petisi dengan mengunjungi halaman Facebook Community Action.

Selanjutnya pengguna dapat mengikuti langkah-langkah yang ditampilkan dan mengisi data dalam formulir yang disediakan. Dalam hal ini, pengguna dapat menandai orang yang berkepentingan agar petisi lebih mudah direspons.

Supaya mendapatkan lebih banyak dukungan, pengguna dapat membagikan petisinya ke beranda Facebook. Setidaknya dengan hal ini, petisi akan mendapatkan respon dari teman-temannya di Facebook.

Facebook tidak mengungkapkan batasan topik yang bisa dituangkan dalam fitur baru ini. Hanya saja, sebagai gambaran, Facebook merancang fitur Community Action ini sebagian besar untuk menyelesaikan permasalahan lokal atau negara bagian (khusus untuk Amerika Serikat).

Tinggalkan Komentar