Tips dan Trik Aplikasi

Kenapa CapCut Tidak Bisa Memuat Efek? Ini Penjelasan dan Solusinya!

Kenapa CapCut Tidak Bisa Memuat Efek - Header

Gadgetren – Mengedit video menjadi sangat mudah di masa sekarang. Soalnya, kini ada banyak aplikasi handphone yang dirancang secara khusus untuk membantu pengguna dalam melakukannya.

CapCut menjadi salah satu di antaranya yang kerap digunakan oleh banyak pengguna untuk edit video di handphone sebelum diunggah ke TikTok.

Sama seperti pengedit video secara umum, aplikasi buatan Bytedance ini juga mempunyai berbagai macam fitur dan dukungan yang dapat mempermudah proses pembuatan konten.

Kita yang ingin mengedit video dengan cepat tentu saja bisa mempertimbangkan aplikasi ini. CapCut secara khusus soalnya juga dilengkapi dengan berbagai macam fitur yang praktis untuk digunakan di mana termasuk efek di dalamnya.

Dengan menggunakan fitur CapCut ini, kita tentu saja tidak perlu lagi bersusah payah membuat efek-efek tertentu. Kita hanya perlu mengunduh lalu menempelkannya ke video untuk membuat tampilan yang diinginkan.

Masalahnya, fitur CapCut ini kadang-kadang tidak bekerja sebagaimana mana mestinya. Efek-efek yang tersedia bisa saja tidak dapat dimuat oleh aplikasi sehingga tidak dapat digunakan untuk mempercantik video.

Kenapa Aplikasi CapCut Tidak Bisa Memuat Efek?

Saat aplikasi CapCut tidak bisa memuat efek yang diinginkan, kita tentu akan mencoba mencari berbagai macam solusi untuk mengatasinya. Langkah pertama mungkin akan berusaha menemukan penyebab kenapa hal tersebut bisa terjadi.

Namun tak perlu khawatir, kami akan mencoba menjelaskannya pada artikel kali ini. Adapun secara umum masalah CapCut tidak dapat memuat efek biasanya terjadi karena koneksi internet yang kurang memadai menjadi salah satu penyebabnya.

Seperti apa yang kita tahu, aplikasi pengedit video yang dulu bernama Viamaker ini membutuhkan koneksi internet untuk beroperasi. Salah satu di antaranya diperlukan untuk mengakses kumpulan efek dari server yang dimilikinya.

Tanpa koneksi internet yang cukup baik, maka aplikasi CapCut pun tidak akan bisa mengakses pustaka tersebut. Hasilnya efek-efek yang kita perlukan tidak akan termuat dengan baik atau bahkan bisa saja tidak muncul sama sekali.

Untuk mengatasi masalah ini, makanya kita perlu memperbaiki koneksi internet di handphone yang sedang digunakan. Ada banyak cara yang bisa dipakai di mana di antaranya termasuk beberapa langkah berikut.

Cara Mengatasi CapCut Tidak Bisa Memuat Efek

Segarkan Koneksi Internet

Menyegarkan koneksi internet di handphone dapat menjadi langkah pertama saat aplikasi CapCut tidak bisa memuat efek. Kita salah satu di antaranya dapat melakukannya dengan mengaktifkan mode pesawat selama beberapa saat kemudian menonaktifkannya kembali.

Selain itu, kita juga bisa memuat ulang handphone yang notabene juga akan sekaligus menyegarkan seluruh sistem. Berpindah tempat atau beralih dari koneksi seluler ke WiFi juga dapat menjadi solusi lain untuk hal ini.

Reset Pengaturan Jaringan

  1. Masuk ke halaman Settings
  2. Gunakan fitur penelusuran
  3. Cari menu Reset Network settings (namanya bisa berbeda sesuai antarmuka sistem yang dipakai)
  4. Pilih menu tersebut
  5. Klik tombol Reset settings
    Kenapa CapCut Tidak Bisa Memuat Efek - 1
  6. Masukan kata sandi jika diminta
  7. Konfirmasi dengan tombol yang sesuai

Reset pengaturan jaringan di handphone juga dapat dilakukan jika penyegaran koneksi internet masih gagal menyelesaikan masalah. Setiap perangkat tentu punya cara yang berbeda dalam hal ini tetapi kurang lebih seperti langkah-langkah di atas.

Nantinya kamu perlu memasukkan kembali informasi jaringan yang dibutuhkan agar bisa kembali terhubung misalnya seperti password WiFi maupun VPN jika kamu menggunkannya. Untuk jaringan operator biasanya akan tetap bisa beroperasi seperti biasa.

Update Aplikasi

Selain dari sisi pengaturan handphone, masalah koneksi juga bisa terjadi akibat bug dari aplikasi itu sendiri. Kita makanya dapat mencoba menyelesaikannya dengan memasang versi paling mutakhir yang mana umumnya menawarkan berbagai macam perbaikan.

Jangan lupa, lakukan pemasangan pembaruan lewat saluran resmi. Hindari memakai layanan di luar toko aplikasi bawaan perangkat (selain Google Play Store dan Apple Apps Store) atau pilih platform yang sudah terbukti aman.

Selain dikarenakan masalah jaringan, masalah ini efek yang tidak bisa dimuat juga bisa disebabkan oleh penyimpanan internal yang sudah terlalu penuh. Oleh karena itu selalu pastikan handphone selalu memiliki ruang penyimpanan yang cukup agar CapCut maupun aplikasi lainnya dapat bekerja secara optimal.

Tinggalkan Komentar